Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMengenal Dinamo Starter Mobil, Begini Fungsi dan Cara Kerjanya

    Mengenal Dinamo Starter Mobil, Begini Fungsi dan Cara Kerjanya

    Dinamo starter merupakan salah satu komponen vital yang berada pada rangkaian sistem mobil. Dinamo ini menjadi komponen yang sangat berperan penting saat Anda menyalakan mobil. 

    JAKARTA – Menyalakan mesin mobil Anda dengan mudah tentu menjadi salah satu kenyamanan tersendiri saat hendak menggunakannya. Dalam keadaan terburu-buru, bila mobil tidak langsung menyala tentu Anda akan panik, serta membuat banyak waktu Anda terbuang.

    Maka dari itu demi menjaga kelancaran aktivitas Anda, perlu sedikit memahami mengenai merawat mobil agar kondisinya selalu prima. Salah satunya ialah dengan memahami peran penting dari beberapa komponen yang harus selalu dijaga kondisinya. 

    Salah satu komponen tersebut, ialah dinamo starter mobil karena memudahkan Anda dalam menyalakan mesin mobil saat hendak digunakan. Dinamo starter sendiri merupakan motor starter pada mobil yang berfungsi untuk memutar mesin kendaraan untuk pertama kali. 

    Saat dinamo starter mobil Anda rusak tentu akan mengeluarkan tidak sedikit biaya. Apalagi saat kendaraan Anda akan dijual, pastinya pembeli akan berpikir ulang karena mobil sulit untuk dinyalakan.

    Baca juga: Dinamo Starter Mobil Rusak: Ciri-ciri, Penyebab dan Cara Memperbaikinya

    Fungsi Dinamo Starter Mobil

    Memiliki ukuran yang cukup kecil, namun dinamo starter mobil ini memiliki peran yang sangat vital. Fungsi dari dinamo starter mobil ini adalah untuk menghidupkan mesin untuk pertama kali saat dinyalakan. 

    Disebut juga sebagai motor starter yang memiliki peran sebagai penggerak roda mesin saat dinyalakan. Lebih tepatnya motor starter ini akan memutar gigi flywheel untuk menggerakan atau menyalakan mobil.

    Cara Kerja Dinamo Starter Mobil

    Fungsi dinamo starter mobil

    Dalam cara kerja dinamo starter mobil, pengemudi akan memutar kunci kontak dalam posisi start. Kemudian arus listrik akan menuju pull in coil yang akan menghubungkan terminal “30” menuju terminal C ketika berada di ground. 

    Pada jalur ini Tidak ada yang diputus diantara Pull in Coil hingga ke ground. Akan tetapi, arus listrik mengalami pemutusan yang disebabkan oleh karbon brush habis.

    Carbon brush ini ditempatkan sebelum maupun sesudah armature. Pull in coil tidak akan hidup atau bekerja dan motor starter juga akan terjadi hal yang sama.

    Tanda pada mobil dengan relay starter, biasanya akan terdengar hubungan relay starter terhubung saat starter. Namun, jika dinamo starter tidak bekerja, hal ini mungkin terjadi jika carbon brush habis.

    Pada keadaan normal, pull in coil akan menarik kontak pada plunger dan shift lever dengan mendorong pinion. Hal ini dimaksudkan agar dapat terhubung pada putaran motor starter dengan flywheel secara elektrik dengan arah aliran arus listrik.

    Setelah kontak pada solenoid dan terminal C saling terhubung, maka pull in coil tidak bekerja lagi. Hal ini dikarenakan tegangan antara terminal 50 dan terminal C hampir seimbang.

    Saat motor starter memutar roda gila, maka hold in coil mengambil peran untuk melakukan penahanan kontak agar dapat menghubungkan terminal 30 dan terminal C.

    Komponen ini sekaligus menahan gigi pinion untuk perputaran flywheel sehingga mesin dapat menyala. 

    Baca juga: 4 Ciri Relay Starter Mobil Rusak Beserta Penyebabnya

    Komponen Dinamo Starter Mobil

    Dinamo starter mobil memiliki cukup banyak komponen yang mendukungnya dalam bekerja untuk menyalakan mesin. Dari komponen ini memiliki keterkaitan dalam bekerja untuk mendukung kerja dinamo starter mobil.

    • Selenoid starter

    Komponen ini merupakan bagian yang memiliki bentuk mirip tabung atau silinder pada bagian motor utama. komponen ini lebih dikenal sebagai solenoid starter. Hal ini dikarenakan susunannya terdiri atas kumparan maupun coil.

    • Selenoid plunger

    Komponen ini terdapat pada bagian ujung pull in coil. Kegunaannya hanya satu yaitu menghubungkan gerakan pada pull in coil menuju drive lever.

    • Solenoid caps

    Tutup solenoid merupakan serangkaian penutup solenoid starter yang ditempatkan pada bagian depan starter. Tidak hanya penutup, setiap komponen dapat digunakan sebagai media yang menghubungkan antara arus dari sistem menuju aktuator starter.

    • Field Coil

    Komponen ini merupakan rangkaian coil magnet yang dipakai untuk meningkatkan kemagnetan yang ada di sekitar rotor coil.

    • Armature Coil

    Komponen ini lebih dikenal sebagai rotor coil atau kumparan yang ditempatkan pada poros motor. Kegunaan utamanya ditujukan sebagai pembangkit medan magnet yang akan bereaksi dengan field coil magnetic agar terjadi pergerakan.

    • Commutators

    Komponen berada tepat di bagian depan armature coil. Karakteristiknya mirip tembaga yang saling tersegmentasi.

    • Drive Lever

    Komponen ini terdapat pada solenoid dengan bentuk garpu yang dapat digunakan untuk penggerak gear.

    • Brushes

    Komponen ini terdapat pada main motor dengan rangkaian sikat sebagai penghubung arus listrik ke dinamis konduktor melalui konduktor statis.

    • Drive Pinion Brush

    Bagian ini memiliki fungsi untuk memutuskan maupun menghubungkan putaran starter ke flywheel. 

    • Drive Pinion Gear

    Komponen berikutnya memiliki bentuk seperti roda gigi yang ditempatkan pada ujung drive pinion shaft.

    • Motor Housing

    Kegunaan komponen ini adalah sebagai pelindung dan tempat peletakan beragam jenis komponen starter.

    Baca juga: Cara Menghidupkan Mobil Matic yang Tidak Bisa Distarter Berdasarkan 7 Penyebabnya

    Nah setelah memahami mengenai dinamo starter mobil tentu sedikit banyak Anda sudah paham akan peran pentingnya bagi mobil Anda. Selalu merawat dan menjaga kondisi mobil Anda dengan prima agar nyaman saat digunakan. Bahkan saat Anda menjualnya pun tidak akan banyak pikiran karena harus memperbaikinya terlebih dahulu. 

    Jangan lupa untuk memilih mitra terpercaya saat menjual mobil kesayangan Anda demi mendapatkan unit baru. Anda bisa memiliki OLX Autos yang memberikan kenyamanan.

    Jual mobil dengan mudah, tanpa mengorbankan waktu, tenaga, dan langsung terjual di OLX Autos! Proses jual mobil di OLX sangat mudah, dan kamu bisa langsung mendapatkan pembayaran instan setelah deal. Tanpa biaya tersembunyi alias no hidden fee!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait