Minggu, Juli 21, 2024
Lainnya
    Tips & Trik4 Ciri Relay Starter Mobil Rusak Beserta Penyebabnya

    4 Ciri Relay Starter Mobil Rusak Beserta Penyebabnya

    JAKARTA – Relay starter mobil merupakan salah satu komponen penting yang mendukung sistem pada mesin mobil. Relay ini memiliki fungsi sebagai pengaman sekaligus saklar  elektromagnetik. Komponen yang termasuk sistem kelistrikan ini kemudian akan mengaktifkan dinamo starter untuk membuat mesin menyala.

    Maka dari itu pada setiap mobil pasti memiliki relay yang memudahkannya untuk dinyalakan sebagai pendukung pada sistem tersebut. Bila relay starter mobil ini rusak, tentu mesin mobil akan sulit untuk dihidupkan.

    Karena mesin tidak dapat dihidupkan mobilitas Anda pun dapat terganggu karena sebuah komponen kecil namun memiliki peranan yang viral. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk memahami relay starter mobil agar Anda dapat lebih memperhatikan kondisi mobil Anda.

    Jangan lupa selalu melakukan perawatan rutin terhadap mobil Anda agar kondisinya selalu prima. Memiliki mobil dengan kondisi prima tentu membuat nyaman saat digunakan maupun mudah saat dijual kembali.

    Baca juga: Jangan Panik, Ini 8 Cara Menghidupkan Mobil yang Tidak Bisa Distarter

    Karena kondisi yang prima ini, mobil Anda pun tidak akan ditawar dengan harga yang jauh dari pasaran. Untuk mengetahui ciri-ciri starter mobil yang rusak, ada tiga ciri-ciri mudah yang dapat Anda ketahui.

    Ciri-Ciri Relay Starter Mobil Rusak

    Perlu diketahui bahwa ciri-ciri relay starter mobil Anda rusak dapat diidentifikasi dengan mudah. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

    Bodi relay starter mobil menghitam dan bengkak

    Relay starter sebagai komponen penting dalam sistem starter yang memiliki fungsi pengaman dan juga sebagai saklar elektromagnetik. Ciri pertama yang memperlihatkan bahwa relay starter mobil bermasalah ialah mengalami kerusakan seperti membengkak dan menghitam.

    Terlihat pada relay tersebut menghitam seperti habis terbakar/gosong. Bila kedapatan relay starter ini rusak, maka saklar memiliki fungsi pengaman dan juga sebagai saklar elektromagnetik.

    Karena saklar elektromagnetik tidak berfungsi sebagaimana mestinya, tentu dinamo starter tidak dapat menyala dan hanya mengeluarkan bunyi cetak cetek saja. 

    Untuk kondisi membengkak pada relay starter ini menandakan bahwa kumparan dan saklar magnet di dalamnya mengalami kerusakan.

    Tidak ada reaksi saat dinamo distarter

    Tidak adanya reaksi pada dinamo starter mobil saat dinyalakan, bisa menjadi sebuah tanda bahwa relay starter pada mobil Anda bermasalah. Ciri-ciri ini cukup mudah untuk dikenali bahkan sebelum mengecek kondisi relay.

    Karena saat Anda memutar kunci kontak untuk menghidupkan mesin, pada dinamo starter tetap tidak muncul tanda mesin hidup dengan normal, sehingga bisa dikatakan tidak terdapat reaksi pada bagian dinamo tersebut.

    Meski lampu pada indikator di dashboard menyala dan menunjukan kondisi normal seperti biasanya, hal ini tetap bisa terjadi karena terjadi masalah para relay starter mobil.

    Baca juga: Mengenal Dinamo Starter Mobil, Begini Fungsi dan Cara Kerjanya

    Tidak ada sambungan listrik

    Tidak adanya sambungan listrik pada lilitan relay starter mobil bisa menjadi salah satu ciri relay starter mobil rusak. Untuk mengetahui sambungan listrik antar terminal relay, Anda membutuhkan alat khusus untuk mengetahuinya, yaitu multimeter atau menggunakan OHM meter.

    Di dalam relay starter mobil terdapat terminal dan lilitan yang menghantarkan arus listrik. Terminal 85 dan 86 yang bentuknya kumparan/lilitan terhubung dengan kunci kontak.

    Sedangkan, terminal 87 terhubung dengan solenoid starter dan terminal 30 terhubung dengan aki mobil. Apabila saat diukur dengan ohm meter terminal 85 dan 86 tidak saling terhubung, maka relay starter sudah rusak.

    Namun jika hasilnya saling terhubung, maka pemeriksaan lanjutan tetap perlu Anda lakukan dengan cara memberikan arus listrik pada terminal 85 dan 86. 

    Kemudian terminal 30 dan 87 harusnya menjadi saling terhubung akibat adanya daya magnet. Jika tidak saling terhubung, maka ini bisa menjadi salah satu ciri relay starter mobil rusak.

    Mesin sulit dihidupkan saat panas

    Pada saat kendaraan ingin digunakan kembali saat sebelumnya dimatikan, namun mesin mobil Anda malah sulit untuk dinyalakan. Hal ini bisa terjadi karena mesin dalam keadaan panas dan mengenai badan solenoida sehingga nilai resistansi pada kumparan akan meningkat. 

    Hal ini menyebabkan arus listrik tertahan dan tidak akan dapat mengalir dengan sempurna ke bagian kumparan. Arus listrik yang tersumbat ini menyebabkan mesin jadi lebih sulit untuk dihidupkan kembali.

    Baca juga: Dinamo Starter Mobil Rusak: Ciri-ciri, Penyebab dan Cara Memperbaikinya

    Penyebab Relay Starter Mobil Rusak

    Setelah mengetahui beberapa ciri relay starter pada mobil rusak, Anda juga perlu memahami beberapa penyebabnya agar tidak terjadi kesalahan dalam mengatasinya. Nah, berikut adalah daftar penyebab relay starter mobil rusak yang perlu Anda ketahui.

    Aki mobil habis

    Aki merupakan sumber listrik yang digunakan di dalam mobil. Begitu pula dengan relay starter mobil yang merupakan salah satu komponen yang memanfaatkan aki agar bisa berfungsi.

    Jika aki mobil Anda sendiri bermasalah tentu akan membuat komponen lainnya bersamalah dan tidak dapat bekerja dengan semestinya.

    Kerja dinamo yang berat

    Ketika mesin sulit untuk dinyalakan, jangan dipaksakan dinamo starter untuk bekerja dengan keras. Saat dinamo starter dipaksa dengan keras, komponen ini malah akan mudah panas dan membakar komponen lainnya.

    Carbon brush habis

    Carbon brush starter merupakan komponen mobil di bagian dinamo starter. Saat komponen ini habis atau rusak, maka putaran dinamo akan melemah dan menimbulkan suara yang kurang nyaman sewaktu mobil distarter.

    Baca juga: Mengenal Fuel Pump Mobil, Ciri-ciri, Penyebab Rusak hingga Cara Memperbaikinya

    Fungsi Relay Starter Mobil

    Fungsi utama dari relay starter mobil adalah untuk melindungi saklar dari panas mesin mobil yang dihasilkan pada saat dijalankan. Hal ini akan meminimalisir resiko untuk terbakar maupun meleleh.

    Sehingga penggunaan relay sendiri untuk memperpanjang usia saklar mesin meski dialiri daya listrik yang besar.

    Selain itu relay starter mobil dapat mempengaruhi kinerja komponen kelistrikan lain. Seperti halnya lampu depan mobil Anda yang membuatnya menyala lebih terang.

    Setelah Anda menyimak mengenai penjelasan tentang ciri-ciri dan penyebab relay starter mobil yang rusak, diharapkan Anda sudah sedikit banyak memahaminya. Selalu jaga kondisi kendaraan Anda dalam kondisi prima agar selalu nyaman digunakan dan tidak ada masalah saat dalam perjalanan.

    Selain menjaga kenyamanan saat digunakan, merawat mobil Anda sendiri dapat menjaga harga jualnya tetap baik, sehingga saat dijual kembali tidak akan ditawar dengan harga yang jauh dari pasaran. Pastikan untuk menjual mobil Anda pada mitra yang terpercaya seperti OLX Auto yang memberikan penawaran terbaik.

    Jual mobil dengan mudah, tanpa mengorbankan waktu, tenaga, dan langsung terjual di OLX Autos! Proses jual mobil di OLX sangat mudah, dan kamu bisa langsung mendapatkan pembayaran instan setelah deal.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait