Rabu, Juli 24, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriReview Mobil Mitsubishi Pajero Sport, SUV Bongsor yang Tampil Makin Tangguh

    Review Mobil Mitsubishi Pajero Sport, SUV Bongsor yang Tampil Makin Tangguh

    Salah satu andalan SUV dari pabrikan Mitsubishi adalah Mitsubishi Pajero Sport. Mobil yang dapat menampung 7 penumpang ini memang menjadi salah satu mobil primadona bagi yang menyukai mobil tangguh untuk melibas segala medan.

    JAKARTA – Mitsubishi Pajero Sport sendiri mulai masuk ke Indonesia sejak tahun 2009 dengan pilihan varian 4×2 dan 4×4 Exceed, GLS dan GLX. Sejak April 2017, Pajero Sport pun sudah dirakit di pabrik Mitsubishi baru di Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat

    Hingga saat ini ada enam varian Mitsubishi Pajero Sport: Dakar Ultimate (4×4) AT, Dakar Ultimate (4×2) AT, Dakkar (4×2) AT, Exceed (4×2) AT, Exceed (MT) 4×2, serta GLX (MT) 4×4. 

    Sejak hadir di Indonesia, Mitsubishi Pajero Sport sudah mengalami beberapa perubahan. Dari versi pertamanya masuk ke Indonesia dengan yang sekarang tentu sudah sangat berbeda. Apalagi yang versi saat ini sudah mengadopsi tampilan Dynamic Shield.

    Di jalanan Indonesia sendiri, mobil Mitsubishi Pajero cukup banyak digunakan pada jalanan perkotaan maupun pedesaan. Tidak jarang mobil ini dibawa ke arena off-road oleh para pemiliknya yang menyukai hobi trabas.

    Baca juga: Harga Pajero Sport Bekas Turun, Ini Spesifikasi dan Tipenya!

    Spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport

    Spesifikasi mobil Mitsubishi Pajero
    Mitsubishi Pajero Sport (olx.co.id)

    Mobil Mitsubishi Pajero Sport dibekali dengan dua pilihan mesin, yaitu untuk varian Dakar menggunakan mesin 2.4L 4N15 MIVEC Turbocharger yang diklaim mampu menyemburkan tenaga sebesar 181 PS dan torsi maksimum 430 Nm.

    Kemudian untuk varian Exceed dan GLX mengadopsi mesin 2.5L 4D56 Common Rail Turbocharged dengan tenaga sebesar diklaim mencapai 136 PS dan torsi 324 Nm.

    Transmisi pada mobil ini pun memiliki perbedaan pada variannya. Transmisi 8-speed automatic (Dakar), 5 speed automatic (Exceed 4×2) dan 5 speed manual (Exceed dan GLX). Ditambah penggerak rodanya pun ada pilihan 4×2 dan 4×4.

    Pada pengujian performa, mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4×4 memperoleh catatan 11,8 detik dan untuk akselerasi dari 0 sampai 100 km/jam dibutuhkan waktu 11,5 detik. Kemudian untuk top speed Pajero Sport, di atas kertas tercatat meraih angka 190 km/jam.

    Konsumsi bahan bakar dari mobil Mitsubishi Pajero Sport ini mencapai 14,8 km/liter untuk di dalam kota.

    Interior Mitsubishi Pajero Sport

    Interior mobil Mitsubishi Pajero
    Mitsubishi Pajero Sport (olx.co.id)

    Masuk ke dalam kabin mobil Mitsubishi Pajero Sport, perasaan yang dirasakan adalah kesan mewah yang ditampilkan oleh interiornya. Kesan elegan dan sporty pada mobil ini begitu kental dengan didominasi warna hitam pada jok, dashboard dan door trim.

    Lapisan kulit pun terdapat pada jok, setir, armrest dan sandaran tangan pada door trim. Pada dashboardnya terlihat bahwa sudah dilengkapi dengan head unit 8 inci dan memiliki fitur Smartphone-Link Display Audio (SDA) yang dapat terintegrasi dengan Apple CarPlay atau Android Auto.

    Di bawah head unit juga ada beberapa slot untuk konektivitas, seperti port HDMI, dua buah port USB untuk menghubungkan dengan gawai, serta sebuah port sumber daya 12 Volt.

    Panel instrumen di balik setir kemudi sudah menggunakan LCD Meter Cluster berukuran 8 inci juga yang dapat menampilkan beragam informasi dengan lebih interaktif. Pada varian tertinggi dari Mitsubishi Pajero Sport sudah dilengkapi dengan sunroof.

    Suasana kabin yang lega membuat mobil ini semakin nyaman. 

    Baca juga: Mitsubishi Outlander Sport, Mengapa Harga Sekennya Masih Tinggi?

    Eksterior Mitsubishi Pajero Sport

    Eksterior mobil Mitsubishi Pajero
    Mitsubishi Pajero Sport (olx.co.id)

    Pada versi terbarunya, Mitsubishi Pajero Sport memang tampil lebih modern dan sporty. Memiliki tampilan Dynamic Shield membuat kesan mewah dari mobil khas Mitsubishi ini semakin terasa. 

    Lampu utama terlihat lebih sipit dari versi sebelumnya. Kemudian di bagian bawah ada berbagai lampu tersusun vertikal di bagian sisi kanan dan kiri bumper, seperti active cornering light, fog lamp, serta sein.

    Pada bagian belakang mobil ini tampil simpel dengan gaya stoplamp memanjang secara vertikal. Di tengahnya pun disematkan logo tiga berlian dengan aksen chrome.

    Mobil ini semakin tampil keren dengan velg alloy dual tone berukuran 18 inci. Dimensi pada mobil ini adalah 4.825 mm, lebar 1.815 mm, tinggi 1.835 mm dan ground clearance 218 mm. 

    Fitur Mitsubishi Pajero Sport

    Fitur mobil Mitsubishi Pajero
    Mitsubishi Pajero Sport (olx.co.id)

    Menilai fitur pada Mitsubishi Pajero Sport ini akan langsung terkesan moderen. Mobil SUV yang menjadi salah satu andalan Mitsubishi ini memiliki sejumlah fitur yang menunjang kenyamanan dalam berkendara.

    Pada mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur Active Cornering Lamp, Sunroof, New Front Combination Lamp, serta Power Tailgate dengan sensor kaki untuk membuka bagasi. 

    Selain itu ada pula fitur auto dimming rear-view mirror, Ada Forward Collision Mitigation (FCM), Ultrasonic Miss-acceleration Mitigation System (UMS), Blind Spot Warning – Lane Change Assist (BSW-LCA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Electric Parking Brake (EPB), Brake Auto Hold(BAH), serta adaptive cruise control (ACC) yang bisa membuat mobil melaju dan mengerem secara otomatis.

    Fitur yang tidak kalah keren ialah  Mitsubishi Remote Control yang terhubung dengan ponsel Anda. Sehingga mobil bisa terbuka saat Anda berada di dekatnya. Karena terhubung dengan ponsel mobil ini pun bisa dilacak menggunakan aplikasi car finder.

    Baca juga: Pajero Sport VS Fortuner, Review Lengkap dan Perbandingannya!

    Tipe Mobil Mitsubishi Pajero Sport

    Tipe yang ditawarkan oleh Mitsubishi Indonesia untuk Pajero Sport ini ada 6 varian tipe pilihan. Dari varian tersebut, terdapat lima pilihan warna yang ditawarkan. 

    Varian dari mobil Mitsubishi Pajero Sport dari tipe terendah hingga tertinggi ini adalah:

    • Mitsubishi Pajero Sport GLX (4×4) MT 
    • Mitsubishi Pajero Sport Exceed (4×2) MT
    • Mitsubishi Pajero Sport Exceed Exceed (4×2) AT 
    • Mitsubishi Pajero Sport Exceed Dakar (4×2) AT
    • Mitsubishi Pajero Sport Exceed Dakar Ultimate (4×2) AT
    • Mitsubishi Pajero Sport Exceed Dakar Ultimate (4×4) AT

    Harga Mitsubishi Pajero Sport 2023

    Harga Baru

    Harga unit baru yang ditawarkan untuk memperoleh Mitsubishi Pajero Sport ini cukup beragam, tergantung dari varian yang dipilih. Karena dalam setiap varian tentu memiliki beberapa perbedaan fitur maupun performa mesin. Berikut harga yang ditawarkan untuk unit baru Mitsubishi Pajero Sport:

    • GLX (4×4) MT Rp562,9 juta
    • Exceed (4×2) MT Rp537,6 juta
    • Exceed (4×2) AT Rp552,8 juta
    • Dakar (4×2) AT Rp 611,2 juta
    • Dakar Ultimate (4×2) AT RP 660,8 juta
    • Dakar Ultimate (4×4) AT Rp 720,5 juta

    Harga Bekas

    Harga mobil bekas yang ditawarkan untuk mobil Mitsubishi Pajero Sport ini cukup beragam. Karena memiliki tiga kali perubahan dalam perjalanannya di pasar otomotif Tanah Air, tentu banyak sekali perbedaan harga yang dimilikinya.

    Baca juga: Arti Mimpi Mengendarai Mobil

    Apalagi dengan varian pilihan tipe dan jumlah roda penggerak akan mempengaruhi harga dari mobil bekas Mitsubishi Pajero Sport ini.  Untuk kisaran harga dari Mitsubishi Pajero Sport dengan patokan tahun adalah sebagai berikut:

    • Mitsubishi Pajero Sport 2010 Rp200 jutaan
    • Mitsubishi Pajero Sport 2011 Rp220 jutaan
    • Mitsubishi Pajero Sport 2012 Rp250 jutaan
    • Mitsubishi Pajero Sport 2013 Rp280 jutaan
    • Mitsubishi Pajero Sport 2014 Rp300 jutaan
    • Mitsubishi Pajero Sport 2015 Rp320 jutaan
    • Mitsubishi Pajero Sport 2016 Rp340 jutaan
    • Mitsubishi Pajero Sport 2017 Rp360 jutaan
    • Mitsubishi Pajero Sport 2018 Rp400 jutaan
    • Mitsubishi Pajero Sport 2019 Rp480 jutaan
    • Mitsubishi Pajero Sport 2020 Rp500 jutaan
    • Mitsubishi Pajero Sport 2021 Rp520 jutaan

    Nah setelah Anda menyimak beberapa review mengenai mobil Mitsubishi Pajero Sport tentu sudah memiliki gambaran akan kehebatan mobil buatan pabrikan otomotif dengan lambang tiga berlian tersebut. 

    Baca juga: Merk Ban Mobil Terbaik Serta Harganya

    Jangan lupa untuk jual beli mobil bekas dari mitra terpercaya seperti OLX yang memberikan penawaran terbaik dan garansi kepada unit kendaraan yang Anda beli.

    Beli mobil bekas yang aman digunakan di jalan tentu harus fokus pada kualitasnya. Kamu bisa pilih ribuan unit mobil bekas dengan kualitas terbaik dan sudah melalui inspeksi. Sehingga bergaransi dan dijamin aman dan nyaman untuk berkendara bersama keluarga tercinta!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait