Sabtu, Juni 15, 2024
Lainnya
    Tips & TrikWaspada Busi Mobil Palsu, Begini Cara Membedakannya

    Waspada Busi Mobil Palsu, Begini Cara Membedakannya

    Meski harga lebih murah, tapi busi Mobil palsu bikin mobil gampang boros.

    News.OLX – Banyak dari pemilik mobil saat merawat mobil terkadang dihadapkan pilihan ingin yang murah atau mahal demi menghemat biaya untuk kendaraan kesayangan. Akhirnya, banyak masyarakat memilih di bengkel non resmi karena lebih murah dibandingkan di tempat resmi. 

    Karena kasus itu, terkadang saat pemilik mobil sedang melakukan service yang bukan di bengkel resmi biasanya sering ditemui kejadian penipuan dari pihak bengkel. Seperti tidak transparan saat mengganti sparepart sehingga sering ditemukan diganti dengan yang palsu. 

    Membedakan busi mobil palsu dari busi asli adalah hal penting untuk menjaga kinerja mesin kendaraan kamu OLXer. Karena busi yang berkualitas buruk akan memberikan dampak buruk yang berkelanjutan pada mobil kamu. 

    Baca juga: “September Service Ceria” Cara Mitsubishi Motors Mudahkan Konsumen Melakukan Service

    Berikut ini adalah beberapa cara pintar untuk OLXer membedakan busi mobil palsu dengan yang asli agar bisa lebih waspada :

    • Harga

    Hal pertama yang terlihat jelas dari perbedaan busi yang palsu dengan yang asli adalah harga. Karena faktanya, harga dari busi palsu lebih murah dibandingkan dengan yang asli dan biasanya sering ditemui di bengkel-bengkel non resmi.

    Baca juga: Mesin Mobil Pincang, Apa Penyebabnya?

    Untuk itu, lebih baik jika kamu memilih sparepart asli dengan harga yang sedikit mahal dibandingkan yang murah tapi palsu agar mobil kesayangan kamu performanya terjaga.

    • Periksa label dan kode busi mobil

    Saat kamu membeli sparepart baru, di setiap kemasan nya pasti memiliki kode dan label tertentu yang khas dari tiap brand. Pada pembelian busi mobil yang asli, kode atau part number tercetak dengan rapi dan teratur.

    Berbeda dengan busi palsu, biasanya cetakan pada part number terlihat berjarak, memiliki  ketebalan font yang terkesan aneh dan tidak rapi posisinya. Jika kamu menemukan kasus seperti ini, kamu bisa langsung secepatnya meminta untuk diganti.

    • Kualitas material

    Kualitas pada busi palsu akan terlihat sangat berbeda dengan busi asli. Hal yang sering dijumpai adalah lapisan pada busi terdapat titik-titik karat, tekstur nya kasar dan memiliki finishing buruk yang terkesan murahan.

    Penilaian yang mudah ditemukan pada busi asli adalah bahan dan kualitas konstruksi busi. Busi asli biasanya terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan memiliki finishing yang baik.

    • Cermati bagian kemasan pada busi mobil

    Lalu, perhatikan bentuk kemasan pada busi. Busi asli biasanya datang dalam kemasan resmi dengan segel keamanan yang rapi, bentuknya yang rapi dan juga label yang terlihat jelas. 

    Baca juga: CEK FAKTA! Ban Eco Bisa Bikin Irit BBM?

    Jika kemasan tampak rusak atau mencurigakan, lalu memiliki keterangan pada kemasan yang tidak jelas juga bentuk dari kemasan terkesan berantakan, waspadai kemungkinan busi palsu.

    • Cek terminal nut

    Yang mungkin jarang bisa dilihat oleh pemilik kendaraan adalah bentuk terminal nut. Pada terminal nut di busi yang asli memiliki tekstur yang lebih halus, bersih, terlihat rapi dan teratur.

    Sedangkan, untuk busi palsu memiliki tanda-tanda yang mencolok. Ini bisa berupa bentuk yang lebih kasar dan tidak tertata yang baik.

    Baca juga: Pastikan Kualitas, AHM Buka Layanan Pengecekan untuk Rangka eSAF

    Jadi, kalau nggak mau performa mobil kamu yang dikorbankan, hindari penggunaan busi palsu, ya. Pastikan kamu membelinya dari toko atau bengkel yang terpercaya dan memastikan keaslian produk sebelum menggunakannya.

    Kamu bisa mendapatkan informasi jual sparepart murah di OLX dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait