Sabtu, Mei 25, 2024
Lainnya
    Panduan Pembeli10 Langkah Cermat Beli Mobil Bekas, Dijamin Untung Gak Bakalan Buntung!

    10 Langkah Cermat Beli Mobil Bekas, Dijamin Untung Gak Bakalan Buntung!

    News.OLX – Beli mobil bekas memang bukan perkara gampang seperti membeli mobil baru. Kalau mobil baru kondisinya sudah gak perlu diragukan lagi, gak perlu ada yang namanya pengecekan, semua sudah pasti mulus dan harganya pun sama, sesuai dengan banderol on the road di kota masing-masing.

    Beli mobil bekas beda! Semakin teliti, maka semakin besar peluang untung saat membelinya. Sebaliknya, kalau kalian teledor bisa dipastikan bakal rugi kalau ternyata unit yang diincar itu banyak menyimpan masalah.

    Intinya beli mobil bekas itu hampir sama dengan kita berinvestasi, apalagi harga mobil juga gak murah. Jadi jangan salah pilih dan pastikan kalian beli di tempat atau platform jual-beli mobil yang memang sangat terpercaya.

    Ada banyak sekali tips atau panduan yang bisa kalian dapatkan ketika ingin membeli mobil bekas. Namun dari sekian banyaknya langkah-langkah tersebut, dua hal pertama yang harus diingat, beli mobil bekas itu sesuaikan dengan kebutuhan dan juga bajet yang tersedia.

    Melangkah dari dua hal tersebut, kalian bisa menyusun perencanaan yang matang untuk membeli mobil bekas berkualitas yang sesuai kemampuan, sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

    Yang pasti, jangan terburu-buru, lebih banyak pilihan untuk jadi pembanding lebih baik, serta jangan lupa untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh untuk lebih memastikan kualitas mobil bekas yang akan dipinang.

    10 Langkah Cermat Beli Mobil Bekas

    1. Buat Daftar 

    Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat daftar pilihan mobil incaran. Ini bisa dilakukan jika kalian sudah menentukan jenis mobil bekas apa yang hendak dibeli yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Misalnya mau beli model SUV, terlebih dulu buatlah daftar mobil SUV yang kalian inginkan. Masukkan ke dalam daftar dua, tiga atau empat pilihan model yang masing-masing punya kelebihan tertentu sesuai dengan kebutuhanmu.

    2. Gali Informasi Mobil Incaranmu

    Sekarang mulailah cari referensi atau informasi terkait mobil-mobil yang sudah ada di daftar atau list incaran kalian. Sekarang banyak sekali channel yang bisa dijadikan referensi untuk mendapatkan informasi tersebut. Jangan cuma mencari kelebihan atau harganya saja, tapi sekaligus cari tentang kekurangan atau kelemahan dari model tersebut. Kendala apa yang paling sering muncul atau besaran harga sparepart-nya.

    Review soal mobil bekas yang lengkap bisa kalian temukan di channel Youtube OLX Autos Indonesia.

    3. Cari Unit dan Cek Harga di OLX Autos

    Dari step kedua di atas, tentu kalian sudah bisa mengerucutkan pilihan pada satu model yang diinginkan. Tentunya berdasarkan pertimbangan tadi, kebutuhan serta kesesuaian bajet. Dari situ kalian bisa memulai untuk hunting model incaran melalui OLX Autos.

    Platform yang menawarkan beli mobil bekas memang banyak pilihan di Indonesia, tapi mengapa kalian harus pilih OLX Autos? Karena OLX Autos sendiri menjadi platform jual-beli mobil bekas yang paling banyak digunakan dan direkomendasikan oleh konsumen pencari mobil bekas. Ini dibuktikan dengan keberhasilan OLX Autos meraih predikat Gold di ajang Indonesia WOW Brand 2023 yang dikeluarkan oleh MarkPlus, Inc., kategori platform jual beli mobil bekas yang banyak direkomendasikan responden.

    Jangan lupa untuk membandingkan harga serta spesifikasi dari setiap mobil bekas pilihan kalian yang ada di iklan. Karena bisa jadi dengan model, tahun, type dan spesifikasi yang sama, harganya bisa beda-beda. Disini dituntut ketelitian dan kesabaran kalian. Namanya juga sedang berburu, jadi harus lebih sabar agar buruan kalian tidak lepas.

    Untuk urusan harga yang beda-beda ini, kalian juga harus paham harga pasaran dari model yang kalian inginkan. Harga batas bawahnya berapa, dan harga batas atasnya berapa. Terlalu mahal bukan berarti mobil itu lebih bagus dari pilihan lainnya, sebaliknya, terlalu murah juga bukan berarti mobilnya jelek. Tapi dengan modal mengetahui batasan harga ini, bisa kalian jadikan pedoman untuk melakukan negosiasi ketika sudah memutuskan untuk membeli.

    4. Hubungi Penjual, Buat Janji untuk Mengecek Mobil Secara Langsung

    Setelah mendapatkan sejumlah iklan mobil yang diincar, hubungi satu-satu penjualnya dan buat janji untuk mengecek mobil secara langsung. Sebaiknya sortir hasilnya berdasarkan jarak lokasi terdekat, waktu yang paling nyaman dan lainnya.

    Ingat! Jangan mau untuk menyerahkan uang muka dengan alasan mobil incaran kalian juga sedang diminati banyak calon pembeli lainnya. Biasanya banyak oknum pedagang mobil bekas nakal yang memanfaatkan hal ini. Pastikan kalian sudah melihat unit, melakukan pengecekan, dan jika semuanya sudah dirasa aman, baru deh setor DP.

    OLX Autos punya banyak sekali offline store yang bisa kalian sambangi dalam mencari mobil bekas. Setelah melihat iklannya dan kalian tertarik, sebaiknya langsung menuju ke store OLX Autos lokasi mobil berada. Disana kalian akan dibantu langsung oleh sales-sales profesional dari OLX Autos untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas incaran kalian.

    5. Didampingi Orang Kepercayaan yang Paham Soal Mobil

    Pada dasarnya semua inventory mobil bekas yang dijual di OLX Autos sudah melalui tahapan inspeksi secara menyeluruh. Hasilnya pun bisa langsung kalian ketahui lewat platform atau saat melihat unit langsung. Akan ada hasil inspeksi yang menempel di kaca depan mobil untuk menandakan grade mobil tersebut, A, B, atau C.

    Tapi biar kalian lebih yakin, tidak ada salahnya untuk membawa pihak ketiga yang juga mengerti soal kondisi mobil untuk memastikan hasil dari inspeksi tersebut. OLX Autos sangat transparan untuk hal ini, jadi no tipu-tipu, pilihan kalian juga akan lebih pasti.

    6. Lakukan Pengecekan dengan Sabar, Jangan Buru-Buru

    Salah satu kiat beli mobil bekas biar kalian tidak salah pilih adalah dengan melakukan pengecekan unit. Kalau bisa, jangan inspeksi mobil di malam hari. Selain karena mungkin mengganggu waktu penjual atau pemilik mobil, hasil yang didapatkan juga bisa jadi kurang maksimal.

    Keterbatasan cahaya di malam hari akan sangat memungkinkan kalian akan terlewat titik-titik pengecekan yang penting. Misalnya saat mengecek kondisi body di malam hari, akan sulit menemukan lecet atau baret halus di permukaan cat. Jadi sebaiknya lakukan pemeriksaan ini di siang hari.

    7. Jangan Lupa Test Drive

    Mencoba mobil secara langsung atau test drive adalah salah satu kiat yang penting agar kalian tidak salah pilih beli mobil bekas. Ini agar kalian sebagai calon pembeli bisa mendapatkan langsung impresi mobil. Dengan melakukan test drive, kalian bisa merasakan komponen apa yang kurang nyaman atau harus segera diganti. Ini juga akan membantu kalian untuk mempersiapkan bajet tambahan untuk perbaikan setelah beli mobil bekas.

    8. Tawar Harga Sesuai Bajet dan Gak Perlu Panik Kalau Mobil Sudah Diincar Calon Pembeli Lainnya

    Kalau merasa puas setelah test drive dengan kondisi mobil tersebut, tentu prosesnya akan meningkat ke urusan harga. Seberapa besarpun keinginan kalian untuk meminang mobil tersebut, ingat kembali berapa besar bajet yang sudah disiapkan.

    Biasanya di awal-awal, pemilik mobil akan jual mahal dan tidak mau kurang dari harga yang sudah dirilis di iklan. Jangan patah semangat ya. Sebagai calon pembeli kalian juga harus pintar mempelajari psikologi dari penjual. Bisa jadi penjual sangat butuh uang sehingga mau buru-buru melepas mobilnya. Atau bisa jadi penjual adalah kategori yang jual santai.

    Dan jangan panik kalau penjual tiba-tiba bilang kalau ada beberapa calon pembeli serius lainnya yang juga menginginkan mobil tersebut. Santai aja! Kalau kalian jodoh, mobil tersebut gak bakal dimiliki sama orang lain, tapi jadi milik kamu. Bisa jadi itu hanya gertakan penjual agar kamu buru-buru mutusin untuk beli.

    9. Pertimbangkan Kembali, Mantapkan Hati Bahwa Mobil Tersebut yang Diinginkan

    Setelah semua tahapan tersebut dilalui, jangan langsung memutuskan beli. Pertimbangkan kembali apakah mobil itu yang benar-benar kamu inginkan, sudah sesuaikah dengan kebutuhanmu, dan apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan bajet yang disiapkan.

    Kembali lagi kamu harus pintar-pintar melihat dan menimbang. Karena penjual pun akan melihat psikologis kamu, seberapa besar kamu menginginkan mobil tersebut. Kalau penjual melihat kamu ngebet banget, maka dipastikan tawar-tawaran harga akan alot. Tapi kalau kamu bersikap seolah butuh gak butuh tapi sudah siap bayar dengan harga yang kamu mau, bisa jadi kamu akan pergi dengan membawa mobil idaman kamu itu.

    10. Bayar Kalau Sudah Deal, Langsung Bawa Pulang Mobilnya

    Di titik ini, kamu sudah menang. Kamu siap untuk meminang mobil itu dan membawanya ke garasi rumah. Jika penjual sudah rela melepas dengan harga yang kamu mau, jangan pikir lama-lama lagi, langsung transaksi.

    Yang pasti, jangan mau transfer uang sejumlah berapapun kalau kalian belum lihat langsung mobilnya serta bertemu dengan penjual.

    Kalau sudah lihat, cek, cocok, deal, langsung bayar dan pulang. Tapi jangan sampai lupa untuk meminta surat-surat mobilnya seperti STNK, BPKB dan faktur pembelian. Oh iya, sebaiknya langsung saja minta KTP penjual untuk melakukan administrasi balik nama. Kalau sudah balik nama, kamu benar-benar sah jadi pemilik mobil itu.

    Gimana, cukup membantu kan untuk kamu dapatkan mobil bekas impian kamu?

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait