Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & Trik4 Ciri Komstir Motor Bermasalah

    4 Ciri Komstir Motor Bermasalah

    Komstir motor yang bermasalah membuat berkendara jadi tidak nyaman, lakukan hal ini agar komstir motor selalu prima.

    Komstir (steering head) adalah komponen vital yang terdapat pada setang motor. Keberadaannya tidak hanya mempengaruhi kenyamanan berkendara, tetapi juga keselamatan.

    Ketika terjadi masalah pada komstir, hal ini dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Berikut adalah empat ciri komstir motor yang bermasalah yang perlu kamu ketahui:

    1. Stang tidak stabil

    Jika kamu merasa bahwa stang motormu tidak stabil, ini bisa menjadi tanda pertama bahwa ada masalah pada komstir motormu. Saat mengendarai motor, biasanya stang akan terasa sulit untuk dibelokkan atau bahkan bergerak dengan sendirinya.

    Baca juga : Asyiknya Touring Berkelompok, Biker Harus Perhatikan 7 Hal Ini!

    Getaran ini biasanya disebabkan oleh ketidakstabilan atau keausan pada komponen-komponen dalam komstir, seperti bantalan bola atau bearing. Ketika komstir bermasalah, getaran dapat terasa saat kamu berkendara, terutama pada kecepatan tinggi.

    Penting untuk memperbaiki masalah komstir segera jika kamu mengalami getaran pada stang, karena masalah ini dapat memengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara. 

    Jika getaran pada stang tidak diatasi dengan cepat, dapat berdampak negatif pada kendali motor, membuatnya sulit untuk dikendalikan saat berbelok dan tidak nyaman saat menjalani perjalanan jarak jauh.

    2. Stang menjadi berat

    Komstir motor

    Stang yang menjadi berat adalah salah satu ciri masalah pada komstir motor. Ketika komstir mengalami masalah, seperti keausan atau kurangnya pelumasan pada bantalan atau bearing dalam komstir, stang motor bisa menjadi berat untuk dikendalikan.

    Baca juga : Perkuat Layanan After Sales, Chery Sulap TIGGO 7 Jadi Service Car

    Hal ini terutama terasa saat kamu mencoba untuk memutar stang atau melakukan manuver pada kecepatan rendah atau saat berhenti. Kondisi ini tentunya dapat berdampak negatif pada kenyamanan berkendara dan keselamatan.

    3. Stang bersuara dan bergetar

    Tanda lain komstir bermasalah yang perlu kamu waspadai adalah munculnya suara di sekitar area stang, terutama saat berkendara di jalan berlubang atau saat mengerem mendadak. Suara tersebut menandakan hilangnya stabilitas pada komstir, sehingga dudukan stang terasa tidak stabil.

    Selain itu ciri komstir bermasalah adalah akan terasa getaran pada stang. Bahkan getaran ini dapat terasa hingga ke seluruh tubuhmu. Perlu diingat bahwa getaran ini berbeda dengan getaran yang disebabkan oleh masalah pada pelek.

    4. Rem terasa blong

    Komstir yang bermasalah dapat menyebabkan adanya jarak atau celah saat menggunakan rem depan. Hal ini dapat mengubah jarak pengereman dan membuatnya terasa tidak efektif, bahkan terasa seperti rem tidak lagi bekerja dengan baik.

    Baca juga : Konsep Ethnic Bamboo Warnai Keseruan Maxi Yamaha Day Jawa Barat

    Penting untuk memahami ciri-ciri komstir motor yang bermasalah agar kamu dapat mengidentifikasi masalah dengan cepat. 

    Jika motormu mengalami salah satu atau beberapa dari tanda-tanda di atas, segera lakukan perbaikan untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan berkendaramu.

    Perawatan komstir yang baik, seperti mengganti bantalan yang aus atau memberikan pelumasan yang diperlukan, akan membantu mengembalikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara kamu. 

    Pastikan untuk mengonsultasikan masalah ini dengan mekanik motor yang berpengalaman agar masalah komstir dapat diidentifikasi dan diperbaiki dengan tepat.

    Baca juga: 7 Alasan Sepeda Motor Jadi Pilihan Masyarakat Indonesia

    Dengan melakukan perawatan yang tepat, kamu dapat memastikan bahwa motor tetap aman dan nyaman untuk digunakan. 

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait