Rabu, Juli 24, 2024
Lainnya
    Tips & Trik5 Cara Merawat Robot Vacuum Agar Tidak Cepat Rusak

    5 Cara Merawat Robot Vacuum Agar Tidak Cepat Rusak

    Jangan sampai robot vacuum-mu cepat rusak, lakukan 4 hal ini untuk membuatnya lebih awet.

    News.OLX – Robot vacuum merupakan salah satu alat rumah tangga yang memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan rumah. Alat ini dapat membantu kamu untuk membersihkan debu, kotoran, dan bulu hewan peliharaan dari lantai dan permukaan lainnya.

    Alat ini sangat praktis dan mudah digunakan, sehingga cocok untuk kamu yang sibuk. Meskipun praktis, robot vacuum juga membutuhkan perawatan yang rutin agar tidak cepat rusak. Berikut adalah 4 cara merawat robot vacuum agar tidak cepat rusak.

    1. Kosongkan bak penampung sampah secara rutin

    Bak penampung sampah robot vacuum memiliki kapasitas yang lebih kecil daripada vacuum cleaner konvensional. Oleh karena itu, penting untuk mengosongkannya secara rutin, idealnya setelah setiap penggunaan.

    Jika bak penampung sampah robot vacuum penuh, maka vacuum cleaner akan bekerja lebih keras dan dapat menyebabkan kerusakan pada mesin. Selain itu, debu dan kotoran yang menumpuk di bak penampung sampah juga dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri dan kuman.

    robot vacuum (1)

    2. Bersihkan sikat pembersih dan filter

    Sikat dan filter pembersih bekerja keras untuk mengangkat dan menyaring debu kotoran dari lantai. Oleh karena itu, penting untuk membersihkannya secara rutin untuk menjaga kinerjanya.

    Kamu dapat membersihkannya dengan tangan atau menggunakan sikat lembut. Bersihkan sikat pembersih dari debu, kotoran, dan rambut yang menempel. Jika sikat dan filter pembersih sudah kotor dan tidak dapat dibersihkan, sebaiknya ganti dengan yang baru.

    3. Hindari menggunakannya di area yang basah atau licin

    Robot vacuum tidak dirancang untuk digunakan di area yang basah atau licin. Hal ini karena robot vacuum dapat tergelincir dan jatuh, yang dapat menyebabkan kerusakan pada mesin. Selain itu, air juga dapat masuk ke dalam mesin dan menyebabkan korsleting.

    4. Pastikan robot vacuum tidak menabrak benda yang dapat merusaknya

    Robot vacuum memiliki sensor yang dapat mendeteksi benda-benda di sekitarnya. Namun, jika benda-benda tersebut terlalu kecil atau tidak terlihat, maka robot vacuum dapat menabraknya.

    Beberapa benda yang seharusnya tidak ditabrak atau dilewati robot vacuum antara lain kabel listrik, koin, dan tali sepatu. Hindari juga menggunakan alat tersebut jika terdapat mainan anak-anak yang berserakan di lantai.

    5. Periksa secara rutin

    Selain itu, kamu bisa merawat robot vacuum dengan selalu memeriksa kondisi baterai dan fungsi fitur lainnya. Jika robot vacuum mengalami masalah, segera bawa ke tempat servis resmi.

    Dengan melakukan perawatan rutin, kamu dapat menjaga robot vacuum agar tetap awet dan berfungsi dengan baik.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya di OLX. Kamu juga bisa menemukan berbagai barang bekas seperti mobil dan motor bekas impianmu dengan download aplikasi OLX di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait