Sabtu, Juni 15, 2024
Lainnya
    Tips & TrikApa Fungsi Tune Up Mobil, dan Berapa Biayanya?

    Apa Fungsi Tune Up Mobil, dan Berapa Biayanya?

    Guna menjaga performanya agar tetap prima, tune up mobil merupakan salah satu perawatan yang tidak boleh dilewatkan

    News.OLX – Tune up adalah salah satu perawatan rutin yang wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan, baik itu mobil maupun motor.

    Perawatan ini bertujuan untuk memaksimalkan performa kendaraan yang digunakan secara terus-menerus, sehingga kondisinya tetap optimal meskipun sudah digunakan dalam waktu yang lama.

    Tune up melibatkan serangkaian langkah, termasuk pemeriksaan, penyetelan, perbaikan, penggantian, dan pembersihan komponen-komponen mesin pada kendaraan. 

    Karena berbagai pekerjaan yang dilakukan dalam tune up, perawatan ini sangat penting dan harus dilakukan secara rutin dan berkala.

    Perbedaan antara tune up dan servis biasa

    Banyak orang seringkali mengira bahwa tune up adalah hal yang sama dengan servis biasa. Namun, keduanya adalah tindakan perawatan yang berbeda dengan tujuan yang berbeda pula.

    Baca juga: Mengenal Apa Itu Tune Up Mobil, Fungsi, Kapan Waktu dan Cara Melakukannya

    Tune up memang sering dilakukan saat melakukan servis rutin, tetapi jenis perawatan ini memiliki variasi pekerjaan yang lebih beragam dibandingkan dengan servis biasa. 

    Ini berarti baik biaya maupun waktu yang dibutuhkan untuk tune up biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan servis biasa.

    Pada servis biasa, perawatan terbatas pada pemeriksaan filter udara, sistem injeksi, fluida, serta pengecekan rem. Bagian dalam mesin biasanya tidak diperiksa karena tidak ada pembongkaran berlebih. 

    Sedangkan pada tune up, bagian dalam mesin seperti sistem katup juga akan diperiksa dan disetel ulang jika ditemukan masalah.

    Manfaat tune up mobil dan motor

    Tune up memiliki beberapa manfaat yang signifikan bagi kendaraan. Berikut adalah daftar manfaat utama dari tune up.

    • Memaksimalkan performa mesin kendaraan

    Salah satu manfaat utama dari tune up adalah memaksimalkan performa mesin kendaraan. Kendaraan yang terus-menerus digunakan dalam jangka waktu lama cenderung mengalami penurunan performa. 

    Tune up membantu mengembalikan performa mesin ke kondisi maksimal. Semua bagian dalam mesin diperiksa dan diperbaiki jika ditemukan masalah atau gangguan.

    • Menjaga kondisi mesin tetap awet dengan tune up

    Tune up juga berfungsi untuk menjaga agar kondisi mesin mobil dan motor tetap awet, meskipun usianya sudah tidak muda lagi. 

    Perawatan rutin ini memungkinkan komponen-komponen dalam mesin memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan dengan kendaraan yang jarang mendapatkan tune up.

    • Menghindari risiko kerusakan yang lebih parah

    Tune up juga dapat mencegah risiko kerusakan komponen-komponen mesin yang lebih parah. Banyak pemilik kendaraan yang tidak menyadari adanya komponen-komponen dalam mesin yang memerlukan penyetelan ulang atau penggantian. 

    Jika hal ini dibiarkan, kerusakan lebih lanjut bisa terjadi, dan biaya perbaikan akan menjadi lebih besar.

    • Memastikan kondisi mesin selalu baik digunakan

    Tune up juga bermanfaat untuk memastikan bahwa kondisi mesin kendaraan selalu baik dan siap untuk digunakan kapan saja. Kendaraan yang mendapatkan tune up akan lebih mudah untuk dinyalakan dan tidak akan macet atau mati di tengah perjalanan.

    • Menghemat biaya perawatan

    Tune up dapat menghindarkan risiko kerusakan yang lebih parah di masa depan. Hal ini akan menghemat waktu dan biaya yang akan dikeluarkan. 

    Baca juga: Benarkah Pakai Oli Lebih Kental Bikin Bensin Lebih Boros?

    Selama tune up, seluruh komponen mesin diperiksa secara menyeluruh, sehingga komponen yang mengalami gangguan bisa segera diperbaiki atau diganti, sehingga tidak akan merusak komponen mesin lainnya.

    • Menghindari masalah di perjalanan

    Siapa yang tidak ingin kendaraannya tiba-tiba macet atau mati di tengah jalan saat digunakan? Tune up membantu memastikan bahwa kendaraan siap digunakan kapan saja tanpa masalah di perjalanan.

    • Memastikan Semua Komponen Stabil

    Tune up juga memastikan bahwa semua komponen kendaraan, termasuk chasis dan sistem kelistrikan, tetap stabil dan berfungsi dengan baik. Perawatan ini juga meningkatkan kinerja komponen kendaraan, sehingga kendaraan lebih nyaman untuk dikendarai.

    Komponen yang diperiksa

    Tune up melibatkan pemeriksaan komponen kendaraan secara menyeluruh. Ada tiga sektor utama yang diperiksa selama tune up, yaitu sebagai berikut.

    • Sektor mesin

    Pada bagian mesin, beberapa poin yang diperiksa meliputi pelumas oli, kondisi busi, filter udara, filter bensin, karburator/throttle body, dan flushing sistem injeksi. Selain itu, penyetelan katup juga dilakukan sesuai dengan spesifikasi.

    • Sektor chassis

    Pada bagian chassis, pemeriksaan melibatkan kemudi, ban dan velg, sistem pengereman. Sektor ini juga melibatkan komponen-komponen lain yang terkait dengan sistem pengendalian kendaraan.

    • Sektor kelistrikan

    Pada sektor kelistrikan, pemeriksaan melibatkan aki, sistem pengapian, lampu, klakson. Sektor ini juga melibatkan hal-hal lain yang menyangkut listrik. 

    Biaya

    Jika kamu memilih untuk melakukan tune up di bengkel resmi, kamu dapat mengharapkan biaya yang lebih tinggi. Biaya tune up di bengkel resmi biasanya mencapai Rp 3 juta atau bahkan lebih, tergantung pada merek kendaraan dan modelnya. 

    Baca juga: Manfaat dan Fungsi Tune Up di Mesin Mobil

    Bengkel resmi memiliki keunggulan dalam hal kepercayaan dan akses ke teknisi yang terlatih oleh pabrikan. Mereka juga menggunakan peralatan dan perangkat lunak yang sesuai dengan standar pabrikan. 

    Namun, biaya tune up yang lebih tinggi di bengkel resmi dapat menjadi beban finansial bagi sebagian pemilik kendaraan. Oleh karena itu, banyak yang memilih mencari alternatif lain.

    Di sisi lain, bengkel umum biasanya menawarkan biaya tune up yang lebih terjangkau. Biaya ini berkisar antara Rp350.000 hingga Rp500.000, tergantung pada jenis kendaraan, wilayah geografis, dan tingkat pekerjaan yang perlu dilakukan.

    Bengkel umum sering kali menjadi pilihan bagi pemilik kendaraan yang ingin melakukan tune up dengan biaya yang lebih hemat. 

    Baca juga: CEK FAKTA! Ban Eco Bisa Bikin Irit BBM?

    Meskipun tidak memiliki sertifikasi resmi dari pabrikan, beberapa bengkel umum memiliki teknisi yang berpengalaman dan mampu melakukan tune up dengan baik.

    Nah, sekarang sudah paham kan apa manfaat melakukan tune up? Jadi, pastikan kamu melakukannya secara berkala ya agar mobil terawat dengan baik!

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait