Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    InformasiApa Itu Engine Mounting pada Mobil? Ketahui Cara Kerja, Ciri-ciri Kerusakan hingga...

    Apa Itu Engine Mounting pada Mobil? Ketahui Cara Kerja, Ciri-ciri Kerusakan hingga Cara Memperbaikinya

    News.OLX – Pada sebuah mesin mobil, pasti akan ditemukan komponen yang bernama engine mounting. Komponen ini meski terlihat sepele namun memiliki peran yang sangat besar demi menunjang kenyamanan dan keamanan bagi mobil.

    Karena pada setiap mesin mobil menyala pasti terjadi sebuah getaran dari kinerja mesin. Getaran ini tentu sangat besar dan perlu ditahan agar mobil Anda tetap tenang dan tidak terpengaruh saat dikendarai.

    Nah, di sinilah peran engine mounting tersebut dalam sebuah mobil. Sebagai komponen yang meminimalisir getaran, engine mounting ini tentu memiliki ukuran yang berbeda pada setiap jenis mobil.

    Pada setiap mobil keluaran terbaru, getaran yang dihasilkan oleh mesin mobil ini hampir tidak terasa. Tentunya dengan adanya engine mounting akan menambah kenyamanan mobil itu sendiri.

    Berikut ulasan mengenai engine mounting dari fungsi dan cara kerjanya:

    Apa Itu Engine Mounting Pada Mobil?

    Engine mounting merupakan komponen yang berada di mobil yang bekerja sebagai dudukan mesin sehingga mampu untuk menyangganya. Selain menyangga keberataan engine mounting juga berfungsi untuk meredam getaran yang dihasilkan.

    Apabila getaran ini tidak diredam, tentu akan dirasakan sampai kabin mobil. Getaran ini terjadi saat adanya ledakan ketika pencampuran bahan bakar dan udara di ruang pembakaran.

    Jika getaran ini tidak ditahan oleh engine mounting dan terasa sampai rangka kendaraan maka kenyamanan di ruang kabin akan berkurang.

    Selain itu, komponen ini juga berfungsi untuk menjaga komponen mesin agar menempel dengan sasis. Komponen inilah yang nantinya akan membantu pekerjaan komponen lain seperti piston dan gearboks.

    Bahan yang digunakan untuk membuat engine mounting secara umum adalah karet yang dilapisi dengan plat baja. Material karet mampu bekerja dengan baik untuk menahan getaran serta sifatnya elastis. 

    Namun ada juga yang menggunakan bahan polyurethane. Bahan tersebut hanya bisa digunakan untuk tipe sport dan lebih unggul karena statis saat berjalan di belokan.

    Fungsi Engine Mounting

    Fungsi engine mounting

    Fungsi utama dari engine mounting adalah meredam getaran pada mesin mobil. Dengan diredamnya getaran ini akan memberikan beberapa manfaat.

    Manfaatnya ini adalah untuk memberikan kenyamanan pada pengemudi dan penumpang sehingga tidak merasakan getaran dari mesin. Pasalnya saat mobil berakselerasi, pada bagian pembakaran mesin terjadi sebuah ledakan dari kombinasi udara dan bahan bakar.

    Ledakan ini bisa menghasilkan getaran yang sangat besar sehingga membuat banyak komponen bergetar bila tidak ditahan oleh engine mounting. 

    Selain itu engine mounting memberikan perlindungan pada mesin mobil agar tidak lepas maupun mengganggu komponen lain yang berada di sekitarnya.

    Ciri-Ciri Engine Mounting Rusak

    Terbuat dari material karet dan plat baja, engine mounting ini bisa mengalami kerusakan dari berbagai faktor. Selain itu penggunaan mobil pada jalanan terjal akan semakin mengurangi usia dari engine mounting tersebut. 

    Apalagi komponen yang membuat engine mounting ini adalah karet dan plat baja. Karakteristik karet sendiri bisa berubah menjadi keras saat sudah cukup lama digunakan dan tidak elastis lagi.

    Berikut ciri-ciri dari engine mounting rusak:

    • Posisi mesin miring atau turun

    Salah satu ciri bahwa engine mounting mengalami kerusakan adalah posisi mesin mobil yang berubah. Memiliki fungsi untuk menyangga mesin, perubahannya ini bisa terjadi kemiringan maupun turun dari posisi biasanya.

    • Terdapat getaran dari mesin

    Memiliki fungsi untuk meredam getaran dari ledakan mesin dari ruang pembakaran. Bila getaran ini terasa sampai kabin pasti engine mounting memiliki masalah atau kerusakan.

    • Terdengar bunyi yang tidak biasa

    Bunyi yang muncul karena engine mounting yang rusak biasanya terdengar suara gludak-gluduk yang mengisyaratkan mesin mobil Anda tidak dalam posisi yang benar. Biasanya suara ini terdengar saat mobil berakselerasi dan melewati jalanan terjal.

    Cara Kerja Engine Mounting

    Cara kerja dari engine mounting adalah sebagai penyangga dari mesin sehingga saat mesin menghasilkan getaran dari akselerasi membuat mesinnya tetap tenang di posisinya. Saat mesin dinyalakan, getaran yang dihasilkan ini akan diredam oleh engine mounting.

    Getaran ini juga dihantarkan pada seluruh sasis mobil agar getaran yang terjadi ini sudah diminimalisir saat merembet ke dalam kabin. Sehingga pengemudi dan penumpang merasa nyaman saat mengendarai mobil.

    Cara memperbaiki engine mounting

    Apabila engine mounting sudah mengalami kerusakan, biasanya komponen ini akan diganti dengan yang baru. Pasalnya engine mounting sendiri merupakan komponen yang terbuat dari bahan karet dan plat baja yang sudah menjadi satu kesatuan.

    Tidak ada cara lain untuk memperbaikinya selain menggantinya dengan baru. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara penggantian berkala saat mobil sudah menempuh lebih dari 60.000 km. 

    Namun jarak ini bisa berubah tergantung dari pemakaian. Penggunaan mobil di jalanan yang terjal dan tidak mulus membuat usia dari engine mounting lebih pendek dari biasanya.

    Selalu pastikan bahwa kondisi kendaraan Anda dalam keadaan prima dengan melakukan perawatan rutin dan pengecekan terhadap komponen-komponen penting agar tidak mengurangi kenyamanan dalam berkendara.

    Nah setelah menyimak mengenai ulasan dari engine mounting, sedikit banyak pasti sudah paham mengenai pentingnya komponen ini.

    Kalau urusan soal mobil bekas pastikan untuk memilih di dealer terpercaya seperti OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik dan garansi pada unit yang anda beli. 

    Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan #PilihYangPasti di OLX Autos! Kami menjamin semua mobil yang bisa anda pilih berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari Petugas berpengalaman. Pilih mobil terbaik untuk menunjang semua kebutuhan harian di OLX Autos!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait