Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & TrikDinamo Starter Mobil Rusak: Ciri-ciri, Penyebab dan Cara Memperbaikinya

    Dinamo Starter Mobil Rusak: Ciri-ciri, Penyebab dan Cara Memperbaikinya

    JAKARTA – Dinamo starter pada mobil memiliki peranan yang sangat penting untuk menyalakan mesin mobil Anda untuk pertama kali. Dinamo starter ini memudahkan Anda dalam menyalakan mesin mobil hanya dengan memutar tuas kunci maupun menekan tombol Engine Start/Stop.

    Namun bila kondisi dari dinamo starter ini sudah tidak layak hingga memiliki kerusakan, tentu tidak akan mudah dalam menyalakan mesin mobil Anda. Bahkan tidak jarang dinamo starter ini tidak bergerak sebagaimana mestinya karena beberapa komponen di dalamnya sudah usang.

    Maka dari itu untuk menjaga kondisi mobil tetap dalam keadaan prima adalah dengan melakukan perawatan rutin secara mandiri maupun melakukan servis berkala. Selain itu Anda dapat mencari pengetahuan mengenai komponen pada mobil kesayangan Anda untuk semakin memahaminya saat terjadi kendala.

    Nah, untuk mengetahui ciri-ciri dari dinamo starter mobil rusak ini cukup mudah. Salah satu ciri-ciri yang paling mudah ialah saat menyalakan mobil terdengar suara dinamo yang tidak seperti biasanya. 

    Baca juga: Mengenal Dinamo Starter Mobil, Begini Fungsi dan Cara Kerjanya

    Untuk lebih jelas, mari simak sejenak mengenai penjelasan ciri-ciri dinamo starter mobil rusak, penyebab dan cara memperbaikinya.

    Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak

    Salah satu kerugian dari dinamo starter yang rusak adalah menghambat mobilitas Anda saat hendak menggunakan mobil. Karena mesin mobil sendiri tidak akan praktis saat dinyalakan karena komponen vital ini mengalami kerusakan.

    Untuk mengetahui ciri-ciri dari kerusakan dinamo starter mobil sendiri cukup mudah. Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa salah satu ciri paling mudah diketahui adalah bunyinya yang tidak biasa.

    • Suara dinamo starter mobil keras dan mendesing

    Suara keras yang dihasilkan oleh dinamo starter mobil ini dikarenakan hubungan gear pinion dengan gigi pada flywheel mesin. Ketika dua gigi yang saling bertemu ini sudah aus tentu akan muncul bunyi keras gemeretak.

    Suara keras ini menjadi salah satu tanda kerusakan yang sudah semakin parah. Untuk bunyi mendesing sendiri disebabkan  bearing one way yang ada di bagian pinion gear mengalami kerusakan.

    Karena kerusakan ini akan berdampak pada proses armature yang memberikan sebuah putaran pada pinion gear dan malah berputar dengan sendirinya tau loss. Kondisi ini akan membuat suara menjadi sangat mendesing, namun tak ada tanda-tanda bahwa mesin akan ikut berputar.

    • Mesin tidak bereaksi saat di starter

    Ketika mobil dinyalakan namun tidak ada reaksi dari dinamo starter, bisa jadi itu sebuah pertanda bahwa terjadi kerusakan pada dinamo starter mobil. Dinamo starter mobil ini mengalami kerusakan dan tidak bisa menggerak flywheel untuk menyalakan mobil.

    Kejadian seperti ini kemungkinan terbesar karena terjadi kerusakan atau putusnya sekring pada dinamo. Sekring yang terputus biasanya akan menandakan bahwa jalur kelistrikannya akan mengalami korsleting atau hangus terbakar.

    • Mesin tidak bisa dinyalakan dalam kondisi panas

    Baru saja mengendarai mobil dan mematikan mesinnya, namun saat dihidupkan kembali, mesin mobil tidak mau menyala. Salah satu penyebabnya bisa dikarenakan dinamo starter yang bermasalah.

    Mesin mobil masih dalam keadaan panas namun sulit untuk dinyalakan. Sebaliknya, dalam keadaan mesin mobil yang dingin atau sebelumnya tidak dipakai malah mudah untuk menyalakannya.

    Hal ini bisa terjadi karena adanya resistansi kumparan yang jumlahnya semakin besar. Ketika panas mesin mengenai bagian body solenoid, maka nilai tahanan yang berada di dalam kumparan akan semakin membesar. 

    Hal ini akan berdampak pada arus listrik yang tertahan dan tidak akan bisa mengalir dengan sempurna ke bagian kumparan. Pada saat arus listrik tertahan atau tersendat, maka otomatis mesin akan menjadi lebih sulit untuk dihidupkan.

    Baca juga: 4 Ciri Relay Starter Mobil Rusak Beserta Penyebabnya

    Penyebab Dinamo Starter Mobil Rusak

    Penyebab dari dinamo starter mobil yang rusak, bisa terjadi karena beberapa faktor. Baik itu faktor komponennya yang sudah aus, maupun komponen lain yang terhubung dengan dinamo starter ini bermasalah.

    • Aki mobil bermasalah

    Aki mobil yang bermasalah tentu akan berdampak pada kinerja dari dinamo starter mobil. Aki mobil merupakan bagian yang paling penting yang menunjang kelistrikan pada suatu mobil.

    • Carbon brush pada dinamo starter sudah habis

    Carbon brush turut berperan penting dalam kinerja starter mobil. Saat komponen ini sudah habis, putaran dinamo yang seringkali melemah dan biasanya memunculkan suara yang aneh saat mobil di starter.

    • Dinamo dipaksa bekerja

    Salah satu penyebab paling besar dinamo starter mobil rusak adalah penggunaannya yang dipaksakan. Saat mesin mobil Anda sendiri bermasalah, namun tetap memaksakan dinamo starter mobil untuk menyalakannya seringkali malah membuatnya rusak.

    Ketika Anda memaksakan kerja dari dinamo, maka akan membuat dinamo menjadi panas dan saat kondisi dinamo panas, maka berpotensi membakar berbagai komponen lain yang ada pada dinamo starter.

    Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil Rusak

    Penyebab dinamo starter mobil rusak

    Memiliki masalah pada dinamo starter mobil karena berbagai faktor penggunaan atau usianya yang sudah lama, membuat mobilitas Anda terganggu. Untuk memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak paling mudah adalah dengan membawa mobil Anda ke bengkel. Namun ada pula cara mandiri yang bisa Anda lakukan saat berada di rumah, yaitu:

    • Memeriksa klem atau kepala aki mobil

    Kendornya klem pada aki bisa mengakibatkan dinamo starter mobil Anda tidak bekerja. Maka dari itu perlu mengecek aki yang memiliki peran penting dalam menyuplai listrik pada dinamo starter mobil.

    Pengecekan ini bisa dilakukan dengan memberikan klem yang benar-benar terpasang, tidak ada kabel putus maupun kendor bahkan kotor. Bila tidak ada masalah namun masih tidak menyala bisa jadi karena aki mobil Anda sudah waktunya untuk diganti.

    • Memeriksa soket otomatis dinamo starter

    Soket otomatis pada dinamo starter memiliki peran yang sangat vital dalam menunjang kinerjanya. Cara mengeceknya adalah dengan mencari kabel kecil yang terhubung dengan bagian dinamo tersebut.

    Periksa kabel tersebut dan pastikan kondisinya dalam keadaan baik. Selain itu bisa dicek bagian sekring dan relaynya apabila ada bunyi “klek-klek” pada saat mesin dinyalakan bisa jadi karena soket tersebut.

    Baca juga: Jangan Panik, Ini 8 Cara Menghidupkan Mobil yang Tidak Bisa Distarter

    Nah setelah mengetahui mengenai ciri-ciri dari dinamo starter mobil yang rusak, tentu Anda sedikit banyak telah memahaminya. Maka dari itu selalu jaga kondisi mobil Anda dalam keadaan prima agar tidak menghalangi mobilitas Anda sehari-hari.

    Apalagi saat mobil Anda dijual, tentu akan membuat mobil cepat laku tanpa banyak ditawar oleh pembeli. Pastikan untuk menjual mobil dengan memilih mitra terpercaya seperti OLX Autos yang memberikan kenyamanan dan kemudahan.

    Hindari proses jual mobil yang ribet dan #PilihYangPasti untung dan aman di OLX Autos. Prioritas kami adalah keamanan bertransaksi, sehingga menjual mobil bisa lebih nyaman. Kamu bisa dapatkan pembayaran instan dan tanpa hidden fee!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait