Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    MobilReviewPajero Sport VS Fortuner, Review Lengkap dan Perbandingannya!

    Pajero Sport VS Fortuner, Review Lengkap dan Perbandingannya!

    Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner memang selalu dibanding-bandingkan. Kedua SUV tersebut memang menjadi mobil terlaris dan sangat banyak diminati. Dengan bodinya yang besar, mobil ini mendatangkan kesan gagah dan berwibawa bagi pengemudinya.

    Namun baik dari Pajero Sport maupun Fortuner, ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pada akhirnya, pilihan antara keduanya akan bergantung pada kebutuhan dan preferensi spesifik Anda.

    Apakah OLXers berminat untuk memboyong salah satu dari kedua SUV ini, tapi masi bingung memutuskan yang tepat? Berikut bahasan lengkap perbandingan Pajero Sport dan Fortuner dari News OLX!

    Keunggulan Mitsubishi Pajero Sport VS Toyota Fortuner

    Pajero Sport adalah SUV andalan dari Mitsubishi dan telah memiliki sejarah panjang. Mobil ini terkenal dengan kemampuan off-road dan performa tangguh. Selain itu, Pajero Sport juga memiliki interior yang mengakomodir kenyamanan penumpangnya.

    Sementara itu, Fortuner adalah SUV berukuran lebih besar dan lebih fokus akan kenyamanan dan ruang interior yang lebih lega. Aspek kenyamanan ini juga dari sisi handling dan pengendaraan yang lebih halus. Kelebihan lain dari Fortuner, sebagai mobil Toyota tentunya SUV satu ini memiliki nilai jual kembali yang tetap tinggi.

    Baik Pajero Sport maupun Fortuner menawarkan berbagai fitur dan pilihan mesin. Pilihan ini tersedia agar OLXers bisa mempertimbangkan mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda dalam hal performa, efisiensi bahan bakar, dan nilai mobil secara keseluruhan.

    Nah, OLXer yang sedang bingung pilih Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport, berikut ini kita akan mengupas soal masing-masing keunggulannya.

    Performa Mesin

    Toyota Fortuner

    Untuk jantung pacunya, Toyota Fortuner masih sama mengusung mesin bensin 2TR-FE 4 Silinder segaris, berkapasitas 2,694cc yang menghasilkan daya 160 Tk pada 3.400 Nm dan torsi 24,7 kgm pada 4.000 rpm.

    Serta mesin diesel 2GD-FTV berkapasitas 2.393 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 147 Tk dan torsi 40.8 kgm serta sudah memperoleh sentuhan berupa penggunaan sistem pendingin air  di rumah kompresor turbo untuk menurunkan suhu udara yang akan ditekan ke dalam ruang bakar sehingga tekanan udara meningkat.

    Langkah meningkatkan efisiensi mesin berikutnya adalah adopsi electronically controlled common-rail injection system dengan tekanan hingga 250 MPa yang membuatnya semakin irit bahan bakar.

    Mitsubishi Pajero Sport

    Untuk jantung pacu, New Pajero Sport kini sudah dibekali mesin diesel 4N15 berkapasitas 2.4 Liter VGT-Intercooler, yang menghasilkan daya 178,5 Tk pada 3.500 rpm, torsi 43,8 Kgm pada 2.500 rpm.

    Tenaga yang dihasilkan dari mesin ini ditunjang transmisi otomatis 8 kecepatan, dan didukung dengan sport sequential, Ground Clearance 218 mm, dan radius putar minimum 5,6 meter.

    Baca juga: Review Mobil Mitsubishi Pajero Sport, SUV Bongsor yang Tampil Makin Tangguh

    Konsumsi Bahan Bakar

    Toyota Fortuner

    Seboros apa Toyota Fortuner dari sisi penggunaan bahan bakar? Tentunya,eisiensi bahan bakar Toyota Fortuner akan bergantung pada beberapa faktor, diantaranya seperti pilihan mesin yang berbeda di setiap tipe. Selain itu, ada juga faktor dari kebiasaan berkendara pengguna.

    Fortuner tersedia dengan berbagai pilihan mesin, termasuk mesin bensin dan diesel. Berdasarkan data dari EPA, Fortuner 2021 dengan mesin bensin 3.5L V6 punya catatan efisiensi bahan bakar 11 km per liter.

    Sementara itu, untuk mesin solar atau diesel bertipe 2.4L, catatan efisiensi bahan bakarnya ada di angka 14 km per liter bahan bakar.

    Mitsubishi Pajero Sport

    Seperti halnya Toyota Fortuner, efisiensi bahan bakar Mitsubishi Pajero Sport juga akan bergantung pada tipe mesin yang dipilih dan kebiasaan berkendara dari OLXers.

    Pajero Sport tersedia dengan berbagai pilihan mesin, termasuk mesin bensin dan diesel. Berikut catatan seberapa boros penggunaan bahan bakar Mitsubishi Pajero Sport:

    Pajero Sport dengan tipe mesin bensin berkapasitas 3.0L memiliki penggunaan bahan bakarnya ada di angka 11,7 km per liter. Sementara itu untuk Pajero Sport Diesel bertipe 2.4L, memiliki catatan diangka 14,5 km per liter bahan bakar. Catatan ini tentu saja berbeda-beda sesuai dengan kapasitas mesin dan juga penggunaan dalam maupun luar kota.

    Baca juga: Toyota Fortuner GR Sport Hadir Lebih Garang, Intip Spesifikasi dan Harganya

    Fitur Eksterior

    Toyota Fortuner

    Eksterior Toyota Fortuner

    Toyota Fortuner  pada bagian eksterior memiliki grill dan garnish pada lampu LED yang dibuat lebih besar dengan desain baru. Selain itu, Toyota Fortuner juga sudah dilengkapi New Front Bumper Design, New Radiator Grille Design, New LED Head Lamp Design, New LED Fog Lamp Design, serta penambahan ornamen chrome pada bumper, grille, dan fog lamp.

    Untuk Toyota Fortuner versi TRD Sportivo juga turut mengalami ubahan. Hanya saja yang menjadi pembeda yaitu berupa garnish chrome berclair dark.

    Pada bagian samping, Toyota Fortuner TRD Sportivo sudah dipasang velg alloy 18 inchi baru, sehingga terkesan tangguh dan mewah. Outer mirror seluruh model memakai kelir sewarna bodi sedangkan TRD Sportivo memakai kelir hitam. Warna hitam juga dipakai pada step dan step cover TRD Sportivo dan G, sementara tipe lainnya mengaplikasikan warna silver.

    Pada bagian belakang, Toyota Fortuner memiliki New LED Rear Lamp Combination memberikan siluet tampilan di malam hari yang advance dan classy. Bumper belakang tipe TRD Sportivo memperoleh tambahan spoiler, termasuk backdoor garnish seluruh model disematkan warna chrome dan black chrome untuk TRD Sportivo.

    Mitsubishi Pajero Sport

    Eksterior Mitsubishi Pajero Sport.

    Pada bagian eksterior, Mitsubishi Pajero Sport facelift hadir dengan penyegaran desain pada sisi eksterior yang mempertahankan bahasa desain “Dynamic Shield” khas Mitsubishi Motors.

    Pembaruan mobil ini sangat terlihat dengan adanya New Dynamic Shield Grille design, Power Tailgate dan remote control, Active Cornering Lamp, Sunroof, New Front Combination Lamp.

    Selain itu, pada bagian samping mobil penyegaran terlihat pada New Better Hood Visibility, New Alloy Wheels 18-Inch Two Tone, New Fin-type Antenna dan New Design of Rear Combination Lamp.

    Baca juga: Garang dan Sangar, Ini Spesifikasi Lengkap Toyota Fortuner

    Fitur Interior 

    Toyota Fortuner 

    Interior Toyota Fortuner.

    Toyota Fortuner tak kalah tangguh dan mewah pada bagian kabin. Hal ini terlihat pada bahan kulit berkelir hitam untuk jok, kecuali tipe G yang masih memakai bahan fabric warna dark grey.

    Sentuhan premium dan presisi terdeteksi pada New 4.2 Inch Meter Cluster Design, dilengkapi beberapa improvement seperti New TFT Opening Animation, Power Back Door Switch Status Display, Clearance Sonar Detection Status Display, Tire Turning Angle Display, dan SPORT/ECO Mode Display.

    Mitsubishi Pajero Sport

    Interior Mitsubishi Pajero Sport

    Ubahan Pajero Sport facelift terjadi juga terkesan lebih mewah dan nyaman. Nah, ubahan paling mencolok terjadi pada New Head Unit 8 inci dengan Smartphone-Link Display Audio (SDA), New LCD Meter Cluster 8 inci , Multi Around View Monitor, New Design Dual Zone Climate Control AC, New Auto Dimming Rear-view Mirror, New Hand Free Steering Switch, New Floor Console, dan New AC Power Outlet.

    Baca juga: Larisnya Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, Ini Keunggulannya

    Fitur Lengkap

    Toyota Fortuner

    Toyota Fortuner dilengkapi terupdate dan canggih, diantaranya fitur wireless charger yang memberikan kemudahan isi ulang baterai smartphone tanpa kabel. Fitur ini diklaim mampu memanjakan penumpang dan menjadi yang pertama di segmen High SUV.

    Fitur lain pada Toyota Fortuner antara lain yaitu Head unit with 9 Inch Screen Display yang dapat terkonektivitas Miracast dan SDL, voice command, Surround Monitor, sedangkan untuk varian VRZ, SRZ dan TRD Sportivo memiliki tambahan fitur NFC dan Smartphone Connection.

    Selain itu, ada juga Front Seat Power Adjuster untuk mengubah posisi duduk bangku depan secara otomatis, Rear Seat Entertainment with Illumination, dan Electro Chromic Mirror sebagai fitur anti silau mengemudi di malam hari. Selain itu ada juga spion anti silau untuk semua model.

    Toyota Fortuner juga memiliki fitur Kick Sensor dan Power Back Door yang dapat membuka pintu bagasi secara otomatis yang sebelumnya ada di tipe TRD Sportivo, sekarang sudah dimanfaatkan juga oleh tipe VRZ dan SRZ.

    Baca juga: 10 Alasan Kenapa Harus Membeli Mobil SUV

    Fitur lain yang ada pada Toyota Fortuner antara lain Surround Monitor tidak hanya dapat membantu ketika parkir saja, tapi juga sebagai Blind Spot Detection (BSD) untuk mendeteksi objek di area blind spot kendaraan, Lane Departure Warning (LDW) untuk mendeteksi jalur yang dilalui, Moving Object Detection (MOD) untuk mendeteksi objek bergerak di sekitar mobil, dan Headway Monitoring Warning (HMW) untuk memantau jika ada mobil lain masuk ke dalam area safety New Fortuner.

    Seluruh fitur tersebut akan memberikan peringatan dini pada pengemudi ketika mobil tidak dalam posisi aman saat menggunakan Surround Monitor.

    Toyota Fortuner sudah menyematkan safety feature pada  model 4×2 maupun 4×4 yang sangat mumpuni di medan off-road. Aplikasi Variable Fluid Control (VFC) pada power steering tipe TRD Sportivo, VRZ, dan G sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam pengendalian di berbagai tingkat kecepatan, termasuk saat manuver di medan berat.

    Selain itu ada juga fitur Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC), Traction Control (TRC) terdapat di semua model. Tipe VRZ 4×4 memperoleh tambahan fitur Limited Slip Differential, sedangkan 7 Airbags terdapat di tipe VRZ 4×4 dan G 4×4.

    Mitsubishi Pajero Sport

    Mitsubishi Pajero Sport facelift tetap mengedepankan berbagai teknologi, termasuk penggunaan fitur keselamatan mulai dari Forward Collision Mitigation (FCM), Ultrasonic Miss-acceleration Mitigation System (UMS), Blind Spot Warning – Lane Change Assist (BSW-LCA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Electric Parking Brake (EPB), Brake Auto Hold (BAH)2.

    Tidak hanya itu fitur keamanan seperti 7 SRS Airbags, Active Stability & Traction Control (ASTC), Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution, Brake Assist, telah disematkan juga didukung oleh teknologi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) body, dan Rigid Lightweight body.

    Untuk memberikan performa lebih maksimal, Mitsubishi Pajero Sport facelift sudah dilengkapi Adaptive Cruise Control, terbaik dikelasnya. Remote Control Connected with smartphone, Super Select 4WD-II, mode off-road, dan Paddle Shifters.

    Harga 

    Harga baru dari kedua mobil ini bisa dikatakan tidak terpaut terlalu jauh. Hal ini karena kedua SUV ini sering dibanding-bandingkan dan menjadi kompetitor di pasar otomotif sejak lama.

    Berikut ini harga Pajero Sport baru dan juga Harga Toyota Fortuner baru berdasarkan website resmi Mitsubishi dan Toyota:

    Toyota Fortuner Transmisi / BBM Harga
    4×2 2.4 G Manual / Diesel Rp 548.600.000
    4×2 2.4 G Otomatis / Diesel  Rp 566.300.000
    4×2 2.7 Otomatis / Bensin Rp 588.650.000
    4×2 2.8 GR Sport Otomatis / Bensin Rp 624.950.000
    4×2 2.8 VRZ  Otomatis / Diesel  Rp 606.200.000
    4×4 2.8 GR Sport  Otomatis / Bensin Rp 715.350.000
    4×4 2.8 GR Sport Two Tone Otomatis / Bensin Rp 720.350.000
    4×4 2.8 GR Sport LUX Otomatis / Bensin Rp 719.143.000

     

    Mitsubishi Pajero Sport Transmisi Harga
    Exceed (4×2) Manual Rp 545.600.000
    GLX (4×4) Manual Rp 570.900.000
    Exceed (4×2) Otomatis Rp 560.800.000
    Dakar  (4×2) Otomatis Rp 619.200.000
    Dakar Ultimate (4×2) Otomatis Rp 668.800.000
    Dakar Ultimate (4×4) Otomatis Rp 728.500.000

    *Harga OTR DKI Jakarta

    Nah, perlu diketahui bahwa baik atau tidak antara Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport pada dasarnya tergantung pada perspektif pilihan OLXer. Jadi Anda dapat mempertimbangkannya sendiri dengan menyesuaikan kebutuhan dan budget.

    Selain itu, bila OLXers memilih opsi untuk memboyong mobil ini, OLX Autos juga memiliki banyak unit Toyota Fortuner maupun Pajero Sport dengan kualitas terbaik dan harganya yang juga bersahabat. Cek mobil Pajero Sport bekas disini, dan juga Toyota Fortuner bekas disini. 

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait