Kamis, Juli 24, 2025
MobilReview MobilIritnya Setengah Mampus! Tembus 29 KM/L Hasil Test Drive Honda HR-V e:HEV...

Iritnya Setengah Mampus! Tembus 29 KM/L Hasil Test Drive Honda HR-V e:HEV Jakarta – Anyer – Pandeglang – Jakarta

OLX News – Usai melakukan peluncuran model hybrid terbaru dari Honda, OLX News langsung diajak mengikuti test drive Honda HR-V e:HEV dalam perjalanan dua hari menempuh jarak kurang lebih sejauh 325 km melintasi rute Jakarta – Anyer – Pandeglang – Jakarta. 

- Advertisement -

Perjalanan ini memberikan pengalaman naratif yang mendalam, menjajal HR-V hybrid di berbagai kondisi: mulai kemacetan ibu kota, tol kecepatan tinggi, jalan pantai yang indah, hingga tanjakan perbukitan. 

Sekaligus membuktikan klaim PT. Honda Prospect Motor (HPM) terkait angka konsumsi BBM HR-V hybrid yang katanya mencapai 25,5 kilometer per liter (kpl).

- Advertisement -

Honda HR-V e:HEV hadir sebagai SUV kompak hybrid trendsetter yang menggabungkan desain stylish, kenyamanan berkendara, serta teknologi elektrifikasi e:HEV yang efisien dan intuitif. 

Nah, di artikel ini kami ulas secara komprehensif, bagaimana sensasi berkendara, performa dari kinerja hybrid-nya, kenyamanan kabin, fitur keselamatan Honda Sensing, serta seberapa irit konsumsi bahan bakarnya. 

- Advertisement -

Performa dan Sensasi Berkendara di Berbagai Medan

Test Drive Honda HR-V e:HEV (Hybrid)

Mengemudi Honda HR-V RS e:HEV di jalan pantai Anyer menunjukkan performa responsif berkat torsi instan motor listrik

Di balik kemudi HR-V Hybrid memang sangat terasa sekali sensasi berkendara yang responsif. Kombinasi mesin bensin 1.5L DOHC i-VTEC bertenaga 106 PS dan torsi 127 Nm dengan motor listrik 131 PS dan torsi 253 Nm mampu menghasilkan hentakan akselerasi yang luar biasa instan. 

Meski pada dasarnya teknologi hybrid itu punya tujuan akhir untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Tapi di HR-V hybrid sedikit berbeda. Ini yang disebutkan oleh Yusak Billy selaku Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM saat peluncuran HR-V e:HEV, “Not all hybrid created equal”. 

Sistem hybrid Honda HR-V menggunakan pendekatan “electric-first”, di mana motor listrik menjadi penggerak utama untuk roda, sedangkan mesin bensin berperan sebagai generator listrik atau memberi tenaga ekstra saat dibutuhkan.

Test Drive Honda HR-V e:HEV (Hybrid)

Hasilnya, setiap injakan pedal gas direspon cepat dan halus tanpa jeda, terutama berkat torsi seketika dari motor listrik. 

Saat etape awal di jalan tol, kemudi terasa ringan namun tetap stabil, dan akselerasi SUV ini begitu cekatan menyalip kendaraan lain. 

Dalam mode Sport di jalan bebas hambatan, memacu HR-V e:HEV ini hingga kecepatan 120 km/jam bukan hal sulit, nggak perlu pakai drama, performanya terasa gesit namun tetap terkendali.

Begitu juga saat diajak melintas jalur berliku dan menanjak menuju kawasan Pandeglang, karakter responsif motor listrik semakin dihargai. 

Bahkan pada tanjakan curam, torsi instan langsung terasa mendongkrak laju tanpa perlu menunggu putaran mesin naik. 

Ketika menuruni jalan pegunungan, kami bisa memanfaatkan fitur Deceleration Paddle Selector di balik kemudi untuk menambah efek engine brake. 

Fitur ini efektif memperlambat kendaraan tanpa menginjak pedal rem, sekaligus mengaktifkan sistem regenerative braking yang mengisi ulang baterai hybrid saat deselerasi. 

Handling HR-V e:HEV di tikungan juga meyakinkan, bodi mobil tetap stabil dan mantap berkat kombinasi suspensi MacPherson Strut di depan dan H-Shape Beam di belakang. 

Secara keseluruhan, performa dan pengendalian HR-V hybrid ini berhasil memberikan kepercayaan diri penuh kepada pengemudi di berbagai medan, dari jalan mulus tol hingga trek menanjak berkelok.

Transisi Mode Hybrid e:HEV yang Mulus

Test Drive Honda HR-V e:HEV (Hybrid)

Salah satu keunggulan yang kami rasakan dari teknologi e:HEV di HR-V ini adalah transisi otomatis antar mode penggerak yang sangat mulus. 

Tanpa perlu tombol atau tuas khusus, sistem akan berpindah sendiri antara EV dan Engine Drive sesuai kebutuhan berkendara. 

Ketika terjebak dalam kemacetan kota atau stop-and-go di lampu merah, HR-V hybrid lebih sering berjalan dalam mode EV sepenuhnya, sehingga mobil bisa melaju halus tanpa suara mesin, hanya ditenagai motor listrik dan bebas emisi. 

Begitu jalan mulai lengang dan kecepatan stabil tercapai di jalan tol, secara cerdas sistem beralih ke mode Engine Drive, di mana mesin bensin langsung menggerakkan roda. Mode ini dipilih untuk memberikan efisiensi optimal pada kecepatan tinggi konstan. 

Perpindahan antar mode drive ini terjadi tanpa disadari, nyaris tak ada hentakan atau gangguan yang terasa saat mesin bensin menyala atau mati di balik kap. 

Pengemudi pun bisa fokus menikmati perjalanan, sementara komputer Power Control Unit mengatur kombinasi tenaga listrik dan bensin paling ideal secara real-time. 

Transisi hybrid e:HEV yang mulus ini menghadirkan pengalaman berkendara halus, responsif, namun tetap hemat bahan bakar dalam segala situasi.

Efisiensi Bahan Bakar Tinggi Berkat Teknologi e:HEV

Sebagai sebuah SUV hybrid, efisiensi bahan bakar tentu menjadi salah satu nilai jual utama Honda HR-V e:HEV. 

Dari hasil perjalanan kami, terbukti konsumsi BBM mobil ini sangat irit untuk ukuran SUV 1.5L. Rata-rata konsumsi bahan bakar mencapai 29,2 km/l menurut tampilan Multi-Info Display. 

Angka ini impresif, melebihi klaim efisiensi pabrikan yang mencapai 25,5 km/l dan sangat jauh di atas rata-rata konsumsi bahan bakar SUV dengan mesin konvensional. 

Tingkat efisiensi ini bisa dicapai berkat perpaduan kerja mesin Atkinson cycle yang irit dan motor listrik bertenaga. Saat deselerasi maupun mengerem, energi kinetik dikonversi kembali menjadi listrik melalui sistem regenerative braking untuk mengisi baterai. 

Test Drive Honda HR-V e:HEV (Hybrid)

Pengemudi juga dapat mengontrol tingkat deselerasi regeneratif menggunakan Deceleration Paddle Selector, terutama bermanfaat di turunan panjang untuk menambah pengisian daya baterai. 

Dengan strategi tersebut, energi terbuang dapat diminimalkan dan konsumsi bahan bakar makin efisien.

Bahkan saat kami coba untuk memanfaatkan mode drive ECON sepanjang perjalanan dari arah Pandeglang menuju Jakarta, layar MID menunjukkan angka konsumsi hingga 33 km/l. 

Dengan kapasitas tangki BBM 40 liter serta konsumsi rata-rata yang diklaim HPM, HR-V hybrid ini dalam perhitungan kasar mampu menjangkau jarak kurang lebih di 1.000 km untuk sekali pengisian penuh. 

Ini membuktikan teknologi e:HEV Honda benar-benar bekerja optimal tanpa perlu penyesuaian berarti dari gaya mengemudi, tanpa perlu repot mengaktifkan mode hemat secara manual, sistem akan selalu berusaha menggunakan kombinasi tenaga paling efisien. 

Ini memberikan ketenangan batin tersendiri, kami bisa mengemudi sambil menikmati performa dan kenyamanan mobil tanpa khawatir boros bahan bakar.

Kenyamanan Kabin dan Fitur Interior Modern

Test Drive Honda HR-V e:HEV (Hybrid)

Memasuki kabin Honda HR-V RS e:HEV, aura modern dan nyaman langsung terasa. 

Desain kokpit yang futuristik dilengkapi panel instrumen TFT serta sistem infotainment layar sentuh yang sudah mendukung Android Auto dan Apple CarPlay secara nirkabel, memudahkan konektivitas smartphone tanpa kabel berantakan. 

Posisi duduk ergonomis dengan jok yang menopang tubuh membuat kami betah selama berjam-jam dalam perjalanan. 

Kekedapan kabinnya juga patut diacungi jempol, material peredam suara bekerja efektif menyingkirkan kebisingan luar. 

Apalagi saat mobil berjalan dalam mode EV, suasana kabin begitu senyap dan tenang. 

Test Drive Honda HR-V e:HEV (Hybrid)

Fitur penunjang kenyamanan lain turut melengkapi, seperti pengisi daya nirkabel (wireless charger) untuk gadget dan pengaturan AC otomatis single zone yang menjaga suhu kabin tetap sejuk secara konsisten.

Layout interior HR-V terbaru juga dirancang semakin praktis. Terdapat kompartemen penyimpanan tambahan di dashboard dan konsol tengah yang lega, memudahkan menaruh botol minum atau perangkat kecil. 

Visibilitas pengemudi ke segala arah terasa luas berkat posisi duduk yang agak tinggi dan pilar A yang didesain ulang lebih ramping. 

Selama perjalanan jauh menuju Anyer, kami juga mengapresiasi sistem audio yang mumpuni dalam menemani perjalanan dengan kualitas suara jernih. 

Intinya, Honda berhasil menghadirkan kabin HR-V e:HEV yang nyaman, senyap, dan kaya fitur, sehingga perjalanan panjang sekalipun tidak melelahkan dan tetap terhibur.

Fitur Honda Sensing yang Canggih untuk Keselamatan

Test Drive Honda HR-V e:HEV (Hybrid)

Honda HR-V e:HEV dilengkapi paket fitur keselamatan aktif Honda Sensing terbaru, yang menjadi andalan Honda dalam meningkatkan keamanan berkendara. 

Hebatnya lagi, karena semua varian HR-V e:HEV sudah dibekali Honda Sensing yang meliputi berbagai fitur asistensi pengemudi canggih, antara lain:

  • Collision Mitigation Braking System (CMBS) – sistem pengereman otomatis untuk mengurangi dampak tabrakan di depan.
  • Road Departure Mitigation (RDM) – mencegah kendaraan keluar jalur tanpa sengaja.
  • Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow (ACC dengan LSF) – menjaga jarak aman secara otomatis, termasuk merespons perlambatan hingga berhenti di kemacetan.
  • Lane Keeping Assist System (LKAS) – membantu kemudi tetap di tengah lajur.
  • Auto High Beam (AHB) – menyesuaikan lampu jauh secara otomatis agar tidak menyilaukan pengendara lain.
  • Lead Car Departure Notification (LCDN) – memberi peringatan saat kendaraan di depan mulai bergerak maju (berguna saat berhenti di lampu merah atau kemacetan).
  • Active Cornering Light – lampu tambahan yang menerangi arah tikungan saat berbelok di malam hari.
  • Adaptive Driving Beam – menyesuaikan sebaran lampu depan secara adaptif sesuai kondisi jalan di malam hari.

Fitur-fitur Honda Sensing tersebut cukup membantu dalam perjalanan test drive Honda HR-V e:HEV. Saat melaju di jalan tol, dalam moment arah mobil keluar dari jalur garis pemisah jalan, fitur ini memberikan warning kemudian mengkoreksi arah mobil untuk kembali ke jalur dengan sangat smooth, nggak ngagetin. 

Begitu juga fitur Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low-Speed Follow, sangat berguna menjaga jarak aman dan kecepatan secara otomatis, sehingga pengemudi bisa rileks sejenak dan kelelahan berkurang. 

Sementara LCDN mengingatkan untuk segera bergerak saat mobil depan mulai jalan kembali setelah berhenti. 

Seluruh sistem Honda Sensing bekerja intuisi dan tidak mengganggu, justru menjadi pendamping yang sigap mengoreksi potensi kesalahan manusia. 

Dengan paket keselamatan komprehensif ini, HR-V e:HEV memberikan rasa aman ekstra bagi kami selama perjalanan jauh, baik di jalan lengang maupun situasi lalu lintas padat.

Yang Disukai dari Honda HR-V e:HEV

  1. Performa Responsif dan Halus: Torsi instan dari motor listrik memberikan akselerasi cepat dan mulus, sangat terasa saat start-stop atau di tanjakan.
  2. Efisiensi Bahan Bakar Tinggi: Konsumsi BBM bisa tembus 30 km/l di jalan tol berkat sistem hybrid cerdas, sangat irit.
  3. Transisi Mode Hybrid yang Mulus: Perpindahan antara mode EV, Hybrid, dan Engine Drive tidak terasa. 
  4. Fitur Honda Sensing Lengkap: Seluruh varian HR-V hybrid sudah dilengkapi sistem keselamatan aktif seperti CMBS, ACC, LKAS, hingga Auto High Beam, memberi rasa aman berkendara.
  5. Kenyamanan Kabin Tinggi: Kabin senyap (terutama saat mode EV), posisi duduk ergonomis, jok nyaman, serta infotainment lengkap dengan Android Auto & Apple CarPlay wireless.
  6. Desain Eksterior Modern & Sporty: Gaya HR-V RS e:HEV tampil sporty dengan tampilan elegan dan agresif, cocok untuk anak muda dan keluarga urban.
  7. Build Quality Solid: Material interior terasa premium dan rapi. Kualitas peredaman suara juga baik untuk kelasnya.
  8. Harga Kini Lebih Murah: Honda HR-V e:HEV saat ini sudah dirakit secara lokal, TKDN-nya sudah di atas 50% sehingga harganya kini lebih murah.

Yang Kurang Disukai dari Honda HR-V e:HEV

  1. Bagasi Tidak Seluas Varian Non-Hybrid: Karena ruang baterai, kapasitas bagasi sedikit berkurang dibanding HR-V versi bensin biasa.
  2. Belum PHEV (Plug-in Hybrid): Meski efisien, HR-V masih menganut hybrid konvensional (tanpa mode charging dari luar). Tidak bisa berkendara murni listrik dalam jarak jauh.
  3. Tidak Ada Mode Berkendara Manual: Tidak tersedia pilihan untuk mengatur mode berkendara secara manual (misalnya EV-only mode atau sport full time), semua dikendalikan sistem.
  4. AC Single Zone: Untuk harga di atas Rp400 juta, banyak yang berharap ada dual-zone climate control, tapi HR-V e:HEV hanya punya AC otomatis single zone.
  5. Pilihan Warna Terbatas di Varian Hybrid: Varian hybrid belum selengkap opsi warna seperti varian bensin, terutama pada tipe RS.

Kesimpulan

Test Drive Honda HR-V e:HEV (Hybrid)

Melalui perjalanan test drive ini, kami benar-benar bisa membuktikan Honda HR-V e:HEV sebagai SUV hybrid yang efisien, cerdas, dan menyenangkan untuk dikendarai. 

Dari lalu lintas perkotaan yang padat, menyusuri jalan pantai, mendaki perbukitan, hingga menjajal kembali tol panjang, HR-V e:HEV konsisten memberikan pengalaman berkendara yang tenang, stabil, dan adaptif terhadap berbagai skenario. 

Sensasi berkendara yang ditawarkan benar-benar lengkap: akselerasi bertenaga namun halus, kabin nyaman dan senyap, fitur keselamatan aktif yang sigap, serta konsumsi bahan bakar yang irit. 

Semua itu dikemas dalam desain eksterior dan interior atraktif khas Honda. 

Kehadiran teknologi e:HEV pada HR-V terbaru ini jelas menjadi langkah Honda dalam menetapkan standar baru di segmen SUV kompak Indonesia, menghadirkan performa tanpa kompromi sekaligus ramah lingkungan. 

Bagi Anda yang mendambakan SUV modern dengan teknologi hybrid terkini, Honda HR-V e:HEV layak dipertimbangkan sebagai partner berkendara harian maupun penjelajah jarak jauh. (Z)

Populer.
Berita Terkait