Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & Trik10 Ciri Ban Mobil Harus Ganti, Jangan Diabaikan!

    10 Ciri Ban Mobil Harus Ganti, Jangan Diabaikan!

    Jangan abai, segera ganti ban mobil kamu kalau alami ciri ini.

    News.OLX Mungkin masih banyak pemilik mobil yang masih tidak terlalu peduli dan mengabaikan keadaan ban mobil miliknya. Ini bisa menjadi kesalahan besar karena keamanan dan kenyamanan kamu di jalan sangat bergantung pada kondisi ban mobil kamu.

    Sebab itu, kamu dianjurkan untuk selalu memeriksa kondisi fisik ban mobilmu. Dengan memeriksa secara teratur, kamu dapat memastikan kendaraan kamu tetap aman dan nyaman.

    Namun pertanyaannya, hal seperti apa yang harus diperhatikan pada ban yang digunakan? Jika ban mobil kamu sudah mengalami 10 ciri-ciri berikut, maka sudah saatnya mempertimbangkan untuk mengganti ban mobil.

    1. Mobil sudah menempuh jarak lebih dari 40.000 kilometer

    Ban mobil yang sudah menempuh jarak lebih dari 40.000 kilometer adalah pertanda penting bahwa kamu perlu mempertimbangkan untuk menggantinya.

    Penggunaan ban yang intens, terutama dalam kondisi jalan yang buruk atau cuaca panas, dapat mempercepat keausan ban ini. Ini adalah masalah yang harus kamu perhatikan, karena ban yang aus dapat membahayakan keamanan kamu di jalan.

    2. Ban berusia lebih dari 3 tahun

    Umur ban mobil yang ideal adalah 3 tahun. Setelah melewati batas waktu ini, ban cenderung mengeras dan kehilangan kelenturannya.

    Ban yang keras dan kaku tidak hanya mengurangi kenyamanan berkendara, tetapi juga memengaruhi performa traksi dan pengereman. Jadi, pastikan kamu memeriksa usia ban kamu secara rutin.

    3. Tapak ban sudah gundul atau aus tidak merata

    Ketebalan tapak ban adalah faktor kunci dalam traksi dan pengereman. Jika tapak ban sudah aus dan tidak merata, hal ini dapat membahayakan keamanan berkendara kamu.

    Ban gundul juga memiliki risiko pecah yang lebih tinggi, terutama saat digunakan dalam kondisi jalan basah. Jadi, pastikan kamu memeriksa tapak ban secara teratur.

    4. Benjolan pada ban mobil

    Benjolan pada ban mobil adalah tanda bahaya. Mereka menunjukkan adanya masalah pada konstruksi ban yang dapat menyebabkan ban mudah pecah ketika kamu sedang berkendara.

    Benjolan semacam ini bisa sangat berbahaya, jadi jangan mengabaikannya. Segera ganti ban jika kamu menemukan benjolan pada salah satu ban kamu.

    5. Ketebalan ban sudah mencapai batas TWI

    Setiap ban mobil memiliki Tread Wear Indicator (TWI) yang menunjukkan batas keausan yang diizinkan. Jika kembang ban sudah menyentuh TWI, kamu harus segera menggantinya.

    Ini adalah indikator penting yang mengingatkan kamu bahwa ban mobil sudah mencapai batas usia yang aman, dan mengabaikannya dapat berakibat fatal.

    6. Ban mobil lecet atau retak

    Ban yang lecet atau retak adalah tanda kerusakan struktural. Meskipun masih bisa digunakan, namun ban dengan kondisi tersebut memiliki potensi bahaya yang lebih tinggi.

    Kerusakan struktural pada ban dapat memengaruhi kekuatan dan keandalannya, dan itu adalah risiko yang tak seharusnya kamu ambil.

    7. Kembang ban terangkat atau heel toe

    Kembang ban terangkat bisa terjadi karena berbagai alasan, termasuk penggunaan di jalan yang tidak rata, pengereman keras, atau masalah dengan komponen suspensi seperti bushing, ball joint, atau bearing roda yang aus.

    Kondisi ini dapat memengaruhi traksi dan stabilitas kendaraan kamu. Pastikan untuk memeriksa masalah ini jika kamu merasa ada yang tidak beres.

    ban mobil (12)

    8. Ban mobil bocor atau kehilangan tekanan angin secara teratur

    Ban yang sering bocor atau kehilangan tekanan angin secara teratur adalah pertanda bahwa ada masalah pada ban atau sistem katup. Ini dapat memengaruhi kinerja kendaraan kamu dan mengurangi keamanan berkendara. Jangan abaikan masalah ini, segera periksa dan perbaiki.

    9. Ban mobil mengalami pemuaian atau penyusutan yang tidak normal

    Jika ban kamu mengalami pemuaian atau penyusutan yang tidak normal, ini bisa menjadi indikasi masalah dengan struktur ban atau tekanan angin yang tidak tepat. Ban yang tidak memiliki ukuran yang sesuai dapat membahayakan stabilitas kendaraan kamu. Pastikan untuk mengganti ban yang bermasalah ini.

    10. Ban mobil mengalami kerusakan fisik yang parah

    Kerusakan fisik yang parah, seperti sobek, robek, atau terjepit benda asing, adalah tanda bahwa ban harus segera diganti. Kerusakan seperti ini dapat mengurangi kekuatan dan keandalan ban, dan meningkatkan risiko pecah saat kamu berkendara. Jangan mengambil risiko dengan ban yang rusak secara fisik.

    Jadi, jangan diabaikan 10 ciri-ciri diatas agar mobil kamu tetap aman dan terjaga! Dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait