Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    Mobil6 Jenis Mobil yang Cocok Jadi Mobil Pertama Anda

    6 Jenis Mobil yang Cocok Jadi Mobil Pertama Anda

    Apa jenis mobil yang cocok untuk pemula? Diantara sedan, city car, hatchback, MPV, SUV, sport, kira-kira mana yang tepat untuk Anda? Dapatkan pula informasi mengenai kelebihan dan kekurangannya sebelum mempertimbangkan untuk memilikinya.

    JAKARTA – Memilih mobil untuk kebutuhan harian tentu sangat membingungkan, apalagi ini adalah mobil pertama Anda. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan selain kebutuhan, seperti budget, pajak mobil, ongkos bahan bakar, hingga biaya perawatannya.

    Indonesia merupakan pasar otomotif yang potensial. Ada berbagai macam pabrikan yang bersaing untuk merebut hati para target konsumennya masing-masing. Setiap pabrikan memiliki segmennya tersendiri. 

    Bahkan, satu pabrikan bisa merilis beberapa jenis mobil untuk memenuhi hasrat para konsumennya. Sehingga, Anda bisa dengan leluasa memilih jenis mobil seperti apa yang cocok untuk kendaraan pertama Anda.

    Ingin tahu lebih lengkap jenis mobil apa saja yang dijual di Indonesia? Berikut beberapa jenis-jenisnya. Beberapa di antaranya termasuk mobil yang irit bahan bakar, sehingga Anda bisa mempertimbangkan sesuai dengan budget.

    Sedan

    Mobil sedan honda city
    Honda City (olx.co.id)

    Mobil sedan banyak digunakan di wilayah urban. Mobil dengan kapasitas 4 sampai 5 penumpang ini memiliki ciri tersendiri, yaitu ruang mesin, kabin, dan bagasi yang terpisah. Di Indonesia pamor sedan tidak seheboh mobil jenis MPV atau SUV. Pemainnya paling banyak adalah Toyota Vios dan Honda City.

    Umumnya, sedan memiliki performa yang sangat baik untuk dipacu dengan kecepatan tinggi. Jika Anda mengutamakan kenyamanan dan kecepatan, Anda bisa memilih mobil sedan. Beberapa segmen mobil sedan, yaitu Medium, Luxury, dan Mini. Segmen yang paling banyak terdapat di Indonesia adalah Medium sedan. 

    Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobil jenis sedan:

    Kelebihan

    • Kelebihan mobil sedan memiliki ruang kabin yang luas dan kapasitas bagasi yang memadai.
    • Mobil sedan memiliki kestabilan dan kenyamanan ketika berkendara.
    • Performa mesin sedan yang baik memungkinkan melaju dengan cepat dan menikmati sensasi berkendara yang lincah.
    • Nilai jual mobik sedan yang baik terutama jika Anda membeli mobil baru dan merawatnya dengan maksimal. 

    Kekurangan

    • Mobil sedan umumnya membutuhkan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi dibanding mobil-mobil jenis lainnya.
    • Harga mobi sedan relatif lebih mahal, terutama jika Anda membeli mobil baru dengan spesifikasi yang tinggi. 
    • Mobil sedan tidak cocok untuk menghadapi medan offroad dan jalan-jalan berlubang, karena memprioritaskan kenyamanan berkendara di jalan raya.

    Baca juga: 10 Generasi Honda Civic, Sedan Laris yang Desainnya Makin Keren

    City Car

    City car Toyota Agya
    Toyota Agya (olx.co.id)

    Mobil yang satu ini juga menjadi salah satu mobil favorit kaum urban karena modelnya yang “singset”. Apalagi, city car termasuk jenis mobil dengan biaya perawatan murah dan irit bahan bakar. Kapasitas mesin mobil jenis ini maksimal 1.200 cc. Memang kubikasinya sengaja dibatasi agar lebih irit bahan bakar saat dijadikan tandeman berkendara di kepadatan kota.

    Contoh jenis mobil city car yang cukup banyak peminatnya di Indonesia, seperti Suzuki Ignis dan Honda Brio. Beberapa mobil city car ada juga yang masuk segmen Low Cost Green Car (LCGC) adalah Daihatsu Ayla dan Toyota Agya yang termasuk mobil LCGC paling irit. Harganya juga lebih terjangkau dibandingkan jenis mobil lainnya.

    Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobil jenis city car:

    Kelebihan

    • Mobil city car ukurannya kecil dan ringan membuatnya mudah dikendalikan dan parkir di area yang sempit, 
    • Konsumsi bahan bakar mobil city car yang efisien, terutama pada jarak pendek dan pengendaraan di kota
    • Biaya pemeliharaan mobil city car lebih rendah dibandingkan dengan mobil jenis lain
    • Desain mobil city car menarik dan stylish serta seringkali dilengkapi dengan fitur modern.

    Kekurangan

    • Mobil city car memiliki kapasitas penumpang dan bagasi yang terbatas.
    • Performa berkendara mobil city car kurang baik dibandingkan dengan mobil jenis lain pada jalan bebas hambatan dan medan berat.
    • Mobil city car memiliki kualitas bahan dan fitur yang kurang baik dibandingkan dengan mobil jenis lain.
    • Harga mobil city car lebih mahal dibandingkan dengan mobil jenis lain dengan spesifikasi serupa.

    Baca juga: Suzuki Splash, City Car Mungil dan Unik, Segini Harga Bekasnya

    Hatchback

    Mobil hatchback suzuki baleno
    Suzuki Baleno (olx.co.id)

    Pernah melihat mobil serupa sedan tapi bukan termasuk mobil sedan? Tidak usah bingung, ini adalah jenis mobil hatchback. Mobil ini memang merupakan turunan sedan yang bagian bagasi khususnya ditiadakan, sehingga bagian belakangnya serupa mobil MPV.

    Mobil jenis ini cukup banyak digunakan di perkotaan. Dimensinya yang lebih pendek, membuatnya lebih lincah saat digunakan di wilayah urban. Kesan sporty dan stylish pun begitu melekat pada jenis mobil ini. Oleh karena itu, rerata peminatnya banyak dari kalangan muda. Contoh mobil jenis hatchback yang bisa Anda pilih, yaitu Honda Jazz, Toyota Yaris, hingga Suzuki Baleno. 

    Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobil jenis mobil hatchback:

    Kelebihan

    • Desainnya mobil hatchback modern dan stylish.
    • Kinerja mesin mobil hatchback andal dan efisien bahan bakar.
    • Mobil hatchbac memiliki fitur keselamatan dan kenyamanan yang lengkap.
    • Kapasitas bagasi mobil hatchback baik dan fleksibel.
    • Harga jjual mobil hatchback baik dan stabil. Tentu jika Anda merawatnya dengan baik.

    Kekurangan

    • Mobil hatchback memiliki kapasitas penumpang yang terbatas dan tidak seluas sedan atau SUV.
    • Ruang bagasi yang lebih kecil dibandingkan dengan mobil jenis lain.
    • Performa berkendara yang kurang stabil dibandingkan dengan mobil jenis lain.
    • Kemampuan mengatasi medan yang kurang baik dibandingkan dengan mobil jenis lain.
    • Harga yang lebih mahal dibandingkan dengan mobil jenis lain dengan spesifikasi serupa.

    Baca juga: Pilihan Mobil Hatchback Murah, Harga Tak Sampai Rp100 Jutaan

    Multi Purpose Vehicle (MPV)

    Mobil MPV Daihatsu Xenia
    Daihatsu Xenia (olx.co.id)

    Bisa dibilang, mobil MPV merupakan “primadona” di Indonesia. Hal ini dibuktikan dari angka penjualannya yang terus meningkat dan paling baik dari jenis mobil lainnya. Sesuai dengan namanya, mobil ini memang bisa diperuntukkan bagi berbagai kebutuhan penggunanya. Baik digunakan sebagai kendaraan urban, niaga, atau sekadar kendaraan liburan, jenis mobil ini selalu berhasil memikat hati para penggunanya.

    Mobil dengan kapasitas 7 penumpang ini dibagi lagi menjadi beberapa segmen, di antaranya compact, low, medium, dan luxury. Ciri jenis mobil MPV yang paling kentara adalah bodinya yang cukup bongsor dan berbentuk kotak. Mobil ini seringkali menjadi pilihan mereka yang sudah berkeluarga.

    Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobil jenis MPV.

    Kelebihan:

    • Kapasitas penumpang: Mobil MPV memiliki kapasitas penumpang yang besar, yang memungkinkan Anda membawa banyak orang sekaligus.
    • Ruang kabin luas: Mobil MPV memiliki ruang kabin yang luas dan nyaman, yang cocok untuk perjalanan jauh bersama keluarga atau teman.
    • Kapasitas bagasi: Mobil MPV memiliki bagasi yang besar dan fleksibel, yang memungkinkan Anda membawa banyak barang seperti koper, tas, dan sebagainya.
    • Konfigurasi kursi yang fleksibel: Mobil MPV memiliki konfigurasi kursi yang fleksibel, sehingga Anda dapat menyesuaikan konfigurasi kursi sesuai kebutuhan Anda.
    • Performa mesin: Beberapa mobil MPV memiliki performa mesin yang baik, yang memungkinkan Anda melaju dengan cepat dan menikmati sensasi berkendara yang lincah.

    Kekurangan:

    • Ukuran yang lebih besar: Ukuran mobil MPV yang lebih besar dapat membuat parkir dan manuver di ruang terbatas menjadi sulit.
    • Konsumsi bahan bakar: Karena ukuran dan berat mobil MPV yang lebih besar, konsumsi bahan bakar dapat lebih tinggi dibandingkan dengan jenis mobil lain.
    • Harga yang lebih mahal: Mobil MPV sering lebih mahal dibandingkan dengan jenis mobil lain, terutama jika Anda membeli mobil baru dengan spesifikasi yang tinggi.
    • Performa off-road yang lemah: Mobil MPV biasanya tidak terlalu cocok untuk medan off-road dan menghadapi jalan yang buruk, karena kenyamanan dan kestabilan mereka biasanya dicapai dengan memprioritaskan kenyamanan berkendara di jalan raya.

    Baca juga: Review Mobil Toyota Avanza G, MPV yang Jadi Pilihan Keluarga

    Sport Utility Vehicle (SUV)

    Mobil SUV Pajero Sport
    Pajero Sport (olx.co.id)

    Nah, jenis mobil yang satu ini bisa dibilang sedang hype di pasar otomotif Indonesia. Perlahan penjualannya mulai naik, bahkan nyaris menggoyah posisi MPV. Hal ini disebabkan karena mobil SUV yang sudah mulai melakukan banyak transformasi, sehingga nyaman juga digunakan di wilayah perkotaan untuk kebutuhan harian. Bahkan, sudah banyak mobil SUV paling irit bahan bakar.

    Ciri SUV yang paling mudah ditebak adalah ground clearance-nya yang tinggi dan memiliki tampilan gagah. Jenis mobil ini memiliki perangkat suspensi yang kuat dibandingkan jenis mobil lainnya, sehingga terasa sangat nyaman jika digunakan berkendara, terutama jarak jauh. Salah satu contoh mobil SUV yang cukup diminati di Indonesia adalah Mitsubishi Pajero Sport yang merupakan mobil diesel paling irit.

    Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobil jenis SUV.

    Kelebihan:

    • Kapasitas penumpang: Mobil SUV memiliki kapasitas penumpang yang besar, yang memungkinkan Anda membawa banyak orang sekaligus.
    • Ruang kabin luas: Mobil SUV memiliki ruang kabin yang luas dan nyaman, yang cocok untuk perjalanan jauh bersama keluarga atau teman.
    • Kapasitas bagasi: Mobil SUV memiliki bagasi yang besar dan fleksibel, yang memungkinkan Anda membawa banyak barang seperti koper, tas, dan sebagainya.
    • Performa off-road: Mobil SUV memiliki performa off-road yang baik, yang memungkinkan Anda menghadapi jalanan yang tidak rata dan membawa Anda ke tempat-tempat terpencil.
    • Tinggi tempat duduk: Mobil SUV memiliki tinggi tempat duduk yang lebih tinggi, yang membuat Anda merasa lebih nyaman dan memiliki pandangan jalanan yang lebih baik.

    Kekurangan:

    • Ukuran yang lebih besar: Ukuran mobil SUV yang lebih besar dapat membuat parkir dan manuver di ruang terbatas menjadi sulit.
    • Konsumsi bahan bakar: Karena ukuran dan berat mobil SUV yang lebih besar, konsumsi bahan bakar dapat lebih tinggi dibandingkan dengan jenis mobil lain.
    • Harga yang lebih mahal: Mobil SUV sering lebih mahal dibandingkan dengan jenis mobil lain, terutama jika Anda membeli mobil baru dengan spesifikasi yang tinggi.
    • Handling yang kurang baik: Mobil SUV sering kurang stabil dan sulit dikendalikan pada kecepatan tinggi dan manuver tajam, karena mereka dibuat untuk medan off-road dan tidak secepat mobil deportif.

    Baca juga: Review Mobil Mitsubishi Pajero Sport, SUV Bongsor yang Tampil Makin Tangguh

    Sport

    Mobil sport menawarkan rasa berkendara yang menyenangkan, khususnya bagi Anda yang gemar memacu adrenalin. Performa mesinnya yang buas adalah salah satu ciri khas jenis mobil sport. Karenanya, seringkali Anda baru bisa membedakan jenis mobil sport atau bukan, setelah mengendarainya.

    Tampak luar, jenis mobil ini terlihat sangar dan maskulin. Namun, ketika masuk ke bagian interior, kenyamanan kabin, fitur lengkap, hingga entertainment yang memanjakan akan mudah Anda temui pada mobil sport. Beberapa pilihan mobil sport yang bisa Anda pertimbangkan, di antaranya Honda Civic type R dan Mini JCW GP.

    Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobil jenis Sport,

    Kelebihan:

    • Performa tinggi: Mobil sport memiliki performa yang sangat baik, dengan mesin yang kuat dan suspensi yang responsif, sehingga membuat pengalaman berkendara menjadi lebih menyenangkan.
    • Handling yang baik: Mobil sport memiliki handling yang baik, membuat Anda dapat membuat manuver tajam dengan mudah dan memiliki kendali yang baik pada kecepatan tinggi.
    • Desain yang menawan: Mobil sport memiliki desain yang menawan dan sporty, yang membuat Anda tampak mencolok dan memikat perhatian orang lain.
    • Sensasi berkendara: Mobil sport memiliki sensasi berkendara yang sangat menyenangkan, dengan akselerasi yang kuat dan suara mesin yang memacu adrenalin.

    Kekurangan:

    • Konsumsi bahan bakar yang tinggi: Mobil sport memiliki konsumsi bahan bakar yang tinggi, karena mesin yang kuat dan kinerja tinggi yang membutuhkan banyak bahan bakar.
    • Harga yang mahal: Mobil sport sering lebih mahal dibandingkan dengan jenis mobil lain, terutama jika Anda membeli mobil baru dengan spesifikasi yang tinggi.
    • Ruang kabin yang terbatas: Mobil sport memiliki ruang kabin yang terbatas dan tidak nyaman, karena fokus utama pada performa dan handling.
    • Kapasitas bagasi yang terbatas: Mobil sport sering memiliki bagasi yang kecil dan tidak fleksibel, karena fokus utama pada performa dan handling.
    • Performa off-road yang buruk: Mobil sport kurang cocok untuk medan off-road dan tidak memiliki performa off-road yang baik.

    Untuk mobil pertama, membeli mobil bekas adalah pilihan tepat. Tentu banyak keuntungannya, selain bisa dijadikan pertimbangan untuk mencoba jenis mobil yang cocok, Anda juga bisa menjualnya lagi dengan menguntungkan.

    Baca juga: 16 Mobil Sport Termahal di Dunia Tahun 2023, Harganya Ada yang Capai Rp400 Miliar

    Namun, penting untuk memilih mobil bekas yang kualitasnya terbaik dengan harga paling reasonable. Pasti ada, jika mencarinya di OLX Autos! Tersedia ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih dengan mudah. 

    Seluruh unit mobil yang tersedia sudah melalui inspeksi detail dari petugas kami yang handal dan berpengalaman, sehingga kami jamin seluruh unit mobil dalam kondisi prima dan bergaransi. Memilih kami, kebutuhanmu pasti terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait