Jumat, Mei 31, 2024
Lainnya
    ReviewApa Itu Long Tie Rod? Berapa Kisaran Harganya?

    Apa Itu Long Tie Rod? Berapa Kisaran Harganya?

    Long tie rod adalah komponen yang berhubungan dengan kemudi. Jika rusak, berapa kisaran biaya penggantiannya?

    News.OLX Long tie rod, apakah kamu familiar dengan komponen ini? Dalam fitur kaki-kaki kendaraan, spare part satu ini punya perananan penting, yakni sebagai penghubung kemudi dengan roda bagian depan.

    Bagian ini juga bisa saja mengalami kerusakan karena beberapa faktor. Untuk itu, ketahui apa saja fungsi komponen ini, termasuk penyebab kerusakan dan kisaran biaya penggantiannya.

    Apa Itu Long Tie Rod

    Long tie rod adalah salah satu komponen mobil yang menjadi bagian dari sistem kemudi atau steering rack. Bentuknya memanjang, yang menjadi penghubung antara kemudi dengan roda depan, dan berada di ujung sistem tersebut. 

    Apa saja sih fungsinya? Yang pertama, mengatur jarak antara roda bagian depan. Dengan begitu, agar roda tersebut dapat berputar secara stabil dan lurus. Kemudian, mencegah aus yang tidak rata. Nah, sambungan long tie rod berguna dalam pengaturan ini. 

    Fungsi lainnya, adalah meredam getaran saat kendaraan melaju. Sebab, spare part ini punya kemampuan untuk mengurangi getaran tersebut dari atas dan bawah.

    Nah, komponen ini bisa mengalami kerusakan. Misalnya bengkok karena penggunaan ban yang terlampau besar atau kendaraan pernah mengalami insiden kecelakaan. 

    Kemudian, ada masalah yang terjadi pada baut mur yang menjadi penahan. Misalnya, karena sudah kendor. Jika sudah mengalami kondisi demikian, maka kamu harus menggantinya dengan yang baru demi menjaga kenyamanan sekaligus keselamatan kamu saat berkendara. 

    long tie rod (1)

    Biaya Perbaikan dan Penggantian Long Tie Rod

    Bagian kaki-kaki pada kendaraan menjadi rangkaian spare part yang berfungsi sangat vital. Keberadaannya menjaga kestabilan sekaligus laju saat berkendara di berbagai kondisi jalan. Oleh karenanya, semua komponennya harus selalu dalam kondisi prima. 

    Jika kamu ingin melakukan perbaikan atau penggantian di bengkel, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu berapa kisaran ongkosnya. Dengan begitu kamu bisa berjaga-jaga mempersiapkan dana yang cukup. 

    Sebagai gambaran, untuk tipe seperti Toyota Avanza, ongkosnya berkisar mulai dari Rp300 ribu hingga Rp670 ribu. Jika ternyata tidak dapat diperbaiki dan harus menggantinya dengan long tie rod lain, kamu bisa dapatkan yang bekas untuk Toyota Avanza dengan harga Rp1.000.000.

    Hanya saja, jumlah tersebut hanya untuk penggantian satu unit komponen saja, tidak termasuk dengan biaya teknisi. Maka, sebaiknya kamu bisa mempersiapkan dana hingga Rp2 juta agar lebih aman. Sebab, kemungkinan kamu bisa saja mengganti lebih dari satu spare part

    Itulah informasi seputar long tie rod dan kisaran biaya perbaikannya. Pastikan kamu memilih layanan servis yang tepat agar unit kamu dapat beroperasi prima kembali. Temukan long tie rod bekas terbaik lewat OLX. Segera download aplikasi OLX melalui Google Play Store dan App Store, sekarang juga!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait