Jumat, Mei 31, 2024
Lainnya
    Tips & Trik10 Tips Aman Membonceng Anak dengan Motor

    10 Tips Aman Membonceng Anak dengan Motor

    Jangan asal membonceng anak dengan motor!

    News.OLX – Anak adalah harta yang paling berharga bagi setiap orang tua. Oleh karena itu, keselamatan anak harus menjadi prioritas utama. 

    Salah satu hal yang dapat membahayakan keselamatan anak adalah membonceng anak dengan motor. Untuk itu, membonceng anak tidak boleh asal-asalan. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan saat membonceng anak dengan motor.

    Lantas, seperti apa langkah-langkah yang harus dilakukan agar anak aman untuk dibonceng. Berikut adalah 10 tips aman yang harus kamu perhatikan.

    1. Anak siap untuk dibonceng

    Sebelum membonceng anak, pastikan anak sudah siap untuk dibonceng. Pastikan anak sudah paham cara menggunakan helm dan perlengkapan berkendara lainnya, serta sudah bisa duduk tenang selama perjalanan.

    2. Gunakan motor yang ramah anak 

    Pilihlah motor yang memiliki pijakan kaki yang luas dan stabil, serta dilengkapi dengan sandaran punggung. Hal ini akan membuat anak lebih nyaman dan aman saat dibonceng.

    3. Posisikan anak dengan benar 

    Posisikan anak di belakang pengendara, dengan kedua kakinya mengapit pinggang pengendara. Hal ini akan membuat anak lebih stabil dan aman saat dibonceng.

    4. Pastikan anak memegang pegangan motor dengan kuat 

    Pastikan anak sudah memegang pegangan motor dengan kuat. Hal ini akan mencegah anak terjatuh saat motor berhenti atau berbelok.

    Anak (1)

    5. Gunakan perlengkapan berkendara yang sesuai

    Pastikan anak menggunakan helm yang sesuai dengan ukuran kepala, serta jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu. Perlengkapan berkendara ini akan melindungi anak dari cedera saat terjadi kecelakaan.

    6. Atur kecepatan berkendara dengan aman

    Atur kecepatan berkendara dengan aman, terutama saat melewati jalan yang licin atau ramai. Hindari ngebut atau menyalip kendaraan lain secara mendadak.

    7. Perhatikan kondisi anak selama perjalanan

    Perhatikan kondisi anak selama perjalanan. Jika anak terlihat lelah atau bosan, segera berhenti untuk beristirahat.

    8. Atur waktu, kondisi, dan jarak berkendara

    Hindari berkendara pada malam hari, saat hujan, atau dalam kondisi lelah. Sebaiknya, atur waktu dan jarak berkendara agar tidak terlalu jauh dan melelahkan.

    9. Gunakan jok tambahan

    Jok tambahan dapat menjadi pilihan yang aman untuk membonceng anak. Jok tambahan akan membuat anak lebih nyaman dan aman saat dibonceng.

    10. Patuhi peraturan lalu lintas

    Hal ini penting untuk dilakukan agar perjalanan aman dan lancar. Pastikan kamu selalu menggunakan helm dan perlengkapan berkendara lainnya, serta mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

    Tips-tips di atas dapat membantu kamu untuk membonceng anak dengan aman dan nyaman. Cari motor yang ramah anak? hanya di OLX. Download aplikasinya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait