Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikJangan Panik, Ini 8 Cara Menghidupkan Mobil yang Tidak Bisa Distarter

    Jangan Panik, Ini 8 Cara Menghidupkan Mobil yang Tidak Bisa Distarter

    Cara menghidupkan mobil yang tidak bisa distarter dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Yuk, ikuti beberapa langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

    JAKARTA – Memiliki mobil dalam kondisi prima tentu akan memudahkan Anda dalam menjalani mobilitas sehari-hari. Karena disaat waktu yang ada sangat berharga, Anda tidak akan terkendala karena kondisi mobil yang bermasalah.

    Namun terkadang dalam berkendara, kejadian apa saja pun bisa terjadi. Salah satunya ialah mobil yang bermasalah karena tidak bisa distarter. Karena tidak bisa distarter, tentu mesin mobil tidak bisa dinyalakan yang terkadang membuat Anda panik.

    Keadaan seperti ini memang bisa saja terjadi bila beberapa komponen dalam mesin mobil bermasalah. Ketika terjadi masalah pada komponen mobil, hal ini bisa menyebabkan mesinnya sulit untuk dihidupkan.

    Apalagi kejadian ini terjadi saat di tengah perjalanan, tentu akan sangat repot karena harus menelpon bengkel dan mencari kendaraan lain untuk Anda pulang. Namun bila kendaraan Anda terawat dengan baik, kejadian seperti ini tidak akan terjadi.

    Baca juga: Mengenal Dinamo Starter Mobil, Begini Fungsi dan Cara Kerjanya

    Selain itu bila Anda sedikit memahami tentang masalah ini, Anda pun bisa mengecek sendiri keadaan mobil Anda untuk dihidupkan kembali.

    Cara Menghidupkan Mobil yang Tidak Bisa Distarter

    Cara Menghidupkan Mobil yang Tidak Bisa Distarter

    Lalu, bagaimana cara menghidupkan mobil yang tidak bisa distarter? Simak berikut pembahasan cara menghidupkan mobil yang tidak bisa distarter:

    1. Cek kondisi aki mobil

    Pertama bisa mengecek kondisi aki pada mobil Anda. Karena aki mobil berperan memberi suplai listrik pada komponen vital saat mobil Anda hendak dihidupkan, yaitu starter mobil. Bila Aki bersamalah, tentu starter mobil tidak dapat bekerja dengan optimal.

    Dalam memeriksa aki ini bisa mengecek kondisi klem pada yang terdapat pada bagian atas aki, lalu kabel sambungannya jangan sampai ada yang kendur. Caranya adalah dengan melepaskan kabel tersebut lalu memasangnya kembali dengan kencang.

    Selain itu periksa kutub aki dari kotoran yang menempel padanya. Lalu tidak jangan sampai kelewatan untuk mengecek indikator pada aki apakah masih layak digunakan atau tidak. Kalau sudah tidak, maka aki mobil harus diganti.

    2. Periksa alternator dan dinamo starter

    Alternator dan dinamo starter merupakan komponen yang cukup jarang rusak. Biasanya keduanya akan rusak saat usia pemakai yang sudah lama dan penggunaannya yang sembarangan.

    Alternator sendiri memiliki peran sebagai penyalur dan pengontrol tegangan pada daya listrik aki mobil sehingga selalu stabil. Sementara untuk dinamo starter dalam menyalakan mesin mobil untuk pertama kali.

    3. Cek komponen fuel pump

    Sebagai pengatur aliran bahan bakar, saat fuel pump bermasalah maka mobil tidak bisa distarter. Untuk mengatasinya karena fuel pump bermasalah adalah dengan mengecek indikator pada multi information display atau MID di bagian dashboard mobil.

    Bila hal ini muncul di layar MID, maka bawa mobil ke bengkel mobil terdekat untuk diperiksa oleh teknisi lebih lanjut.

    Baca juga: Dinamo Starter Mobil Rusak: Ciri-ciri, Penyebab dan Cara Memperbaikinya

    4. Cek kondisi busi

    Bila mobil tidak bisa distarter, salah satu masalahnya bisa terjadi pada busi. Bila busi yang digunakan pada mesin kotor, bisa untuk melepaskannya dan membersihkannya dari kotoran yang menempel. 

    Busi yang kotor ini bisa diketahui pada ujungnya yang hitam dan penuh dengan noda. Pada ujungnya ini bisa Anda bersihkan menggunakan kain bersih atau amplas. Namun bila kondisi busi sudah berkarat, bisa menggantinya di bengkel.

    5. Cek karburator mobil

    Bila karburator mobil memiliki banyak kotoran, bisa dibersihkan dengan membawanya ke bengkel. Karena bila kondisi karburator yang kotor akan mengganggu sistem penyaluran bahan bakar ke ruang pembakaran yang membuat kondisi mobil tidak bisa distarter.

    6. Periksa suhu koil

    Bila mobil Anda tidak bisa distarter bisa mengecek kondisi suhu koil pada mobil Anda. Apabila suhu pada koil terlalu tinggi, maka mesin mobil jadi sulit untuk dinyalakan. Keadaan seperti ini bisa membuat mobil sulit untuk distarter. 

    7. Periksa sekring mobil

    Bila semua cara di atas sudah dilakukan, terakhir adalah mengecek sekring pada mobil Anda. Karena bila karburator dan aki mobil tidak bermasalah bisa jadi masalahnya terdapat pada sekring mobil Anda.

    Sekring memiliki dua kutub yakni kutub positif dan negatif yang dihubungkan dengan kabel penghubung. Saat kabel penghubung tersebut putus maka bisa dipastikan bahwa sekring rusak.

    Untuk mengatasinya Anda bisa menyambungkan sekring tersebut menggunakan kabel untuk sementara sebelum akhirnya ke bengkel dengan mengganti sekring baru. 

    8. Lakukan jump start

    Bila semuanya sudah dilakukan namun mobil tidak kunjung berhasil untuk distarter adalah dengan melakukan jump start. Melakukan jump start ini bisa dilakukan dengan menggunakan aki tambahan atau aki mobil milik mobil lain yang Anda temui di tengah perjalanan.

    Alat yang Anda butuhkan untuk melakukan jump start adalah kabel jumper yang memiliki jepit pada ujungnya.

    Baca juga: 4 Ciri Relay Starter Mobil Rusak Beserta Penyebabnya

    Berikut cara melakukan jump start menggunakan aki milik mobil lain

    • Mendekatkan mobil yang sehat dengan posisi mobil mogok karena tidak bisa starter, tapi tidak perlu sampai menempel. Pastikan bahwa kabel jump start bisa menjangkau kedua aki pada mobil tersebut.
    • Matikan mesin, lampu, audio, dan semua sistem elektronik lainnya di kedua mobil.
    • Siapkan jumper kabel, lalu sambungkan satu ujung jumper kabel merah ke kutub positif aki yang mati.
    • Ujung kabel merah lainnya sambungkan ke kutub positif aki yang sehat.
    • Sambungkan kabel hitam ke kutub negatif aki yang sehat.
    • Sambungkan kabel hitam lainnya ke body mesin mobil mogok yang tidak ada lapisan cat atau olinya. Misal, di baut mesin atau bagian lain yang jauh dari posisi aki.
    • Jangan tempelkan kabel pada kutub negatif aki, karena bisa meledak.
    • Hidupkan mesin mobil yang sehat, untuk mengalirkan listrik ke aki yang mati.
    • Setelah selesai dalam beberapa menit, coba nyalakan mobil yang mogok.
    • Bila belum nyala, ulangi lagi. Bila sudah nyala, tunggu beberapa menit sebelum mencabut jumper cable tadi.
    • Lepaskan  jumper cable dalam urutan terbalik. Pertama, lepaskan kabel negatif yang disambungkan ke body mesin, lalu lepaskan kabel negatif ke kutub positif aki yang sehat.
    • Lepaskan kabel di kutub positif aki sehat. Lalu, lepaskan kabel di kutub positif aki mogok.

    Nah, setelah mengatasi mobil yang tidak bisa distarter kini tentunya ada sudah mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat pada mobil Anda. Untuk bisa mobil bisa dibawa ke bengkel untuk ditangani lebih lanjut. Selalu pastikan kondisi mobil dalam kondisi prima agar nyaman digunakan.

    Apalagi dalam beberapa keadaan tertentu mobil hendak dijual, tentu dengan mobil yang selalu terawat akan membuat harga jualnya tetap stabil tanpa turun karena kondisi bermasalah. 

    Jual mobil dengan mudah, tanpa mengorbankan waktu, tenaga, dan langsung terjual di OLX Autos! Proses jual mobil di OLX sangat mudah, dan kamu bisa langsung  mendapatkan pembayaran instan setelah deal. Tanpa biaya tersembunyi alias no hidden fee!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait