Jumat, Juni 14, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori6 Penyebab Mobil Bergetar, Ini Cara Mengatasinya

    6 Penyebab Mobil Bergetar, Ini Cara Mengatasinya

    Tak hanya masalah mesin yang mengakibatkan mogok, masalah yang kerap kali menimpa pemilik mobil yaitu terasa getar yang membuat tidak nyaman. Mobil bergetar yang dibahas, tentu saja berbeda dengan getaran akibat guncangan di jalanan bergelombang atau karena berlubang.

    Setidaknya, getaran yang terjadi pada mobil bisa karena masalah pada bagian komponen tertentu. Nah, apabila ini terjadi, maka akan sangat terasa tidak nyaman baik dialami pengemudi maupun penumpang ketika bepergian. 

    Perlu diketahui, mobil bergetar pada mobil biasanya memang bukan hanya karena mesin, tetapi bisa pada beberapa komponen lainnya. Berikut ini dilansir Rotary Bintaro, ada beberapa komponen penyebab mobil bergetar yaitu :

    1. Ban 

    Ban jadi komponen penting pada sebuah mobil yang membuat mobil bisa bergerak. Akan tetapi, jika ban mengalami masalah, maka akan menjadi pemicu utama terjadinya getaran saat mengemudi. 

    Kerusakan ban, seperti benjolan di beberapa bagian ban akan membuat perjalanan tidak nyaman terutama saat mobil dibawa ke jalan yang tidak rata.

    Selain ban benjol, ban yang sudah aus juga memicu timbulnya getaran saat menyetir. Karena ban tidak mampu lagi untuk menahan bobot mobil, terutama saat pengereman. Oleh karena itu, segera ganti ban dengan yang  baru agar mengemudi pun tetap aman dan nyaman.

    2. Kampas Kopling 

    Mobil yang kehabisan kampas kopling akan membuat mobil lebih mudah bergetar. Hal ini disebabkan karena permukaan flywheel yang tidak rata kemudian berdampak langsung pada kinerja kopling mobil. 

    Untuk menghilangkan getaran tersebut, bisa mengganti ban mobil atau menghaluskan permukaan flywheel supaya lebih rata.

    Mobil yang sudah kehabisan kampas biasanya ditandai dengan performa mobil yang menurun, tercium bau hangus, mengoper gigi menjadi lebih sulit, dan putaran mesin tiba-tiba menjadi lebih tinggi dari biasanya.

    Baca juga: 6 Jenis Mobil yang Cocok Jadi Mobil Pertama Anda

    3. Shockbreaker

    Shockbreaker berfungsi untuk mengurangi atau meredam getaran saat mobil berjalan. Apabila bagian ini rusak, otomatis mobil akan terus-menerus bergetar. 

    Getaran ini biasanya muncul saat mobil melaju di kecepatan yang tinggi. Apabila getaran muncul pada saat mobil melaju pada kecepatan rendah, itu tandanya shockbreaker mobilmu benar-benar sudah rusak parah.

    Untuk itu, ganti bagian shockbreaker dengan yang baru agar getaran mobil dapat diredam saat mobil melaju, baik pada kecepatan rendah maupun pada kecepatan tinggi.

    Baca juga: Dinamo Starter Mobil Rusak: Ciri-ciri, Penyebab dan Cara Memperbaikinya

    4. Piston

    Kinerja piston otomatis menurun saat piston dalam keadaan rusak. Kerusakan ini ditandai dengan getaran yang muncul saat mobil berjalan. 

    Piston yang mengalami kerusakan akan berdampak langsung pada bagian mesin, sehingga performa mobil akan menurun dengan sendirinya.

    Bagian piston perlu diganti secara berkala. Untuk mobil baru, penggantian piston bisa dilakukan saat sudah menempuh jarak 5000 km. Sedangkan untuk mobil lama, piston bisa diganti apabila jarak tempuhnya sudah mencapai 3000 km.

    5. Busi

    Rata-rata sebuah mobil memiliki empat busi. Apabila salah satu bagian busi mengalami kerusakan, jelas bisa membuat mobil bergetar saat dijalankan. Karena performa dan akselerasi mobil akan otomatis pincang akibat kerusakan busi ini.

    Untuk mengatasinya, ganti busi mobil lama dengan busi baru. Harga satu unit busi sangatlah terjangkau, jadi tidak perlu takut kehabisan uang saat hendak mengganti busi mobil.

    Baca juga: 10 Kebiasaan Pengemudi Jadi Penyebab Mobil Cepat Rusak

    6. Engine Mount

    Engine mount berguna untuk menahan mobil agar tetap berada di posisi yang sama tanpa berpindah sedikitpun. Apabila bagian ini mengalami kerusakan, maka kabin mobil akan terasa bergetar saat berjalan. Kerusakan engine mount ini sendiri biasanya disebabkan karena mobil pernah mengalami kecelakaan hebat.

    Sebagai penutup, memahami berbagai faktor yang menyebabkan getaran pada mobil sangat penting untuk menjaga performa kendaraan dan memastikan pengalaman berkendara yang nyaman.

    Dengan menangani masalah ini secara tepat waktu dan efektif, Anda dapat memperpanjang umur mobil dan meningkatkan performa keseluruhan. Kami sangat merekomendasikan untuk mengunjungi OLX Autos saat mencari mobil berkualitas tinggi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

    Dengan berbagai pilihan kendaraan terbaik yang ditawarkan, OLX Autos menjadi solusi terpercaya dalam mencari mobil impian Anda. Selamat berburu mobil!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait