Jumat, Juni 14, 2024
Lainnya
    LainnyaMengenal Alternator Mobil, Begini Fungsi dan Cara Kerjanya

    Mengenal Alternator Mobil, Begini Fungsi dan Cara Kerjanya

    JAKARTA – Alternator mobil atau kerap disebut sebagai dinamo, merupakan salah satu komponen yang sangat vital pada mobil Anda. Karena dengan adanya alternator ini suplai listrik kepada komponen lain bisa berjalan lancar.

    Alternator mobil ini sangat dibutuhkan oleh komponen lain yang membutuhkan tenaga listrik seperti AC mobil, lampu, perangkat audio, hingga wiper. 

    Nah, untuk membuat berbagai komponen yang membutuhkan tenaga listrik tersebut, keberadaan alternator mobil ini sangat penting. Maka dari itu saat alternator mobil ini bermasalah, akan membuat komponen dan perangkat lainnya turut bermasalah juga.

    Tentunya dengan beberapa komponen yang ikut bermasalah ini akan mengganggu dalam kenyamanan berkendara. Maka dari itu perlu dilakukan perawatan rutin agar kejadian seperti ini tidak terjadi kepada Anda.

    Namun daripada memperbaiki lebih baik melakukan tindakan pencegahan sebelum alternator mobil Anda rusak. Ada beberapa ciri yang dapat dengan mudah untuk mengetahui bahwa alternator mobil mulai lemah.

    Saat alternator sudah mulai lemah dan menunjukan ciri-ciri bermasalah, segera lakukan tindakan agar komponen lain yang membutuhkan suplai listrik tidak terganggu.

    Fungsi alternator pada mobil

    Fungsi dari alternator mobil adalah sebagai komponen yang memberikan suplai listrik kepada komponen-komponen lain pada mobil. Komponen ini mulai dari AC mobil, lampu hingga aki.

    Aki pada mobil bila tidak mendapat suplai dari alternator mobil hanya akan bertahan tidak lebih dari 1 jam. Bisa dikatakan bahwa alternator ini adalah pembangkit listrik yang ada pada mobil.

    Banyak terjadi sebuah kesalahpahaman bahwa sumber listrik pada mobil adalah aki. Namun alternator mobil yang berperan dalam menyuplai listrik selama ini.

    Cara kerja alternator pada mobil

    Alternator mobil bekerja dengan mengubah energi kinetis menjadi energi listrik. Alternator mobil akan bekerja saat mesin dinyalakan dan akan mendapat suplai listrik pertama kali dari aki.

    Ketika mesin dinyalakan pulley alternator bekerja dan memutar rotor coil di dalamnya. Dioda pun akan mengubah tegangan bolak balik menjadi tegangan satu arah.

    Tegangan yang dihasilkan ini kerja ini akan dialirkan ke aki. Perlu diketahui bahwa tegangan listrik yang dihasilkan ini tidak stabil. Maka dari itu dibutuhkan regulator.

    Regulator ini berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik yang dihasilkan dengan bantuan rectifier dan kipas yang menghasilkan sirkulasi udara. Apabila tegangan sebelumnya tidak stabil karena regulator bermasalah bisa menyebabkan mesin cepat panas.

    Komponen alternator mobil

    Menjadi sebuah komponen vital yang mengubah energi kinetis menjadi menjadi energi listrik. Alternator mobil memiliki banyak komponen yang bekerja untuk menghasilkan energi listrik. 

    Selain itu ada pula komponen pendukung dari kinerja alternator mobil ini berupa aki dan regulator. Berikut komponen yang ada pada alternator mobil.

    Cover alternator

    Menjadi tempat dari seluruh komponen yang ada pada alternator mobil. Bentuk dari komponen ini seperti sebuah lubang. Lubang ini memiliki fungsi sebagai alat pendingin untuk mencegah mesin mengalami overheating.

    Pulley alternator

    Memiliki bentuk seperti roda yang dihubungkan dengan belt. Toda pulley ini bisa berputar dan memutar rotor oil yang ada di dalam.

    Bearing

    Menjadi sebuah tempat untuk tumpuan dari ujung-ujung rotor coil untuk berputar. Bearing  ini menjaga agar rotor coil berputar pada posisi yang benar. Selain itu bearing pada alternator terdapat lebih dari satu.

    Dioda

    Hasil dari tegangan listrik yang dihasilkan oleh alternator mobil biasanya adalah arus bolak balik. Dioda ini berfungsi untuk merubah arus listrik tersebut menjadi searah dan dialirkan ke komponen listrik yang membutuhkan.

    Rotor Air

    Memiliki bentuk seperti gulungan yang memiliki fungsi untuk mengubah energi magnet menjadi energi listrik. Rotor air ini akan menghasilkan energi listrik yang diolah dan kemudian akan disalurkan menuju brush dan dioda. 

    Regulator

    Regulator memiliki sebuah fungsi yang sangat penting dalam alternator mobil. Melalui regulator ini tegangan yang dihasilkan akan tetap stabil meskipun rpm berputar dengan cepat. 

    Dengan adanya alat ini, mesin tidak akan cepat rusak akibat tegangan listrik yang naik turun.

    Cara cek alternator mobil

    Untuk mengecek kondisi alternator mobil tidaklah terlalu sulit. Hal ini bisa dilakukan saat memiliki waktu senggang di rumah. Dalam pengecekannya pun cukup simpel yaitu dengan cara membuka kap mesin dan  langsung mengecek kondisi alternator mobil yang terlihat.

    Berikut cara cek alternator mobil:

    Periksa kondisi belt pemutar alternator

    Melakukan pengecekan pada kondisi belt atau sabuk pemutar alternator. Bila kondisi sabuk pemutar alternator ini sudah kaku, mengalami retakan dan sudah tidak elastis, bisa jadi sebuah awal akan terjadi kerusakan pada alternator.

    Bila hal ini terjadi pada sabuk pemutar alternator, bisa dilakukan penggantian sebelum berakibat fatal hingga menyebabkan kerusakan pada alternator mobil.

    Bau kabel terbakar

    Saat mengecek kondisi alternator, bila terdapat bau karet atau kabel yang terbakar bisa jadi ada indikasi kerusakan pada komponen di alternator mobil Anda.

    Segera lakukan pengecekan menyeluruh, apakah terdapat kabel yang terekspos maupun terbakar pada sekitar alternator. Selain itu pastikan bahwa kinerja alternator memiliki gangguan atau masih bekerja secara wajar.

    Mengecek suara yang terdengar dari alternator mobil

    Mendengarkan suara pada alternator mobil bisa mengetahui kinerja dari bearing maupun pulley yang sedang bekerja. Bila terdapat suara yang tidak wajar, bisa jadi terjadi kerusakan pada dua komponen tersebut. 

    Mengecek sinyal warning light

    Selain mengecek secara langsung kondisi dari alternator mobil yang terlihat. Bisa juga dengan melihat sinyal warning light yang berada pada indikator mobil. 

    Biasanya bila terjadi sebuah masalah, indikator pada mobil ini akan menyala untuk memberikan informasi kepada pengemudi. Nantinya, sinyal yang akan keluar adalah simbol aki berwarna merah.

    Ciri alternator mobil lemah

    Untuk mengetahui bahwa terdapat masalah pada alternator mobil Anda, biasanya akan menemui beberapa kendala yang membuat kinerja mobil tidak seperti biasanya. Hal ini dapat diketahui dari beberapa komponen mobil yang ikut bersamalah juga antara lain:

    AC tidak dingin

    Salah satu ciri bahwa alternator mobil bermasalah adalah AC pada mobil yang tidak dingin. AC mobil sendiri membutuhkan daya listrik yang cukup besar sehingga cukup bergantung dengan alternator mobil.

    Ketika alternator mobil bermasalah, AC mobil tidak bisa mendapatkan suplai listrik yang cukup. Sehingga ketika dinyalakan lama kelamaan AC tersebut akan menjadi tidak dingin.

    Starter sulit

    Proses menyalakan mobil menjadi sedikit sulit. Hal ini bisa disebabkan karena alternator yang bermasalah. Hal ini dikarenakan aki tidak mendapatkan pengisian yang maksimal. 

    Ketika mesin dinyalakan, pasokan listrik diambil sepenuhnya dari aki lantaran alternator tidak bisa mengirimkan suplai listrik. Lama-lama aki menjadi soak dan tidak cukup kuat untuk menyalakan mesin.

    Lampu tidak terang

    Penyebab dari lampu yang tidak terang bisa terjadi karena alternator mobil yang bermasalah. Lampu yang tiba-tiba meredup juga bisa menjadi ciri utama alternator mobil bermasalah. Coba cek kondisi nyala lampu ketika mesin dinyalakan.

    Jika lampu utama, lampu kabut, dan lampu kabin terlihat redup ketika mesin mobil menyala, bisa jadi alternator mobil Anda bermasalah.

    Bunyi Kasar dari Mesin

    Salah satu ciri mudah untuk mengetahui alternator mobil yang bermasalah adalah suara kasar dari mesin. Biasanya alternator yang mulai rusak akan menimbulkan bunyi yang agak berisik dan sedikit kasar.

    Selain berbunyi kasar, bisa juga terdengar seperti suara decitan. Decitan ini seringkali disebabkan oleh pulley yang mulai oblak akibat usia.

    Nah setelah mengetahui mengenai alternator mobil, pastikan untuk selalu merawat kondisi kendaraan Anda dalam keadaan prima. Karena dengan kondisi yang terbaik akan membuat harga mobil Anda tetap stabil dan tidak jatuh saat dijual.

    Pastikan untuk menjual mobil Anda pada dealer terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik serta pembayaran instan seperti OLX Autos.

    Jual mobil dengan mudah, tanpa mengorbankan waktu, tenaga, dan langsung terjual di OLX Autos! Proses jual mobil di OLX sangat mudah, dan kamu bisa langsung mendapatkan pembayaran instan setelah deal. Tanpa biaya tersembunyi alias no hidden fee!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait