Hanya di Mobil Bekas
Jual

Jual Beli Mobil Bekas di Banyudono

6.243 iklan terdekat Banyudono

Tipe Tampilan

Tips Aman Membeli Mobil Bekas Banyudono

Kebutuhan akan angkutan tidak dapat terlepas dari perubahan zaman. Perubahan tersebut menuntut setip orang bergerak untuk lebih cepat ke tujuan. Sedangkan keberadaan angkutan umum Indonesia masih belum dapat memenuhi kebutuhan tadi. Salah satu jalan keluar permasalahan ini adalah membeli mobil dijual Banyudono. 

Meski demikian, tidak semua orang mampu membeli kendaraan baru. Salah satu alasannya adalah harga tinggi. Sebenarnya kendaraan tidak harus baru. Ada banyak mobil bekas Banyudono dengan kondisi bagus. Bila tertarik, simak tip-tip bagaimana cara membeli mobkas berikut.

  • Buat Daftar Target

Biasanya, kita bertanya pada keluarga atau teman tentang rekomendasi dealer atau showroom. Kadang seluruh daftar tempat tadi tidak menyediakan mobil incaran kita. Karena itulah, sebaiknya kita memiliki minimal tiga model target sehingga jika model pertama kosong, masih ada lainnya. Disarankan untuk menargetkan kendaraan seken tapi bagus.

  • Survei Harga

Walaupun hanya membeli mobkas, jangan pernah lupa melakukan survei harga. Tanyakan serta cari informasi secara di situs jual mobil Banyudono online seperti OLX.com atau bahkan ke pemegang merek. Namun, harga tadi bisa sangat bervariasi tergantung kondisi.

  • Hubungi Penjual

Melalui OLX.com, Anda bisa menemukan kontak penjual dan menghubunginya secara langsung. Lakukan komunikasi untuk memverifikasi kondisi mobkas incaran. Biasanya ada pula orang jual mobil bekas di Banyudono dengan menitipkannya ke dealer. Bila hal tersebut terjadi, cari tahu kenapa mobilnya dijual dan kenapa dititipkan.

  • Kelengkapan Dokumen

Setelah menghubungi pemilik, lakukan kunjungan untuk memeriksa keadaan mobil. Sebelum itu, periksa dulu kelengkapan dokumen seperti BPKB, STNK, serta faktur. Pastikan nama pemilik, nomor rangka, serta mesin mobil sesuai dengan yang tertera pada dokumen itu.

  • Periksa Bodi Mobil Bekas Banyudono

Perhatikan setiap sisi kendaraan. Apakah terdapat lecet, luka, atau tanda bekas perbaikan. Kemudian, pastikan kap mesin, pintu, serta kaca masih orisinal. Selain itu, cat belang bisa menjadi tanda mobil baru selesai diperbaiki akibat suatu hal. Bila beberapa tanda tersebut muncul, tanyakan bagaimana bisa terjadi.

  • Cek Aksesori Serta Interior

Beberapa hal yang perlu dicek dari interior mobil adalah kenyamanan kursi dan sabuk pengaman. Pastikan bagian-bagian penting seperti AC, saklar lampu, serta audio berfungsi bak. Periksa pula kondisi plafon, dasbor, dan karpetnya. Bau apak merupakan salah satu tanda mobil pernah terendam banjir. 

  • Lakukan Test Drive

Meminta test drive lumrah dilakukan dalam jual beli mobil bekas Banyudono. Hal ini dapat menggambarkan apakah kondisi mobil masih baik atau sudah tidak laik beli. Beberapa hal untuk diperiksa antara lain kemudahan kendaraan saat dinyalakan, suara mesin halus, tidak ada kebocoran mesin, selain kenyamanan berkendara. Kenyamanan berkendara harus meliputi kenyamanan transmisi, rem, dan performa mesin.

  • Lihat Catatan Servisnya

Catatan servis dapat menjadi penentu kondisi sebuah otomotif. Kondisi kendaraan roda empat yang jarang diservis sudah pasti kurang baik. Dari catatan tersebut, Anda bisa melihat kelengkapan catatan dan tempat angkutan itu diservis. Kalau perlu, pastikan otomotif diservis di bengkel resmi.

  • Tanyakan Harga

Jika semua kelengkapan dokumen serta kondisi mobil sudah cukup memuaskan, tanyakan harga. Apakah penawarannya sesuai dengan harga pasar? Jika terlalu tinggi, lakukan penawaran supaya bisa mendapatkan mobil bekas murah Banyudono. Jika terlalu rendah, periksa kembali semuanya karena bisa jadi kendaraan tadi pernah terkena banjir. 

  • Undang Ahlinya

Saat melakukan survei lapangan, ada baiknya Anda membawa ahli dalam bidang permesinan. Walau mungkin sudah tahu seluk-beluk mesin serta mobil, bukankah akan lebih meyakinkan ketika diperiksa oleh ahlinya.

  • Rekomendasi Mobkas Banyudono

Bila belum menemukan yang sesuai, berikut rekomendasinya.

  • Isuzu Panther

Panther masih menjadi andalan di jalanan. Tempat jual mobil Banyudono membanderolnya seharga 80 jutaan.

  • Suzuki Carry

Minibus berkapasitas mesin kurang dari 1.000 cc ini dijual senilai 30 jutaan.

  • Suzuki Baleno

Jika butuh sedan untuk kebutuhan bisnis, Suzuki Baleno berkapasitas 1.000–1.500 cc dapat dibawa pulang setelah membayar sekitar 50 juta.

  • Hyundai Getz

Hatchback produksi Korea berkapasitas 1.000–1.500 cc dibanderol seharga 58 jutaan.

Itulah beberapa rekomendasi otomotif roda empat Banyudono yang dapat dimasukkan dalam daftar target.

Sulitnya mendapatkan akses tempat, jual beli mobil bekas Banyudono menjadi kendala terbesar dalam memperoleh kendaraan. Namun, hal itu bukan menjadi masalah lagi setelah ada OLX.com.

Lihat lainnya