Hanya di Mobil Bekas
Jual

Jual Beli Mobil Bekas di Pangenan

Filter
status inspeksi
Pilih dari pilihan di bawah
Tipe bahan bakar
Pilih dari pilihan di bawah
Transmisi
Tipe Penjual
Pilih dari pilihan di bawah
Individu
580+ Item
Diler
90+ Item

780 iklan terdekat Pangenan

Sortir Menurut : Tanggal Diterbitkan

Jangan Asal Beli, Begini Tips Mendapatkan Mobil Bekas Pangenan Berkualitas

Dari hari ke hari, kebutuhan masyarakat Indonesia akan kendaraan roda empat pun kian meningkat. Apalagi di momen-momen tertentu seperti menjelang mudik lebaran dan tahun baru. Selain unit otomotif baru, peminat mobil bekas juga turut bertambah setiap tahunnya. Maklum saja, pasalnya tidak semua orang mampu membeli kendaraan baru lantaran tingginya harga jual. Oleh karena itu, otomobil seken pun jadi pilihan. 

Saat ini, sudah banyak marketplace mobkas seperti OLX yang menawarkan pilihan unit otomotif seken dengan harga beragam. Salah satunya datang dari agen jual beli mobil bekas Pangenan, Cirebon. 

Tertarik membawa pulang mobkas dari bursa jual mobil Pangenan? Sebelum melakukan transaksi, coba simak tips berikut agar mendapatkan oto seken berkualitas. 

  • Cari Tahu Latar Belakang Unit Incaran

Sebagian orang menganggap tak mudah mendapatkan mobkas berkualitas. Satu hal yang tak boleh dilewatkan selama proses pencarian adalah menggali latar belakang oto incaran sedetail mungkin. Sekalipun transaksi dilakukan secara online, Anda tetap bisa menanyakan beberapa detail informasi lewat fitur chat. Kira-kira hal apa saja yang perlu ditanyakan kepada penjual? 

Pertama, coba tanyakan seberapa sering penjual menggunakan mobilnya. Tujuannya agar Anda terhindar dari membeli mobil “capek”. Apa itu? Dijuluki mobil “capek” lantaran penggunaannya melebihi batas pemakaian normal. Idealnya, dalam setahun pemakaian mobil berada di kisaran 10.000-12.000 km. Lebih dari itu maka otomobil tersebut masuk ke dalam kategori mobil “capek”

Alasan mengapa harus menghindari otomobil seken dengan kilometer tinggi adalah karena Anda perlu mengeluarkan bujet lebih untuk biaya perawatan. 

Pertanyaan selanjutnya kepada penjual adalah apakah mobil bekas Pangenan incaran pernah mengalami kecelakaan atau terendam banjir? Pasalnya dua hal tersebut menjadi penyebab utama tarikan mobil menurun serta cenderung tidak nyaman dan berbahaya ketika dikemudikan. 

Pertanyaan lain yang tak boleh dilewatkan adalah alasan pemilik menjual mobil, pernahkah pemilik mengganti sparepart, hingga seberapa sering melakukan servis mobil. 

  • Beli Dari Orang Pertama

Tidak semua agen jual mobil Pangenan merupakan pemilik asli mobkas yang diiklankan. Bisa jadi mereka adalah seorang makelar. Sebelum menyetujui transaksi, tak ada salahnya mengajukan pertanyaan apakah penjual merupakan pemilik asli oto atau seorang perantara. 

Sebab, harga jual makelar umumnya lebih tinggi daripada Anda beli langsung melalui pemilik asli. Kalau Anda ingin menghemat bujet, maka jangan lewatkan tips satu ini. 

  • Lakukan Survei Secara Menyeluruh

Tips selanjutnya guna mendapatkan mobil dijual Pangenan bermutu adalah luangkan waktu untuk melakukan survei secara langsung. Pemeriksaan ini penting dilakukan supaya Anda bisa mengetahui sendiri kondisi oto incaran. Saat survei, coba cek kondisi eksterior mobil. Pastikan tidak ada sedikit pun karat. Pasalnya, keberadaan karat sekecil apapun berpotensi menyebar ke bodi lainnya. 

Selanjutnya cek bagian kabin. Perhatikan dengan saksama bagaimana aromanya. Apabila mencium bau ampek seperti berlumpur atau bau parfum menyengat, maka pembeli patut curiga bahwa otomobil pernah terendam banjir. Hal ini tentu saja berdampak buruk pada kualitas mesin. 

Sesudah memeriksa kondisi interior, kini saatnya mengecek area mesin. Pastikan komponen-komponen di dalamnya bebas kotoran dan kerak. Selain itu perhatikan pula area oil pan (carter) untuk mengetahui apakah terjadi kebocoran oli. Jika menemukan rembesan oli, itu artinya mesin dalam kondisi bermasalah. 

  • Jangan Lupa Test Driving

Langkah terakhir sebelum menyetujui transaksi jual beli mobil bekas Pangenan adalah lakukan test driving. Pertama-tama coba hidupkan mesin. Apabila otomobil menyala dalam satu kali coba, maka mesin oto dalam keadaan sehat. Sebaliknya, kalau proses menghidupkan mobil butuh beberapa kali percobaan, bisa jadi oto mengalami kebocoran kompresi. 

Selama berkendara, simak juga bagaimana suara mesin mobil bekas Pangenan yang Anda incar. Kebocoran kompresi atau sebab rantai timing yang kendor bisa membuat otomobil terdengar kasar saat dikemudikan. Selain itu, cek juga sistem pengereman apakah benar-benar bekerja dengan baik. 

Demikian 4 tips mendapatkan mobil bekas murah Pangenan berkualitas. Sudah siap berburu oto seken? Segera cek halaman OLX dan dapatkan otomobil impian lewat agen jual mobil bekas di Pangenan. 

Lihat lainnya