Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    MotorInilah 8 Perbedaan Yamaha Aerox ABS dan Non-ABS yang Wajib Diketahui

    Inilah 8 Perbedaan Yamaha Aerox ABS dan Non-ABS yang Wajib Diketahui

    Bukan hanya pembeli saja yang harus cermat, penjual kendaraan baru atau bekas di situs online jual beli mobil atau motor juga perlu cermat. Segala persiapan penjualan perlu dipersiapkan matang agar kendaraan yang dijual bernilai tinggi. Misalnya, dimulai dari hal yang paling sederhana, seperti pengambilan gambar yang apik dan lengkap dari segala angle hingga kemampuan seller memahami seluk beluk kendaraan yang dijualnya.

    Mengapa penting memahami seluk beluk kendaraan yang dijual? Menjual kendaraan secara online atau tidak bertatap muka bagaikan “membeli kucing di dalam karung”, dalam peribahasanya. Maka, yang dibutuhkan agar penawaran harga bisa lebih tinggi atau terjadi deal adalah dengan menimbulkan rasa percaya bagi pembeli pada penjual.

    Selain menjual di situs online yang terpercaya, hal ini juga perlu diwujudkan dengan pemahaman yang dimiliki penjual tentang seluk beluk kendaraan yang akan dijualnya. Dengan begitu, terbangun rasa percaya atau trust bagi pembeli pada penjual. Sehingga, pembeli juga merasa tidak segan membayar harga tinggi karena informasi yang didapatkan dari seller begitu lengkap mengenai kendaraan yang akan dibeli.

    Baca juga: Yamaha Fazzio 125 Hybrid Connected, Bergaya Klasik, Fitur Paling Canggih

    Salah satu caranya dengan membuat daftar perbedaan kendaraan yang akan dijual. Sebagai pengetahuan bagi seller, kali ini kami akan memberikan sedikit ulasan mengenai perbedaan antara Yamaha Aerox tipe ABS dan Yamaha Aerox tipe Non-ABS.

    Sebelumnya, penting untuk dipahami, bahwa Yamaha Aerox 155 Connected ini tersedia dalam dua varian, yaitu tipe ABS dan Non-ABS atau standar. Dilihat dari segi dapur pacunya, keduanya memang tidak terasa berbeda. Keduanya sama-sama dibekali  dengan mesin berkubikasi 155 CC dengan tipe blue core, SOHC, liquid cooled 4-stroke, dan dilengkapi teknologi katup variabel (VVA).

    Dapur pacu mekanis seperti ini bisa melontarkan torsi maksimal 13,9 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 15,15 hp pada 8.000 rpm. Di sisi lain, Yamaha Aerox juga menggunakan sistem bahan bakar fuel injection.

    Baca juga: Begini Cara Mudah Aktifkan Aplikasi Y-Connect Yamaha Nmax Baru

    Perbedaan Aerox ABS dan Non-ABS

    Meski mengusung mesin yang sama, secara rinci Yamaha Aerox ABS memiliki perbedaan dengan Yamaha Aerox non-ABS. Sebelum membeli motor ini, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa perbedaan antara keduanya agar bisa memilih sesuai kebutuhan. Berikut beberapa perbedaannya:

    Sistem pengereman

    Sistem rem Yamaha Aerox
    Yamaha Aerox (olxautos.co.id)

    Sesuai dengan namanya, sistem pengereman Yamaha Aerox dibedakan menjadi dua, yaitu ABS dan Non-ABS. Fitur pengereman ABS (Anti-lock Braking System) hanya ada pada tipe ABS. Sedangkan, tipe standar masih menggunakan rem cakram konvensional. Meski begitu, Yamaha Aerox tipe ABS masih menggunakan hanya roda depan. Sementara roda belakang belum ABS dan masih menggunakan tromol.

    Bobot

    Perbedaan juga ada pada bobot keduanya. Yamaha Aerox tipe ABS lebih berat dibandingkan dengan varian Non-ABS. Perbandingan beratnya sampai 3 kg. Untuk tipe ABS beratnya mencapai 125 kg, sementara tipe Non-ABS bobotnya hanya 122 kg.

    Suspensi belakang

    Selanjutnya, perbedaan keduanya bisa juga dilihat dari suspensi belakang. Di mana versi Non-ABS dari Yamaha Aerox hanya menggunakan suspensi standar. Sedangkan, tipe ABS menggunakan tambahan subtank suspension atau tabung suspensi yang juga mempengaruhi tampilan motor jadi lebih kekar. Penggunaan suspensi tabung bukan hanya menjadikan tampilan eksterior Yamaha Aerox ABS menjadi lebih gagah, tetapi juga menjadikan bantingannya lebih baik di segala medan.

    Emblem atau logo

    Logo pada bagian bodi antara Yamaha Aerox ABS dan Non-ABS juga memiliki perbedaan. Cukup jelas terlihat, karena pada tipe ABS, desain emblem “Aerox” dibuat timbul. Sedangkan, pada tipe Non-ABS dibuat menyatu dengan striping yang digunakan terdapat pada bodi bagian bawah jok.

    Tipe baterai/AKI

    Yamaha Aerox ABS dan Non-ABS memang sama-sama menggunakan tipe aki kering dengan arus 12 volt. Tetapi, pada tipe Non-ABS, aki yang digunakan tipe NTZ6V. Sedangkan, untuk tipe ABS telah menggunakan tipe YTZ7V.

    Kunci

    Penggunaan kunci konvensional sudah tidak digunakan lagi pada Yamaha Aerox ABS, sebab tipe ini sudah menggunakan Keyless Smart Key. Dengan begitu, Aerox tipe ABS sudah tidak lagi memerlukan anak kunci untuk menghidupkan motor, melainkan menggunakan tombol. 

    Baca juga: Sekarang Makin Mudah Service Motor Yamaha, Cukup Booking Lewat Smartphone

    Fitur Idling Stop System

    Perbedaan lainnya lagi terletak pada penggunaan fitur idling stop system atau biasa dikenal stop and start system yang disematkan pada tipe ABS. Fitur yang tidak ada pada Aerox Non-ABS ini , memungkinkan mesin mati secara otomatis saat throttle tidak dibuka selama 5 detik. Kemudian, akan otomatis menyala kembali saat pengguna membuka tuas gas.

    Pilihan warna

    Perbedaan yang mungkin cukup bisa terlihat jelas ada pada warna bodi keduanya. Pada tipe Non-ABS, terdapat 4 pilihan warna yang tersedia, yaitu black, red, matte black cyan, dan dark grey yellow. Livery yang ditampilkan cukup atratktif, sehingga kesan sporty sangat terasa.

    Sementara, tipe ABS hanya tersedia tiga pilihan warna, yaitu maxi signature black and gold, prestige silver, dan MotoGP edition. Pada tipe ABS, bagian velg dicat warna emas dan minim livery, sehingga kesan mewah cukup terasa

    Itulah tadi beberapa perbedaan motor Yamaha Aerox ABS dan Non-ABS. Urusan harga, varian standar atau Non-ABS memang dibanderol lebih murah, mulai dari 25,9 juta. Jika dibandingkan dengan varian ABS, harganya lebih tinggi, yaitu sekitar 29,4 jutaan. Namun, secara fitur memang varian ABS lebih lengkap.

    Mana yang akan dipilih, tentukan terlebih dahulu kebutuhan dan budget yang dimiliki. Yang jelas, Yamaha Aerox 155 Connected ini merupakan pilihan yang tepat bagi pembeli yang ingin memiliki motor matic dengan mesin yang lebih bertenaga.

    Nah, jika ingin menjual motor/mobil bekas dengan mudah, tanpa harus mengorbankan waktu dan tenaga, OLX Autos solusinya! Proses jual mobil/motor di OLX Autos sangat mudah dan bisa langsung melakukan pembayaran instan setelah deal. Jual mobil/motor bekas berkualitas, tanpa biaya tersembunyi, hanya di OLX Autos!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait