Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori10 Generasi Honda Civic, Sedan Laris yang Desainnya Makin Keren

    10 Generasi Honda Civic, Sedan Laris yang Desainnya Makin Keren

    Honda Civic diproduksi oleh Honda Motor Company dan dirilis pada Juli 1972 dengan model coupe 2 pintu. Jauh berbeda dengan Honda Civic yang sekarang karena sudah mencapai generasi ke-11.

    JAKARTA – Mendengar nama Honda Civic, pecinta otomotif langsung terbayang mobil sedan keren yang tampilannya sporty. Apalagi mobil ini menjadi salah satu sedan yang banyak dimodifikasi dengan berbagai perubahan. Modifikasi itu pada bodi, velg, hingga mengubah total dapur pacu agar menjadi mobil balap di jalanan.

    Di awal perkembangan, Honda Civic memiliki model hatchback 3 pintu yang rilis pada September 1972. Honda Civic ini penempatan mesinnya dibuat melintang sehingga menyediakan ruang interior yang luas meski mobil generasi pertamanya kecil.

    Waktu itu Honda masih menjadi produsen otomotif baru dengan mengawali karier pada tahun 1963. Namun dalam waktu singkat, Honda berhasil mengembangkan dan merilis mobil ikonik yang masih bertahan sampai sekarang dengan berbagai perubahan yang signifikan.

    Bagi beberapa penggemar otomotif, Honda Civic sendiri menjadi salah satu kendaraan yang banyak dikoleksi. Tidak sedikit club-club mobil Honda Civic di Indonesia yang terbentuk dari kesukaannya dengan mobil tersebut dari berbagai tahun.

    Nah, orang yang menyukai Honda Civic bisa mencari tahu dulu generasi ke berapa yang diinginkan. Hingga saat ini pasaran mobil bekasnya masih cukup beragam karena memiliki harga cukup stabil untuk tiap tipenya.

    Untuk lebih mengenal Honda Civic, berikut penjelasan mengenai 10 generasi Honda Civic sebagai berikut:

    Generasi Pertama Honda Civic 1972-1979

    Generasi awal Honda Civic, dirilis pada tahun 1972 hingga tahun 1979. Pada generasi pertama ini Honda Civic memiliki bentuk yang mungil bila dibandingkan dengan Honda Civic generasi selanjutnya. Pada waktu itu Honda Civic kerap disebut sebagai Civic Koper. 

    Memiliki mesin 1.2L, 4 silinder segaris dengan pendingin air dan dilengkapi dengan rem cakram pada pengereman depannya, mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. 

    Pasalnya pada waktu itu terjadi sebab krisis minyak mentah yang menjadikan mobil ini semakin disukai berbagai kalangan karena konsumsinya irit bahan bakar.

    Pada tahun 1975, mesin versi CVCC pun diluncurkan dengan kapasitas yang lebih besar yaitu 1.5L 53hp. Menjadi mesin yang lebih efisien tanpa memerlukan catalic converter dan bahan bakar bebas timbal membuat mesin ini lebih rendah emisi gas buangnya.

    Untuk kisaran dari harga mobil bekas Honda Civic generasi pertama ini adalah Rp10 juta hingga Rp20 jutaan. 

    Generasi Kedua Honda Civic 1980-1983

    Diperkenalkan pada tahun 1980, Honda Civic generasi kedua ini memiliki tampilan yang jauh lebih modern dari generasi pertama. Selain itu dari segi bentuk ia pun lebih besar dan masih mempertahankan aksen bulat. 

    Pada bagian lampu depan dan belakangnya pun sudah menggunakan model plastik. Pada waktu itu model Honda Civic ini dikenal dengan nama Civic Excellent.

    Sudah menggunakan mesin CVCC, mobil ini ditawarkan dengan tiga macam transmisi yaitu transmisi manual 4 kecepatan dan 5 kecepatan, serta 1 transmisi semi otomatis. Honda Civic generasi ini menggunakan mesin 1335 cc bertenaga 55 hp (41 kW) dan mesin 1500 cc bertenaga 67 hp (50 kW). 

    Untuk kisaran dari harga mobil bekas Honda Civic generasi kedua ini adalah Rp15 juta hingga Rp30 jutaan. 

    Generasi Ketiga Honda Civic 1984–1987

    Honda Civic generasi ketiga sudah tampil berbeda dari sebelumnya. Didesain dengan bentuk yang lebih kotak dibandingkan pendahulunya, mobil ini dirilis dari tahun 1984 hingga 1987 lalu. 

    Pada waktu itu mobil ini pun dikenal dengan sebutan Civic Wonder dengan mesin 1.500 cc. 4 silinder dari mesin D Series.

    Honda pun merilis varian Si yang merupakan tipe tertinggi untuk Honda Civic generasi ketiga di pasar Jepang. Mobil tipe ini menggunakan mesin yang lebih bertenaga yaitu 1.6L DOHC, bahkan ada pula versi 4WD yang bisa diaktifkan dengan tombol.

    Untuk kisaran dari harga mobil bekas Honda Civic generasi ketiga ini adalah Rp20 juta hingga Rp38 jutaan. 

    Generasi Keempat Honda Civic 1988-1991

    Pada generasi keempat, Honda Civic didesain ulang dengan beberapa peningkatan seperti dimensi yang lebih rendah dan tampilannya yang lebih modern. Dirilis pada tahun 1988 hingga tahun 1991 mobil ini menarik banyak minat pecinta otomotif. Pada waktu itu Honda Civic ini memiliki nama yang populer yaitu Grand Civic dan Civic Nouva.

    Honda Civic ini  menggunakan mesin baru B16A dengan DOHC dan VTEC. Mesin ini berkapasitas 1.600 cc, 4 silinder yang cukup irit. Selain itu untuk model di Afrika Selatan, Honda memiliki kerja sama dengan Mercedes-Benz dengan membuat model Honda Ballade.

    Untuk kisaran dari harga mobil bekas Honda Civic generasi keempat ini adalah Rp20 juta hingga Rp60 jutaan. 

    Generasi Kelima Honda Civic 1991–1995

    Memiliki tampilan yang jauh dari kesan kotak, Honda Civic generasi kelima ini tampil lebih segar dengan gaya aerodinamis yang lebih menonjol. Dirilis pada tahun 1991 hingga 1995 mobil yang ini lebih dikenal dengan sebutan Honda Genio dan Estilo.

    Kedua tipe mobil  ini masih populer hingga sekarang dengan masih banyaknya club mobil yang menggunakannya. Untuk kisaran dari harga mobil bekas Honda Civic generasi kelima ini adalah Rp40 juta hingga Rp80 jutaan. 

    Generasi Keenam Honda Civic 1996–2000

    Memiliki nama Honda Civic Ferio sebagai Honda Civic generasi keenam, mobil ini diproduksi pada tahun 1996 hingga tahun 2000. Menjadi mobil dengan tipe sedan, mobil ini menjadi salah satu yang banyak disukai modifikator. 

    Mobil ini masih banyak ditemui di jalanan dengan bentuk dan modifikasi yang dilakukan oleh pemiliknya untuk memberi kesan keren. Untuk kisaran dari harga mobil bekas Honda Civic generasi keenam ini adalah Rp50 juta hingga Rp100 jutaan. 

    Generasi Ketujuh Honda Civic 2001–2005

    Honda Civic pada generasi ini dirilis pada tahun 2001 hingga tahun 2005 dengan penampilan yang semakin keren. Honda Civic memiliki model terbaru dengan kode bodi EM, ES, EP dan EV. 

    Namun pada waktu itu model ini kurang diminati walau sudah mendapat banyak sekali perubahan. Serta pada bagian suspensinya sudah menggunakan suspensi Macpherson Strut di bagian depan. Mesin yang digunakan memakai K Series yang cukup bertenaga.

    Untuk kisaran dari harga mobil bekas Honda Civic generasi ketujuh ini adalah Rp60 juta hingga Rp120 jutaan. 

    Generasi Kedelapan Honda Civic 2006–2011

    Honda Civic generasi kedelapan menjadi salah satu model yang cukup sukses menarik minat pecinta otomotif. Memiliki desain yang sporty mobil ini memiliki bodi dengan kode FD yang sangat populer hingga sekarang.

    Ditawarkan dengan mesin berkapasitas 1.800 cc dan 2.000 cc, mobil Civic FD menjadi salah satu mobil bekas yang cukup stabil harganya karena masih banyak peminat. Untuk kisaran dari harga mobil bekas Honda Civic generasi kedelapan ini adalah Rp130 juta hingga Rp180 jutaan. 

    Generasi Kesembilan Honda Civic 2011–2016

    Diperkenalkan pada tahun 2011, mobil ini punya penampilan yang lebih fresh dan sporty dari pendahulunya. Memiliki bodi dengan kesan aerodinamis dan dibekali berbagai fitur, mobil dengan kode bodi FB ini menggunakan rem ABS, electronic brake distribution dan Vehicle Stability Assist. 

    Untuk kisaran dari harga mobil bekas Honda Civic generasi kesembilan ini adalah Rp170 juta hingga Rp250 jutaan. 

    Generasi Kesepuluh Honda Civic 2015–2021

    Memiliki kode bodi FC dan FK, model ini menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc dengan 4 silinder turbo. Punya penampilan yang sporty, mobil ini memiliki kesan anak muda banget. 

    Model generasi ke-10 ini cukup banyak diminati serta memiliki dimensi yang lebih panjang. Selain itu wheelbase-nya memanjang 1,2 inci serta bodinya melebar hampir 2 inci. Ruang kabinnya pun cukup lega, nyaman sekali untuk digunakan. 

    Untuk kisaran dari harga mobil bekas Honda Civic generasi pertama ini adalah Rp380 juta hingga Rp430 jutaan. 

    Nah setelah mengetahui generasi Honda Civic dari yang pertama hingga kesepuluh tentu Anda sudah sedikit banyak memahaminya. Menjadi salah satu mobil ikonik dari pabrikan Honda, mobil ini memiliki harga jual yang cukup stabil dan diminati banyak orang dari berbagai tipe yang ada. 

    Jangan lupa untuk memilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait