Hanya di Mobil Bekas
Jual
Semua Kategori

Jual Beli Mobil Bekas di Songgom

Lokasi
Filter
status inspeksi
Pilih dari pilihan di bawah
Mobil OLX Autos
Pilih dari pilihan di bawah
Tipe bahan bakar
Transmisi
Tipe Penjual
Pilih dari pilihan di bawah
Individu
390+ mobil
Diler
160+ mobil
Filter Lainnya
Pilih dari pilihan di bawah
Sortir Menurut : Tanggal Diterbitkan

Biar Puas Cek 5 Hal Berikut Sebelum Belanja Mobil Bekas Songgom

Kehadiran platform jual beli mobil bekas seperti OLX kini membuat transaksi pembelian oto seken jadi lebih mudah juga praktis. Selain menawarkan beragam jenis serta merek mobil, pembeli juga bisa memilih berdasarkan lokasi. Bagi masyarakat Songgom, Kabupaten Brebes yang hendak membeli mobkas, tersedia pusat jual beli mobil bekas Songgom di OLX.  

Mengingat begitu susahnya mendapat oto bekas berkualitas, sebelum menyetujui transaksi jual mobil Songgom, cek 5 hal berikut ini: 

  • Kaki-Kaki Mobil

Komponen satu ini berperan penting dalam menjaga kenyamanan berkendara. Umumnya, kerusakan kaki-kaki kendaraan bisa terjadi akibat melintasi jalanan rusak, seperti bergelombang atau berlubang. 

Nah, biar kenyamanan berkendara tetap terjaga, pastikan memilih mobkas dari bursa jual beli mobil bekas Songgom dengan kondisi kaki-kaki masih bagus. Bagaimana cara mengetahuinya?

Kaki-kaki dibagi menjadi 5 komponen kecil, berikut tips mengecek setiap bagiannya:

  • Bearing Roda

Seringkali bearing roda mengalami aus. Jika begini, saat test drive akan terdengar suara dengung pada roda. 

  • Shockbreaker

Shockbreaker berada di antara ban dan fender mobil. Untuk mengecek kondisinya dalam keadaan baik atau tidak, coba lewati jalan berlubang serta tak rata. Kemudian pastikan tidak terjadi guncangan dan bunyi keras. 

  • Karet Bushing Arm

Karet bushing arm berfungsi menjaga gerak naik turunnya ban. Coba belokkan setir ke salah satu arah sampai mentok. Perhatikan komponen karet warna hitam pada ujung roda apakah mengalami keretakan? Jika iya itu berarti komponen perlu diganti. 

  • Tie Rod

Posisikan mobil terangkat menggunakan dongkrak. Selanjutnya gerakkan ban, seakan kendaraan dalam posisi belok. Jika terdengar bunyi gesekan, berarti komponen ini mengalami masalah. 

  • Ball Joint

Begitu selesai mengecek tie rod, coba tekan ban ke atas juga bawah. Pastikan jeda naik turun ban tidak begitu jauh serta ada bunyi gesekan. 

  • Surat-Surat

Selanjutnya tanyakan kepada agen jual mobil Sanggom apakah ketersediaan surat-surat kendaraannya lengkap? Sekalipun oto bekas dijual begitu murah, tapi tanpa dokumen resmi, sebaiknya batalkan transaksi. Sebab membeli mobil bodong dapat dikatakan sebagai tindak pidana. 

Adapun beberapa dokumen yang perlu dicek adalah BPKB dan STNK. Guna mengetahui keaslian BPKB, periksa menggunakan ultra violet untuk menemukan gambar hologram Tri Brata Polri. 

Sama pentingnya dengan buku kepemilikan, pembeli juga wajib memeriksa STNK secara teliti, terutama bagian nomor mesin serta nomor rangka. Selain itu, pastikan juga pajak STNK belum kedaluwarsa. 

  • Buku Servis

Mau tahu bagaimana riwayat mobil bekas Songgom incaran? Coba periksa buku servisnya. Lewat dokumen ini Anda bisa mengetahui jumlah kilometer terakhir, apakah penjual melakukan kecurangan dengan memutar odometer, hingga kondisi komponennya masih orisinal atau pernah diganti. 

Bila tidak yakin dengan hasil pengecekan mandiri, silakan membawa buku servis menuju bengkel resmi terdekat. Nantinya, data pada buku servis akan dibandingkan dengan pangkal data di bengkel resmi. Jadi, Anda akan mendapatkan informasi akurat seputar kondisi mobil dijual Songgom secara menyeluruh.

  • Performa Mesin

Jangan mudah tergiur penawaran mobil bekas murah Songgom, kalau belum mengecek performa mesinnya. Pertama, lakukan inspeksi bagian ruang mesin untuk memeriksa kondisi cat. Jika cat terlihat masih baru dibandingkan dengan lainnya, maka bisa jadi mesin pernah diturunkan akibat tabrakan atau terendam banjir. 

Kemudian, penting memastikan tidak ada kebocoran bahan bakar atau oli. Ketika melakukan starter mobil, pastikan suara mesin terdengar halus dan prosesnya tidak tersendat. Setelah itu cermati gas buang pada knalpot. 

Asap berwarna hitam mengindikasikan pembakaran bahan bakar tidak berjalan sempurna. Sebaliknya, jika asap berwarna putih, itu berarti terdapat campuran oli ruang pembakaran.

  • Lakukan Test Drive

Terakhir, mintalah izin kepada agen jual mobil bekas di Songgom untuk melakukan test drive. Lewat cara ini, Anda dapat memastikan bagaimana tarikan otomobil hingga mengetahui kondisi rem. Coba jalankan kendaraan dalam kecepatan 50 km/jam, setelah itu lakukan pengereman. Pada momen ini harusnya tak terdengar bunyi berdecit atau getaran pada pedal rem. 

Itu dia 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum belanja mobil bekas murah Songgom. Jika kelima poin di atas sudah dilakukan dan hasilnya memuaskan, Anda bisa langsung meminang oto incaran. 

Lihat lainnya