Hanya di Mobil Bekas
Jual

Jual Beli Mobil Bekas di Way Halim

Filter
Harga
Tahun

1.452 iklan masuk Way Halim

Tipe Tampilan

Dokumen Penting yang Harus Anda Cek Saat Jual Beli Mobil Bekas Way Halim

Way Halim merupakan sebuah kecamatan di Bandar Lampung yang merupakan daerah pemekaran. Di wilayah ini, memiliki kendaraan pribadi untuk mobilitas sehari-hari penting karena dengannya mudah bepergian ke berbagai daerah seantero ibu kota Provinsi Lampung.

Ketika melakukan pembelian mobil dijual Way Halim, surat-surat adalah hal wajib dicek. Adanya kelengkapan tersebut akan menjamin keamanan selama berkendara serta memudahkan proses balik nama. 

  • Dokumen Lengkap yang Wajib Ada

Dokumen jual beli mobil bekas Way Halim sangat penting untuk mengurus dan memperpanjang legalitas serta menjualnya kembali. Dokumen perlu ada yaitu:

  • Faktur Pembelian

Faktur pembelian merupakan bukti sah pembelian mobil dari dealer. Berkas ini menunjukkan status legalitas kendaraan bukan hasil pencurian atau penyelundupan. Faktur juga disimpan bagi mempermudah proses jual beli mobil bekas Way Halim nantinya. 

  • STNK

STNK memuat informasi nomor rangka serta mesin, maka ini menjadi rujukan supaya dapat mengetahui asal usul mobil. STNK merupakan identitas mobil, di dalamnya juga terdapat informasi tentang pajak. Surat tersebut bisa memberikan informasi apakah pajaknya masih aktif atau sudah mati. 

  • BPKB

BPKB merupakan bukti kepemilikan yang bisa digunakan sebagai agunan mengajukan kredit. Data-data padanya pastikan sesuai dengan kendaraan. BPKB juga harus diperiksa keasliannya, terdapat hologram TRI Brata Polri. Pada BPKB terdapat nomor dicetak vertikal pada sebelah kanan. 

  • Kwitansi Kosong & Fotokopi KTP Pemilik

Fotokopi KTP pada BPKB menunjukkan identitas pemilik terakhir. Jadi ketika membeli, mintalah orang yang jual mobil Way Halim untuk memberikan fotokopi KTP beserta dua lembar kuitansi kosong yang sudah ditandatangani oleh pemilik nantinya digunakan bagi proses balik nama. Satu lembar dibubuhi materai beserta tanda tangan pemilik sesuai dengan bukti kepemilikan. 

  • Form A

Form A adalah surat keterangan berkaitan mobil impor dari negara lain setelah pajak juga bea masuknya dilunasi. Tanpa form A, bisa jadi mobil merupakan barang selundupan. 

  • Dokumen Penting Bagi Calon Pembeli Mobil

Dokumen pada poin sebelumnya harus ada ketika Anda membeli mobil. Selain itu, sebagai calon pembeli, Anda juga disarankan menyiapkannya untuk melakukan pembelian mobil.

  • KTP dan SIM

Selain memiliki KTP, calon pembeli harus sudah memiliki SIM sebagai syarat boleh mengemudikan roda empat secara legal. Sebaiknya sebelum membeli mobil bekas murah Way Halim, Anda membuat SIM terlebih dahulu ataupun memperpanjang SIM jika masa berlakunya telah habis. 

  • Kartu Keluarga

Sebagai pelengkap data, tempat jual beli mobil biasanya meminta kartu keluarga atau KK. Hal ini bertujuan agar mencegah calon pembeli memberikan data palsu. 

  • Pay Slip / Slip Gaji

Slip gaji dibutuhkan ketika Anda membeli mobil secara kredit dari jual mobil Way Halim. Slip gaji dibutuhkan sebagai syarat diberikannya pinjaman, sebagai pertimbangan apakah Anda memiliki kemampuan membayar utang sesuai tempo. Selain slip gaji, biasanya akan dimintai fotokopi buku tabungan. 

  • Dokumen Balik Nama Mobil dan Caranya

Setelah pembelian di tempat jual mobil bekas di Way Halim, harus segera melakukan proses balik nama agar pengurusan pajaknya lebih mudah. Pasalnya, ketika membayar pajak, identitas pada surat-surat harus sama dengan KTP. 

Surat-surat dibutuhkan untuk balik nama yaitu:

  1. Fotokopi KTP pemilik lama dan baru
  2. BPKB, STNK asli dan fotokopi
  3. Surat jual beli kendaraan bermaterai Rp 6.000

Setelah surat diperlukan lengkap, datanglah ke Samsat untuk mengurusnya dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Bawa kendaraan ke bagian cek fisik. Petugas akan melakukan pengecekan seperti nomor rangka mesin juga kondisinya.
  2. Serahkan berkas cek fisik ke loket pendaftaran. 
  3. Isi formulir dari loket pendaftaran. 
  4. Serahkan formulir berkas diperlukan ke loket pendaftaran. 
  5. Jika berkas lengkap, petugas akan membuatkan bukti tanda terima, lalu tunggu panggilan untuk pembayaran biaya administrasi.
  6. Setelah melunasi pembayaran termasuk tunggakan pajak, petugas akan memberikan tanda bukti dengan stempel lunas.
  7. Ambil berkas-berkas namanya telah diganti.

Proses balik nama mobil bekas Way Halim tidak memakan waktu lama jika antreannya tidak banyak. Besarnya biaya biasanya berbeda-beda tergantung tipe serta usia kendaraan. Paling penting, sediakan dananya serta pastikan dokumen asli dan lengkap.

Lihat lainnya