Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriPilihan Mobil Hatchback Murah, Harga Tak Sampai Rp100 Jutaan

    Pilihan Mobil Hatchback Murah, Harga Tak Sampai Rp100 Jutaan

    JAKARTA – Mobil hatchback memang menjadi salah satu kendaraan yang cukup banyak diminati oleh anak muda. Sebagai moda transportasi sehari-hari, mobil hatchback ini pun sudah cukup mumpuni untuk memenuhi segala kebutuhan.

    Pasalnya sebagai anak muda zaman sekarang, sebuah mobil hatchback sudah cukup untuk digunakan sendiri dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu kapasitas bagasi dari mobil hatchback pun cukup luas bila dibandingkan dengan mobil sedan.

    Cukup banyak anak muda zaman sekarang pun mengincar mobil hatchback sebagai kendaraannya. Namun untuk harga mobil hatchback baru tentu masih cukup mahal. 

    Padahal kebanyakan dari anak muda ini menggunakan mobil hatchback sebagai sarana untuk ke kampus, hingga sekedar jalan-jalan bersama teman. Maka dari itu cukup banyak yang memilih untuk membeli mobil hatchback bekas.

    Untuk harga mobil hatchback bekas sendiri pun cukup bervariasi. Tergantung dari tahun dirilisnya mobil tersebut. Namun tidak sedikit yang menjatuhkan pilihan pada mobil hatchback pada tahun yang lebih lama.

    Seperti halnya Honda Jazz generasi pertama hingga Toyota Yaris generasi pertama. Sebagai mobil untuk digunakan anak muda, mobil ini pun sudah cukup untuk memenuhi kebutuhannya.

    Apa itu mobil hatchback

    Mobil hatchback adalah penyebutan untuk mobil penumpang berbasis sedan. Namun perbedaannya dengan mobil sedan ialah mobil hatchback ini tidak memiliki ekor. 

    Namun pada mobil hatchback bagian belakang ini tidak dibuat seperti ekor. Melainkan menjadi sebuah bagai yang lebih besar, seperti mobil wagon namun berukuran kecil dengan dua baris kursi.

    Meski cukup banyak konsumen mobil mempertimbangkan untuk membeli hatchback yang berukuran kecil. Namun cukup banyak yang berminat untuk membelinya. Pasalnya mobil hatchback ini sangat cocok untuk perjalanan di perkotaan.

    Apalagi kebutuhan akan kapasitas penumpang yang memang tidak terlalu banyak, mobil hatchback ini kerap menjadi pilihan para anak muda. 

    Daftar mobil hatchback murah

    Dalam membeli sebuah mobil memang cukup banyak pertimbangan. Baik itu soal budget dana, model, hingga tahun pembuatan. Selain itu tidak kalah penting ialah harga purna jualnya.

    Tidak bisa dipungkiri bahwa masyarakat Indonesia masih cukup banyak yang mempertimbangkan masalah purna jual. Karena tidak jarang yang berganti-ganti mobil sesuai dengan kebutuhan.

    Namun jangan khawatir, pasalnya mobil hatchback ini memang banyak diminati dan purna jualnya cukup stabil. Selain itu banyak hatchback bekas yang sampai saat ini masih sangat bagus dan cocok untuk digunakan anak muda.

    Berikut 6 daftar mobil hatchback murah:

    Honda Jazz 

    Mobil Honda Jazz
    Honda Jazz 2016 (olx.co.id)

    Honda Jazz merupakan mobil hatchback yang bisa menjadi pilihan Anda untuk menemani perjalanan sehari-hari. Honda Jazz generasi pertama ini dirilis pada tahun 2004.

    Honda Jazz generasi pertama sudah hadir dalam dua varian mesin, yaitu i-DSI dengan kapasitas mesin 1.500 cc dengan tenaga maksimal sebesar 87 hp dan torsi 128 Nm.

    Sedangkan pada mesin tipe V-TEC memiliki kapasitas 1.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 110 hp dengan torsi sebesar 143 Nm.

    Fitur yang dimiliki oleh mobil ini masih terbilang cukup minim bila dibandingkan dengan mobil hatchback zaman sekarang. Namun saat ini sudah banyak pemilik mobil ini yang melakukan modifikasi.

    Sehingga saat membeli mobil bekas Honda Jazz ini kemungkinan sudah banyak yang diupgrade. Untuk harga mobil ini dibanderol dengan Rp50 hingga Rp70 jutaan.

    Toyota Yaris

    Hatchback Toyota Yaris
    Toyota Yaris (olx.co.id)

    Toyota Yaris generasi pertama bisa menjadi pilihan untuk Anda yang tengah mencari mobil hatchback murah. Sebagai generasi pertama ini merupakan pengganti dari Toyota Starlet.

    Mobil hatchback dari Toyota ini pun kerap disebut sebagai Yaris Bakpao oleh pecinta otomotif karena memiliki bentuk bulat.

    Mobil hatchback ini dibekali dengan mesin 1NZ-FE berkapasitas 1.500 cc yang dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga 107 hp dan torsi sebesar 142 Nm.

    Selain itu ada dua pilihan transmisi, ada yang manual dengan 5-percepatan, serta otomatis dengan 4-percepatan.

    Mobil generasi pertama ini sudah dilengkapi dengan fitur seperti dual SRS airbags, sistem pengereman ABS, EBD, Brake Assist, dan Electric Mirrors.

    Mobil ini di pasar mobil bekas dibanderol dengan harga Rp50 hingga Rp70 jutaan.

    Ford Fiesta

    Sebagai mobil hatchback asal Amerika, Ford Fiesta tahun 2010 ini sempat menarik minat banyak konsumen otomotif Indonesia. Apalagi mobil ini kerap digunakan oleh pembalap rally Ken Block dalam berbagai video gymkhana.

    Hadir dalam dua varian, yaitu Ford Fiesta 1.4 yang dibekali dengan mesin Duratec 1.388 cc 4-silinder DOHC yang memiliki tenaga 112 hp dan torsi maksimal 128 Nm bertransmisi otomatis 4-percepatan sekaligus mode sequential sport shift.

    Lalu varian selanjutnya ialah Ford Fiesta 1.6 yang dibekali mesin Duratec 1.596 cc Ti-VCT DOHC 16 valve bertenaga 120 hp dan torsi sebesar 152 Nm dengan transmisi otomatis 6-percepatan powershift dual clutch. 

    Untuk harga mobil bekasnya, mobil Ford Fiesta tahun 2010 ini dibanderol dengan harga Rp60 hingga Rp70 jutaan.

    Daihatsu Sirion

    Daihatsu pun tidak ketinggalan dengan varian mobil hatchbacknya. Salah satu mobil hatchbacknya ialah Daihatsu Sirion yang dirilis di Indonesia pada tahun 2007. 

    Mobil ini pun sampai saat ini masih banyak ditemui dan cukup banyak diminati mobil bekasnya. Dibekali dengan mesin K3VE 14 dengan kapasitas 1.300cc yang memiliki 4 silinder tentunya juga disematkan teknologi fuel injection untuk mengoptimalkan penggunaan bahan bakar. 

    Daihatsu Sirion dapat melaju dengan tenaga maksimum 90 hp dengan torsi 116 Nm. Mobil juga sudah didukung oleh transmisi manual 5 percepatan dan transmisi 4 percepatan. 

    Untuk Daihatsu Sirion keluaran 2007 bekas ini dibanderol dengan harga variatif, mulai dari Rp45 hingga Rp60 jutaan.

    Datsun Go

    Datsun GO merupakan mobil hatchback yang sudah diperkenalkan sejak tahun 2014. Mobil ini pun sampai saat ini sudah memiliki banyak peminat dan banyak digunakan anak muda.

    Sebagai mobil Low Cost Green Car (LCGC), ia bersaing dengan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Pada dapur pacunya ia dibekali mesin berkapasitas 1.200 cc yang bisa menghasilkan tenaga hingga 67 hp dan torsi maksimal 104 Nm. 

    Hebatnya, Datsun GO sudah dilengkapi dengan transmisi otomatis 5-percepatan dan teknologi CVT. Untuk soal harganya, Datsun GO ini cukup ekonomis untuk harga mobil bekasnya. Yaitu pada kisaran harga Rp40 hingga Rp55 jutaan.

    Hyundai Getz

    Hyundai Getz merupakan mobil asal Korea Selatan yang sampai saat ini masih sangat bagus untuk digunakan. Apalagi digunakan sebagai aktivitas sehari-hari mahasiswa dalam perjalanannya menuju kampus.

    Pertama kali dirilis di Indonesia pada tahun 2003 silam. Banyak yang menganggap jika mobil ini merupakan pesaing KIA Picanto. 

    Hyundai Getz hadir dalam dua varian, yaitu mesin G4EH berkapasitas 1.300 cc 4-silinder DOHC dan mesin G4FA 1.400 cc 4-silinder DOHC.

    Untuk varian mesin G4EH bisa menghasilkan tenaga 82 hp dan torsi sebesar 117 Nm. Sedangkan untuk varian mesin G4FA mampu menghasilkan tenaga maksimum 95 hp dan torsi sebesar 125 Nm. 

    Untuk Hyundai Getz tahun 2003 dibanderol seharga Rp50 jutaan.

    Nah, setelah Anda menyimak ulasan mengenai mobil hatchback murah di atas, pasti sedikit banyak sudah paham mengenai mobil yang akan Anda pilih nanti. Pastikan untuk membeli mobil pada dealer terpercaya seperti OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik dan garansi pada unit yang Anda beli.

    Membeli mobil bekas yang aman digunakan di jalan tentu harus fokus pada Kualitasnya. #PilihYangPasti untung Di OLX Autos. Kamu bisa pilih ribuan unit mobil dengan kualitas terbaik dan sudah melalui inspeksi.. Sehingga bergaransi dan dijamin aman dan nyaman untuk berkendara bersama keluarga tercinta!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait