Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    Tips & Trik5 Potensi Kerusakan Mobil Setelah 'Disiksa' Selama Liburan NATARU

    5 Potensi Kerusakan Mobil Setelah ‘Disiksa’ Selama Liburan NATARU

    Bagi pemilik mobil Toyota, sebaiknya lakukan pengecekan dan servis berkala di Auto2000 sebelum menggunakan kembali mobil kesayangannya beraktivitas di tahun yang baru.

    News.OLX – Setelah liburan Nataru, aktivitas pertama yang sebaiknya dilakukan adalah pengecekan komponen mobil lewat servis berkala. Sebaiknya pemilik kendaraan tidak langsung menggunakan mobilnya untuk aktivitas rutin, sebelum memastikan kondisinya masih optimal untuk mencegah adanya kendala.

    “Mobil yang diajak berlibur dengan jarak tempuh lumayan jauh di jalan yang padat dan cuaca mudah berubah, jelas akan terkuras tenaganya. Belum lagi ketika diajak touring ke wilayah pegunungan dengan mobil penuh penumpang dan barang, plus risiko, melintasi jalanan berlubang dan obstacle lainnya,” terang Nur Imansyah Tara, Marketing Division Head Auto2000, Kamis (04/01/2024).

    Lantas, bagian apa saja dari mobil yang berpotensi mengalami masalah setelah dipakai liburan? 

    1. Potensi Mesin Rusak

    Saat liburan Nataru, mesin bekerja keras di jalan. Kalau lupa ganti oli, cairan pelumas tersebut akan mengalami penurunan kualitas dan meningkatkan potensi mesin rusak. Dengan servis berkala, kondisi oli mesin dicek dan diganti sesuai aturan.

    Karena tidak sempat waktu liburan, radiator coolant dapat habis karena tidak pernah dikontrol. Padahal ketika suhu mesin semakin panas, radiator akan berusaha menjaganya supaya tidak overheat. Tentu akan timbul masalah besar andai radiator coolant habis dan pemilik mobil lupa mengisinya kembali.

    2. Sistem Kelistrikan Terganggu

    Alternator menjalankan tugas yang tidak ringan saat liburan Nataru, yakni memastikan suplai arus listrik untuk beberapa komponen mobil yang membutuhkan tenaga listrik berjalan lancar, seperti wiper, lampu, kaca jendela, dan sistem audio.

    Ketika kondisi alternator kurang baik, aki mobil tidak akan mampu bertahan lama. Efek buruknya, mobil susah distarter, mesin tidak menyala, dan akhirnya mogok. Periksa aki saat servis berkala supaya dapat bekerja optimal dan bisa merasa tenang saat kembali beraktivitas.

    3. Performa Mesin Kurang Optimal

    Busi memegang peran penting pada mesin bensin. Jika busi sudah lemah atau mati, performa mesin bakal turun akibat pembakaran tidak stabil. Komponen lain yang berpengaruh besar pada performa mesin adalah semua jenis filter mesin yakni filter udara, filter oli, dan filter bahan bakar.

    Kotoran yang menyumbat sistem injeksi bahan bakar dapat menurunkan kinerja mesin dan membuat konsumsi bensin boros. Bagi pemilik mobil Toyota, bisa melakukan servis berkala di bengkel Auto2000 atau memanggil layanan THS – Auto2000 Home Service, agar bisa mereduksi semua kemungkinan di atas.

    4. Kaki-kaki Mobil Terganggu

    Perjalanan jauh liburan Nataru menyimpan risiko gangguan pada komponen kaki-kaki mobil. Bagian ini bekerja ekstra berat menopang beban penumpang dan barang saat melewati jalan dengan kondisi yang tidak terprediksi. Risiko kerusakan sangat besar, khususnya kalau selama perjalanan kerap menabrak lubang.

    Saat servis berkala, shock absorber berikut komponen pendukungnya diperiksa untuk memastikannya tetap dapat bekerja optimal untuk meredam guncangan di jalan. Sistem kemudi seperti tie rod dan ball joint dipastikan kondisinya tetap prima untuk menjaga kinerjanya.

    Power steering dan komponen lain di kolong mobil ikut mendapatkan perhatian untuk memastikan tidak ada masalah krusial di area yang sulit terpantau ini. Mobil juga perlu mendapatkan layanan spooring dan balancing sehingga sudut keselarasan roda terjaga.

    5. Jangan Lupakan Ban Mobil

    Ban mobil memegang peran sangat penting saat berkendara, khususnya di masa liburan Nataru dan setelah liburan. Untuk itu, pastikan ban tidak ada masalah karena sekarang juga sudah masuk musim hujan. Salah satu masalah besar di musim hujan adalah aquaplaning akibat kondisi telapak ban sudah tidak layak.

    Pastikan alur telapak ban masih tebal dan tidak ada yang sobek, termasuk pada dinding ban jangan sampai ada sobek apalagi sampai benjol.

    Cek tekanan udara ban sesuai rekomendasi pabrik untuk menjaga kinerjanya di jalan. Jangan ragu mengganti ban kalau diyakini kondisinya sudah tidak aman.

    Pastikan Servis Berkala Sebelum Kembali Beraktivitas

    Solusi mencegah kemungkinan masalah di atas adalah dengan servis berkala. Langkah ini memastikan mobil selalu dalam kondisi prima sehingga mengurangi potensi masalah di jalan. Sekaligus mengembalikan performa mobil setelah bekerja keras saat liburan Nataru.

    Selain itu, servis berkala dapat mendeteksi sejak dini kemungkinan kerusakan untuk segera diambil langkah perbaikan. Servis berkala juga memberikan rasa tenang karena mobil sudah diperiksa secara menyeluruh.

    Dan terakhir, memastikan klaim garansi tidak gugur jika terjadi kerusakan karena kondisi mobil dan perbaikan tercatat dengan baik.

    Pemeriksaan Saat Servis Berkala di Auto2000

    Auto2000

    Bagi pemilik mobil Toyota, sebaiknya lakukan pengecekan dan servis berkala di Auto2000. Selain ganti oli mesin, teknisi bengkel Auto2000 akan melakukan pembersihan sistem pembakaran dan pemeriksaan sistem pengapian guna memastikan mesin dapat bekerja dengan baik dan optimal.

    Dilakukan pula pengecekan terhadap komponen mesin sesuai dengan masa pemakaian kendaraan dan analisa gas buang untuk melacak potensi masalah.

    Selanjutnya, penyetelan komponen mesin sesuai dengan standar mobil Toyota, serta pemeliharaan lengkap untuk seluruh bagian utama mobil supaya tetap sehat dan andal.

    Teknisi akan melakukan penggantian komponen mobil yang sudah waktunya diganti sesuai jadwal servis berkala untuk menjaga kondisi mobil.

    “Setelah liburan Nataru, segera kembalikan kondisi mobil supaya dapat menunjang aktivitas harian dengan baik dan tanpa kendala, khususnya terkait komponen safety supaya aman di jalan. Urusan Toyota Lebih Mudah, segera booking servis berkala via Auto2000 Digiroom dan manfaatkan program promo yang kami tawarkan,” tutup Nur Imansyah Tara.

    Dapatkan informasi menarik lainnya di OLXDownload aplikasinya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait