Hanya di Mobil Bekas
Jual

Jual Beli Mobil Bekas di Talang

350 iklan terdekat Talang

Tipe Tampilan

Pertimbangan Penting Saat Beli Mobil Bekas Talang

Kecamatan Talang terletak sekitar 8 km dari Ibu Kota Kabupaten Tegal, Slawi. Pusat pemerintahannya berada di Desa Pesayangan. Masyarakat Talang adalah masyarakat Islami. Di wilayah tersebut terdapat banyak pesantren terkenal, salah satunya adalah Pondok Pesantren At-Tauhidiyyah Giren Talang.

Secara statistik, mata pencaharian utama penduduk Talang adalah wiraswasta. Terdapat banyak industri UMKM berdiri, salah satunya industri logam dan pembuatan spare part otomotif untuk merek terkenal seperti Indopart, Choho, dan Binapart. Selain itu terdapat juga bursa jual beli mobil bekas Talang.

Meskipun roda empat baru lebih terjamin kualitasnya, tetapi komoditas mobil bekas Talang cukup diminati terutama bagi masyarakat menengah. Apabila berminat pada produk otomotif seken, jangan khawatir. Seperti membeli kendaraan baru, membeli mobil bekas murah Talang juga memerlukan beberapa pertimbangan agar mendapatkan barang berkualitas, di antaranya:

  • Riwayat Kendaraan

Setiap kendaraan pasti memiliki riwayat yang berpengaruh terhadap performa di masa mendatang. Jadi saat membeli sebuah roda empat bekas, jangan ragu bertanya pada penjual apa riwayat roda empat incaran. Apakah roda empat pernah mengalami kecelakaan, sempat menjadi korban kebanjiran, atau bahkan sempat dicuri orang.

Semua riwayat tersebut menentukan bagaimana kondisi fisik dan mesin mobil dijual Talang. Roda empat bekas kebanjiran misalnya. Karena sempat terendam air selama beberapa waktu, kondisi mesinnya pasti berbeda dengan roda empat bekas biasa. Sekalipun mungkin ketika dicek beberapa bagian terlihat normal, pastikan pemilik pernah mengganti komponen yang terendam. 

Sebab jika tidak, suatu saat nanti pasti akan muncul masalah susulan akibat onderdil berkarat. Jangan sampai maksud hati ingin berhemat dengan membeli roda empat bekas, kita malah mengeluarkan banyak uang hanya untuk mengganti komponen bermasalah akibat banjir di masa lalu.

  • Riwayat Servis

Selain riwayat kendaraan, pastikan Anda juga mengetahui riwayat servis mobil bekas sebelum memutuskan melakukan transaksi. Riwayat servis penting agar kita tahu bagian mana saja pada mobil bekas yang pernah mengalami perbaikan. Untuk mengetahuinya, jangan sungkan bertanya pada pemilik jual mobil Talang.

Bahkan kalau perlu, mintalah kartu servis mobil bekas supaya Anda memiliki panduan jika di masa mendatang terdapat masalah pada kendaraan. Paling tidak, kita dapat terhindar dari oknum nakal bengkel yang menyarankan penggantian komponen tertentu padahal bagian tersebut dalam kondisi baik atau normal.

  • Ada Tidaknya Asuransi

Selanjutnya, tanyakan apakah mobil seken Talang memiliki asuransi. Jika ada, tanyakan pula berapa preminya. Informasi tersebut bisa jadi pertimbangan untuk melakukan penawaran harga. Jika sebuah mobil seken memiliki asuransi, jangan berharap mendapatkan harga murah di bawah pasaran.

Sebab biasanya mobil berasuransi dibanderol dengan perhitungan biaya premi terbayar sebelumnya. Meskipun begitu, Anda tidak perlu ragu dengan mobil seken berasuransi. Karena kendaraan semacam ini pasti terjamin kondisinya berkat keberadaan asuransi.

  • Cek Fisik Kendaraan

Meskipun sudah mengetahui riwayat kendaraan, cek fisik tetap harus dilakukan. Hal ini penting mengingat kondisi mobil seken tidak seperti kendaraan baru keluaran pabrik. Terutama bila kita membeli di bursa jual mobil bekas Talang. Risikonya jelas lebih besar dibanding membeli langsung ke pemilik.

Agar hasilnya maksimal, jangan ragu menyewa jasa OLX Inspeksi Mobil untuk melakukan pemeriksaan fisik sekaligus mesin kendaraan. Jika tidak ada bujet untuk hal tersebut, ajaklah teman atau kerabat yang paham soal otomotif. Jadikan pendapat mereka acuan dan pertimbangan sebelum memutuskan membeli mobil bekas Talang impian.

  • Kelengkapan Surat Berharga

Terakhir, pastikan mobil seken idaman memiliki kelengkapan surat berharga baik berupa STNK maupun BPKB. Surat berharga tersebut merupakan indikasi bahwa mobil bukan hasil tindak kriminalitas, barang sitaan ilegal, atau bahkan produk palsu. Apabila penjual mampu menunjukkan surat berharga, pastikan pula keasliannya,

Anda bisa mengetahui apakah surat berharga asli ataupun tidak dengan cara memasukkan nomor polisi ke situs resmi Samsat. Beberapa saat setelah memasukkan nopol, biasanya pada layar gadget atau laptop muncul informasi terkait kendaraan mulai dari jenis, tipe, nomor polisi, tahun pajak, hingga nama pemilik.

Jika informasi tertera sesuai kondisi nyata, Anda tidak perlu khawatir. Begitu pula sebaliknya, apabila hasilnya tidak sesuai, sebaiknya urungkan niat melakukan pembelian di bursa jual mobil Talang baik offline maupun online  seperti OLX. 

Jadi, sudah siap berburu mobil bekas Talang incaran? Semoga bermanfaat.

Lihat lainnya