Jumat, Juli 19, 2024
Lainnya
    Informasi5 Tips Staycation Jogja dengan Modal 1 Jutaan

    5 Tips Staycation Jogja dengan Modal 1 Jutaan

    Staycation Jogja ternyata tidak mahal. Dengan modal Rp1 jutaan saja kamu bisa menikmati liburan seru di sana. Begini tipsnya.

    Staycation Jogja tidak selamanya membutuhkan anggaran yang besar. Bahkan, sebenarnya bisa sangat murah. Semua tergantung bagaimana gaya liburan yang kamu inginkan.

    Nah, jika kamu ingin liburan hemat, simak tips staycation Jogja dengan modal uang Rp1 jutaan berikut ini.

    1. Beli Tiket Jauh-jauh Hari

    Staycation Jogja bisa kamu lakukan dengan anggaran yang tidak besar. Kamu bisa menghemat dana dengan menggunakan transportasi umum. Salah satunya adalah kereta. Harga tiket transportasi ini juga cukup murah. Namun, kenyamanannya sudah cukup baik. 

    Sebagai contoh, jika kamu dari Kediri, kamu bisa membeli tiket KAI Kahuripan dengan biaya Rp160 pulang pergi. Agar aman, pesanlah tiket jauh-jauh hari. 

    Jika kamu berasal dari Solo, biayanya lebih murah lagi. Yakni hanya Rp8 ribu untuk tiket KRL. Kamu hanya butuh beli Kartu Multi Trip (KMT) seharga Rp30 ribu dan isi ulang saldo Rp20 ribu.

    2. Buat Itinerary Wisata

    Sebaiknya, susun rencana perjalanan dan daftar destinasi yang ingin kamu kunjungi. Kamu perlu melakukan riset lokasi, penginapan, tiket destinasi wisata dan lainnya. 

    Hal ini akan membuat kamu punya gambaran dan penyusunan alokasi anggaran yang jelas. Sehingga, pengeluaran kamu tidak membengkak. 

    Jika kamu ingin berkeliling dan mengunjungi kawasan kota seperti Tugu atau sekitarnya, kamu bisa menggunakan bus Trans Jogja dengan tarif reguler Rp3.600. Ini akan menghemat ongkos transportasi kamu. 

    3. Sewa Sepeda Motor

    Kamu juga bisa menyewa kendaraan untuk keliling kota. Terutama jika kamu akan berada di Jogja selama beberapa hari. Ini akan menghemat dan memudahkan kamu dalam bergerak. 

    Terdapat layanan sewa dengan kisaran harga Rp50 ribu per hari. Sebenarnya, kawasan seperti Malioboro, Taman Budaya atau Alun-alun Kidul bisa kamu akses dengan bus Trans Jogja. Tapi, jika kamu ingin menjangkau lebih banyak tempat, pilihan sewa kendaraan bisa sangat bermanfaat.

    4. Cari Penginapan Murah

    Tips staycation Jogja berikutnya adalah mencari penginapan lewat aplikasi online. Ada banyak penginapan tersedia di kota ini. Harganya pun beragam. Ada yang puluhan atau ratusan ribu hingga jutaan. 

    Di kawasan seperti Malioboro kamu bisa mendapatkan hotel dengan harga Rp125 ribu per malam. Meski tidak mewah, tapi setidaknya layak dan nyaman untuk kamu jadikan tempat untuk beristirahat.

    5. Memilih Makanan Murah Meriah

    Ada banyak warung makan murah yang tersebar di kota ini. Misalnya Warteg, dengan kisaran harga Rp15 ribu setiap makan. Atau dengan memilih angkringan dengan kisaran harga yang tidak jauh beda. Lagi-lagi kembali ke selera kamu.

    Jika memilih restoran, mungkin kamu bisa menghabiskan uang Rp50 ribu hingga Rp100 ribu setiap makan.

    Nah itulah tips staycation Jogja dengan modal Rp1 jutaan. Kamu bisa mendapatkan layanan sewa sepeda motor di OLX. Segera download aplikasi OLX melalui Google Play Store dan App Store, sekarang!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait