Hanya di Mobil Bekas
Jual

Jual Beli Mobil Bekas di Pesawaran Kab.

1.774 iklan terdekat Pesawaran Kab.

Tipe Tampilan

7 Cara Mudah Mengurus Pajak STNK Mobil Bekas Pesawaran yang telah "Mati"

Pesawaran adalah salah satu kabupaten Provinsi Lampung. Wilayah ini tergolong maju dalam bidang pertanian, perkebunan, serta perhutanan. Perkembangan itu juga ikut mendorong perkembangan sektor niaga, contohnya jual beli mobil bekas Pesawaran. Di sana, terdapat berbagai varian mobil dijual Pesawaran, mulai mobil bekas (mobkas) bagi keperluan pribadi maupun bagi keperluan usaha.

Harga penawaran bursa jual mobil bekas Pesawaran tentu menjadi daya tarik tersendiri, namun perlu diwaspadai bahwa terkadang STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dari beberapa penawaran yang tersedia sudah tidak berlaku atau “mati”. Lalu, bagaimana solusinya? Berikut ini beberapa infonya.

  • 7 Cara Mudah Mengurus STNK "Mati"

STNK mobkas mati? Jangan khawatir, pada segmen ini, kami berbagi beberapa cara mudah mengurus pajak kendaraan bermotor (ranmor) yang sudah mati, sehingga Anda tidak perlu ragu bila menemukan mobil seperti ini di bursa jual mobil Pesawaran. Simak cara mudah berikut ini:

  • Melakukan Pemeriksaan Fisik Mobil

Membayar STNK tertunda dapat dilakukan secara langsung di kantor SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) terdekat, seperti biasanya. Pertama, lakukan cek fisik “ranmor” di area pemeriksaan  SAMSAT. Biasanya petugas akan langsung menyambut dan melakukan pemeriksaan fisik “ranmor”.

Setelah pemeriksaan selesai, petugas akan memberikan sejumlah berkas yang nantinya diserahkan bersama formulir pembayaran pajak.

  • Mengisi Formulir Pajak

Ambil formulir di loket pembayaran, lalu isilah formulir tersebut. Setelah pengisian data selesai, jangan lupa untuk melampirkan KTP asli beserta fotokopinya, STNK asli beserta fotokopinya, serta BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) beserta fotokopinya. Kumpulkan dan bawalah berkas tersebut ke loket penerimaan pemeriksaan fisik kendaraan.

  • Melakukan Pembayaran Formulir

Serahkan berkas-berkas tersebut ke loket penerimaan pemeriksaan fisik mobil. Setelah menyerahkan berkas tersebut, kita akan diminta menunggu beberapa saat. Bayarlah saat nama kita dipanggil. Setelah selesai, petugas akan mengembalikan berkas yang kita serahkan sebelumnya.

  • Mengisi Surat Keterangan tidak Ada Perubahan Kendaraan

Langkah selanjutnya adalah mengisi surat pernyataan bahwa tidak ada perubahan pada “ranmor” yang akan diregistrasi ulang, contohnya identitas pemilik, warna, nomor mesin, dan lain-lain. 

  • Melakukan Pembayaran Pajak

Setelah berkas tersebut lengkap, kita dapat membayar di loket pembayaran progresif yang tersedia. Setelah proses selesai, kita dipersilakan menunggu giliran pencetakan STNK baru.

  • Pembayaran wajib 5 Tahunan

Proses membayar pajak 5 tahunan hampir sama dengan proses pajak tahunan, perbedaannya terletak dalam hal biaya. Biasanya biaya tersebut lebih besar daripada pajak tahunan, karena adanya biaya administrasi TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) serta biaya administrasi penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan.

  • Hindari Penggunaan Jasa Calo

Menggunakan jasa calo (makelar) memang terkesan lebih mudah, namun biayanya dapat berkali lipat. Selain itu, menggunakan jasa calo sangat tidak disarankan oleh pihak berwajib, jadi sebisa mungkin hindari penggunaan jasa calo agar terhindar dari masalah.

  • Mobil Berkualitas pada Bursa Tepercaya

Mengurus STNK mati tidak sulit, bukan? Pembayaran tepat waktu memang menjadikan pengeluaran lebih ringan, sehingga dana dapat dialirkan untuk membeli mobkas idaman penawaran bursa mobil bekas murah Pesawaran.

Sederet mobkas dalam berbagai tipe serta varian ditawarkan oleh bursa mobil bekas Pesawaran, sebut saja jenis city car seperti Suzuki Karimun, Toyota Yaris, jenis sedan seperti Honda Civic, Honda Accord, jenis MPV seperti Toyota Kijang, Suzuki APV, serta jenis SUV seperti Toyota Fortuner, serta Mitsubishi Pajero.

Kebanyakan mobkas penawaran jual beli mobil bekas Pesawaran dimotori oleh tipe mesin bensin, namun tersedia juga tipe mesin diesel. Demikian halnya dengan transmisi, tipe transmisi manual maupun otomatis ditawarkan jual mobil Pesawaran.

Tahun pembuatan pun cukup bervariasi, mobkas rilisan tahun 1986-2015 tersedia pada bursa mobil bekas Pesawaran. Beberapa mobil tua dari tahun 80-an hingga 90-an tampak mendominasi bursa ini, menjadikannya sebuah daya tarik tersendiri bagi penggemar mobil klasik.

Deretan mobil berkualitas tersebut ditawarkan pada kisaran harga Rp16-Rp200 jutaan.

  • Cara Mudah Berburu Mobil di Masa Kini

Berburu mobkas tidak perlu repot, cukup arahkan peramban web ke situs jual-beli mobil terkemuka, seperti OLX, lalu lakukan pencarian. Hasil pencarian relevan akan ditampilkan pada layar dalam hitungan menit. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan pencarian berdasarkan lokasi terdekat, tipe mesin, tipe transmisi, serta berbagai filter pencarian lainnya.

Bila Anda ingin menghubungi penjual secara langsung, OLX menyediakan fitur chat guna memudahkan komunikasi antara penjual dan pembeli. Cukup mudah, bukan? Ayo, tunggu apa lagi? Kunjungi OLX sekarang juga!

Lihat lainnya