Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriCara Menghidupkan Mobil Matic yang Tidak Bisa Distarter Berdasarkan 7 Penyebabnya

    Cara Menghidupkan Mobil Matic yang Tidak Bisa Distarter Berdasarkan 7 Penyebabnya

    Kenali beberapa cara menghidupkan mobil matic yang tidak bisa distarter dengan sederhana dan mudah. Sebelumnya perlu perhatikan terlebih dahulu mengenai penyebabnya.

    JAKARTA – Memiliki mobil yang tidak bisa distarter, tidak sedikit pengguna yang merasa panik. Tidak perlu khawatir, karena ada cara menghidupkan mobil matic yang tidak bisa distarter yang cukup mudah untuk dipahami. 

    Mobil yang tidak bisa distarter ini terdapat cukup banyak penyebabnya. Baik itu karena ada komponen pada mesin mobil yang rusak hingga beberapa masalah yang terjadi pada aliran bahan maupun aliran listrik pada mobil Anda. 

    Untuk itu ketika memiliki sebuah mobil perlu melakukan perawatan secara berkala pada bengkel resmi atau bengkel kepercayaan Anda. Ketika hal ini dilakukan tentu akan mencegah terjadinya masalah saat mobil hendak digunakan, seperti halnya tidak bisa distarter.

    Memiliki mobil dengan kondisi prima tentu menjadikannya sebagai mobil yang nyaman untuk digunakan dan tentu untuk menjaga harga jual kembali mobil agar tidak jatuh. Bila kondisi mobilnya dalam keadaan baik, tentu saat mobil dijual akan dibeli dengan harga terbaik pula.

    Baca juga: Jangan Panik, Ini 8 Cara Menghidupkan Mobil yang Tidak Bisa Distarter

    Untuk mengatasi masalah pada mobil matic yang tidak bisa distarter Anda perlu mencari tahu penyebab dari masalahnya tersebut. Untuk itu perlu mengecek beberapa komponen pada mobil Anda untuk menemukannya.

    Kenali penyebab dan cara menghidupkan mobil matic yang tidak bisa distarter

    Ada beberapa penyebab mobil matic tidak bisa distarter. Hal ini perlu kamu pahami agar tidak bingung ketika mengalaminya. Berikut deretan cara dan penyebab mobil matic tidak bisa distarter yang perlu Anda tahu:

    • Mengecek kondisi bahan bakar

    Salah satu bagian utama yang membuat mesin mobil dapat menyala adalah karena adanya bahan bakar. Untuk itu perlu mengecek bahan bakar mobil yang masih tersedia. 

    Hal ini bisa Anda perhatikan pada indikator pada mobil Anda untuk mengatasinya secara mudah. Bila informasi bahan bakar pada mobil Anda sudah menipis, bisa menambahkan bahan bakar pada mobil.

    Bila terjadi di tengah perjalanan bisa dilakukan dengan membeli bensin eceran 2-4 liter saja yang kemudian coba untuk menstarternya kembali. Bisa sudah menyala bisa kembali membeli bahan bakar di SPBU.

    • Cek fuel pump pada mobil

    Bila kondisi bahan bakar tersedia namun mesin mobil tidak menyala, bisa jadi karena aliran bahan bakarnya tersumbat. Hal ini bisa diperhatikan melalui layar multi information display (MID) yang akan memberikan peringatan pada kondisi fuel pump.

    • Aki sudah lemah dan tidak layak

    Setelah bahan bakar, Anda bisa mengecek kondisi aki dengan cara mengecek kondisi klem pada kutubnya. Pastikan tidak ada kabel yang kendor. Selain itu pastikan kutub aki tidak bersamalah dengan membersihkan kotoran yang terdapat pada kutub tersebut.

    Setelah selesai mengecek dan membersihkan kutub aki, Anda bisa memasang kembali lemnya dengan kencang. Bila pada bagian ini sudah dikondisikan bisa dicek untuk indikator pada bagian aki apakah masih layak atau tidaknya untuk digunakan.

    Bila pada indikatornya sudah menunjukan bahwa sudah lemah, sebaiknya aki langsung diganti dengan yang baru. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menelpon tukang aki yang bisa langsung mendatangi Anda.

    Baca juga: Mengenal Dinamo Starter Mobil, Begini Fungsi dan Cara Kerjanya

    • Lakukan jump start

    Bila ditemukan bahwa kondisi aki mobil yang lemah atau sudah tidak layak. bisa melakukan jump start pada mobil Anda untuk memancing aliran listrik pada aki mobil yang sehat untuk mensuplai daya sementara.

    Dalam melakukan jump start ini pun cukup mudah. Yaitu dengan menggunakan kabel penghubung yang memiliki jepit pada ujungnya. Lalu Anda sambungkan pada bagian aki mobil sehat dengan aki mobil Anda dengan memarkirkannya secara berdekatan. 

    Setelah kabel terhubung, matikan semua bagian elektronik pada mobil Anda yang membutuhkan daya listrik, lalu coba hidupkan mesin mobil Anda. Setelah mesin mobil bisa menyala, lalu diamkan sejenak agar listrik dari aki mobil yang sehat menyuplai listrik pada aki mobil Anda untuk sementara.

    • Cek kondisi busi

    Busi pada mobil memiliki peranan penting pada bagian pembakaran di mesin. Bila busi mengalami masalah, tentu akan berpengaruh saat menyalakan mesin mobil tersebut. 

    Kondisi busi ini bisa Anda cek dengan cara melepaskannya dari mesin dan melihat ujung yang menancap pada bagian mesin. Ujungnya ini bisa Anda bersihkan menggunakan kain maupun amplas.

    • Cek dinamo starter

    Dinamo starter pada mobil matic tentu menjadi salah satu bagian penting untuk menyalakan mesinnya. Bila dinamo ini sudah usang, tentu akan bermasalah saat hendak menyalakannya.

    Untuk mengetahui dinamo bersamalah bisa Anda lakukan dengan cara menghidupkan mesin mobil dan terdengar suara mesin yang kasar saat dinyalakan namun mesin tidak dapat menyala.

    Bila sudah begini sebaiknya membawa mobil atau memanggil bengkel kepercayaan Anda untuk menanganinya.

    • Terdapat pada masalah kunci kontak

    Kunci kontak pada mobil matik berfungsi untuk menghubungkan aliran listrik dengan mesin mobil. Bila pada bagian ini bersamalah, tentu mesin mobil tidak bisa menyala.

    Pada bagian ini bisa memeriksanya dengan memastikan apakah aliran listrik ada dan sampai ke mesin mobil. Bila ada aliran listrik, Anda bisa menghubungkannya secara langsung tanpa perlu menggunakan kunci kontak. Biasanya, mesin mobil akan kembali menyala.

    • Cek kondisi sekring

    Sekring pada mobil biasanya berukuran kecil. Meski memiliki ukuran kecil, sekring memiliki peranan vital pada bagian kelistrikan. Bila sekring pada mobil ini terputus bisa membuat mobil tidak bisa distarter.

    Untuk mengatasinya, Anda bisa mengecek kondisi sekring pada tempatnya dan melihat apakah terdapat sekring yang putus. Bila ditemukan sekring yang putus bisa Anda sambungkan dengan menggunakan kabel untuk sementara.

    Setelah mesin mobil menyala bisa Anda bawa ke bengkel untuk menggantinya dengan sekring baru.

    Baca juga: Dinamo Starter Mobil Rusak: Ciri-ciri, Penyebab dan Cara Memperbaikinya

    Nah, setelah Anda memahami beberapa penyebab dan cara mengatasi mobil matic yang tidak bisa distarter, tentu kini Anda harus lebih memperhatikan kondisi mobil Anda. Memiliki mobil dalam keadaan prima tentu membuat nyaman saat digunakan maupun saat akan dijual kembali. 

    Kondisi mobil yang prima ini akan menjaga harga jual kembali mobil agar tidak jatuh di pasaran mobil bekas. Tentu Anda tidak ingin mobil saat dijual namun ditawar dengan harga yang jauh dari pasaran. Pastikan pula untuk menjual mobil melalui mitra terpercaya seperti OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik. 

    Hindari proses jual mobil yang ribet dan #PilihYangPasti untung dan aman di OLX Autos. Prioritas kami adalah keamanan bertransaksi, sehingga menjual mobil bisa lebih nyaman.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait