Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & Trik10 Jenis Batu Alam yang Bisa Percantik Rumah Kamu

    10 Jenis Batu Alam yang Bisa Percantik Rumah Kamu

    Batu alam seringkali jadi material dekorasi untuk rumah. Agar makin cantik, ketahui berbagai jenisnya!

    News.OLX – Sejak lama, batu alam sudah jadi salah satu material wajib untuk dekorasi tiap rumah. Bentuknya yang natural dengan model dan motif yang beragam, membuatnya disukai banyak orang.

    Namun, tahukah kamu kalau jenis batu alam itu tidak hanya satu? Ada banyak sekali bebatuan yang bisa kamu gunakan sebagai dekorasi, lho. Nah, agar rumah semakin cantik, kamu bisa lihat berbagai jenis batunya di bawah ini!

    1. Batu Susun Sirih

    Susun sirih adalah salah satu batu yang paling sering kamu temukan di berbagai rumah di Indonesia. 

    Ukurannya cukup tipis dengan ukuran sekitar 3×30 cm dan bentuk persegi panjang. Sehingga, sering orang kombinasikan dengan bebatuan lainnya sebagai dinding.

    2. Batu Alam Andesit

    Andesit pun juga jadi salah satu batu yang cukup sering orang gunakan di rumah-rumah menengah ke atas. Bukan hanya rumah, beberapa bangunan gedung juga banyak yang menggunakannya.

    Batu yang satu ini memiliki pori-pori yang kecil dan berwarna abu-abu dengan berbagai tone. Bentuknya cukup beragam dan umumnya akan terpasang dengan beragam ukuran.

    3. Batu Templek

    Selanjutnya, ada batu templek yang mungkin juga sudah sering kamu lihat di beberapa rumah maupun bangunan.

    Batu ini berbentuk lonjong, pipih dan berukuran besar, seperti batu kali yang besar. Orang-orang sering menumpuknya dengan pola yang teratur maupun abstrak untuk menjadikannya dinding.

    batu alam (1)

    4. Marmer

    Jika ketiga jenis batu di atas seringkali orang gunakan untuk dinding luar rumah, marmer justru sering terlihat di dalam rumah. Misalnya, seperti di dapur maupun lantai rumah.

    Permukaannya yang glossy dengan coraknya yang beragam menjadikan marmer pilihan yang tepat untuk membuat rumah tampak mewah. 

    5. Granit

    Selain marmer, batu granit pun juga sering jadi pilihan banyak orang untuk mempercantik rumah. Jenis batu alam yang satu ini punya permukaan yang sama dengan marmer, yaitu glossy.

    Namun, yang membedakan keduanya adalah coraknya yang lebih padat seperti kumpulan kerikil dalam satu batu.

    6. Porselen

    Jika kamu ingin memberikan kesan mewah yang klasik pada rumah, batu porselen bisa jadi material yang tepat. Meski sama-sama memiliki permukaan glossy dengan kedua batu di atas, porselen memiliki corak yang lebih bias.

    Coraknya tidak sejelas granit dan marmer, warnanya pun hanya ada krem. Namun, inilah yang membuatnya bisa memberikan kesan mewah pada rumah. 

    7. Batu Alam Candi

    Beberapa dari kamu mungkin sudah pernah berkunjung ke beberapa candi di Indonesia. Selain melihatnya di candi, ternyata batu-batu tersebut juga sering orang gunakan untuk material rumah, lho.

    Batu berwarna hitam dengan tekstur yang kasar ini seringkali orang gunakan untuk rumah-rumah berkonsep semi-modern

    8. Sabak

    Jika kamu berkunjung ke toko batu alam, kamu akan melihat batu yang tipis dengan bentuk dan ukuran yang beragam. Nah, batu ini merupakan batu sabak.

    Kamu mungkin sudah sering menemukannya sebagai jalan, dinding maupun dekorasi pada rumah dan bangunan.

    9. Batu Palimanan

    Batu yang berasal dari Cirebon ini, jadi salah satu batu yang cukup populer dan sering orang gunakan sebagai material untuk dinding.

    Warnanya yang krem membuat tampilan rumah jadi cantik dan mewah. Selain itu, batu yang satu ini juga cocok untuk segala cuaca. Sehingga, bisa kamu gunakan sebagai dinding luar maupun dekorasi dalam rumah.

    10. Koral

    Terakhir, ada batu alam koral yang juga cukup sering orang-orang gunakan sebagai material untuk dekorasi rumah. Batu koral sendiri sebetulnya ada berbagai macam bentuk dan warna.

    Ada yang besar, kecil, sangat kecil dengan warna yang juga bermacam-macam. Kamu bisa gunakan batu ini sebagai dinding maupun untuk mempercantik jalan setapak di halaman rumah kamu.

    Nah, sekian beberapa jenis batu alam yang bisa kamu temukan untuk mendekorasi rumah kamu. Jika kamu ingin mencari salah satu jenis batu di atas dan tukang pasangnya, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait