Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & Trik5 Cara Mencegah Kebocoran Data Pribadi

    5 Cara Mencegah Kebocoran Data Pribadi

    Mulai melindungi data pribadi agar tidak bocor dengan buat password yang kuat hingga berhati-hati dengan WiFi publik.

    News.OLX – Melindungi data pribadi kamu sendiri itu jadi hal yang sangat penting, lho. Data-data seperti nama, nomor KTP, rekening, password, email dan sebagainya tidak boleh sampai bocor ke orang lain.

    Karena bila sampai orang lain mengetahuinya, bisa saja seluruh data ini disalahgunakan, misalnya untuk pinjol. Oleh karena itu, kamu harus paham cara mencegah kebocoran data pribadi dalam pembahasan di bawah ini.

    1. Selalu Gunakan Password yang Kuat

    Password adalah salah satu perlindungan paling dasar yang dapat melindungi seluruh data pribadi kamu. Semua aplikasi sudah pasti akan menggunakan password sebagai bentuk perlindungan awal.

    Namun, tidak jarang para oknum justru bisa membobol pertahanan password kamu. Apalagi yang password-nya paling mudah ditebak, misalnya dengan namanya sendiri dan sebagainya.

    Bila password yang kamu buat pun lemah, sudah pasti kamu akan jadi sasaran empuk. Karena itu, sebaiknya ubah password kamu jadi lebih kuat. Bila perlu, ganti secara rutin agar tidak dibobol oleh hacker.

    2. Jangan Simpan Informasi Penting di HP

    Saking banyaknya aplikasi dan akun, terkadang kita menyimpan informasi penting seperti password dan username di ponsel. Tujuannya, tentu supaya kita tidak lupa dan ribet nantinya untuk mengurusnya.

    Namun, tahukah kamu justru ini malah semakin memudahkan hacker untuk membobol data private kamu? Mereka cukup masuk ke ponsel kamu dan jelas saja bukan hal sulit untuk mengakses informasi penting tersebut.

    Inilah mengapa banyak ahli yang kemudian tidak menyarankan kamu untuk menyimpan informasi penting di handphone. Tentunya, hal ini juga harus kamu terapkan agar tidak ada data yang bocor.

    data pribadi (1)

    3. Jangan Asal Klik Link

    Kamu mungkin sudah familiar, ya, dengan pesan undangan nikah di WhatsApp dari nomor tidak dikenal. Tidak sedikit juga yang mungkin terkecoh dengan pesan tersebut.

    Alhasil, mereka kemudian mengklik link maupun file yang masuk ke WhatsApp mereka dan berakhir kaget akibat saldo bank yang ludes. Karena tanpa mereka ketahui, link atau file tersebut ternyata mengandung malware.

    Bila kamu pun tidak ingin mengalami hal serupa, sebaiknya kamu tidak melakukan hal yang sama seperti beberapa korban lainnya.

    4. Selalu Download Aplikasi Resmi

    Banyak dari kita mungkin asal men-download aplikasi yang tersedia di Play Store maupun internet. Misalnya seperti game, editor dan sebagainya.

    Padahal, asal download aplikasi itu sangat berbahaya, lho. Karena ini bisa jadi sarana para hacker untuk masuk ke ponsel kamu dan mengambil alih kendali ponsel.

    Bila seperti ini, bukan tidak mungkin mereka bisa menemukan data private kamu dengan mudah dan membobolkannya. Jadi, pastikan kamu selalu download aplikasi resmi yang memang sudah verified dan tepercaya, ya.

    5. Hati-Hati dengan Wi-Fi Publik

    Beberapa kawasan publik biasanya memang menyediakan WiFi. Tujuannya sudah pasti untuk memfasilitasi para pengunjung yang datang agar lebih nyaman dan terkendala internet.

    Namun, sayangnya tidak sedikit orang yang kemudian menyalahgunakan fasilitas ini. Mereka justru menyuntikkan virus melalui jaringan WiFi. Karena itu, sebaiknya hati-hati saat menggunakan WiFi publik, carilah yang sekiranya sudah pasti aman.

    Nah, itu dia beberapa cara mencegah kebocoran data pribadi. Pastikan kamu ikuti semua tipsnya agar tidak menjadi korban di kemudian hari.

    Selain hal-hal di atas, terkadang data private juga bisa bocor dari paket yang kamu terima. Untuk mengamankannya, kamu bisa temukan alat penghilang data tersebut di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait