Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & TrikPenyebab dan Cara Mengatasi Pintu Mobil Bunyi saat Dibuka

    Penyebab dan Cara Mengatasi Pintu Mobil Bunyi saat Dibuka

    Begini cara atasi pintu mobil bunyi saat dibuka.

    News.OLX – Pernahkah kamu mengalami kejadian pintu mobil bunyi saat dibuka? Kira-kira apa ya penyebabnya?

    Pintu mobil bunyi saat dibuka pastinya karena ada yang salah dari dari sekitar komponen. Karena pabrikan tentunya mendesain mobil dengan nyaman, tidak mengeluarkan bunyi mengganggu saat dibuka.

    Daripada penasaran, berikut penyebab – penyebab pintu mobil bunyi saat dibuka serta cara mengatasinya.

    1. Ada kerak pada engsel pintu 

    Akumulasi kotoran, debu, atau kerak pada engsel pintu yang tidak dibersihkan secara teratur dapat menjadi penyebab pintu mobil bunyi saat dibuka.

    Partikel-partikel tersebut menghambat pergerakan engsel, menghasilkan bunyi berdecit atau berdesis yang mengganggu kenyamanan.

    2. Karet pintu sudah aus atau kering 

    Kondisi aus atau kering pada karet pintu juga sering menjadi penyebab umum terjadinya pintu mobil bunyi saat dibuka. Karet pintu berfungsi untuk menjaga agar udara dan air tidak masuk, sehingga pintu dapat menutup rapat.

    Jika karet pintu mengalami keausan, gesekan antara karet dan bingkai pintu dapat menghasilkan suara berderit atau berdesis yang mengganggu.

    pintu mobil bunyi saat dibuka (1)

    3. Engsel pintu berkarat

    Yang lebih parah dari kering, engsel pintu sudah mengalami kondisi karat. Kurangnya perawatan yang rutin dapat memicu munculnya karat, mengganggu pergerakan pintu mobil, dan menghasilkan bunyi yang mengganggu.

    Inspeksi komponen pintu secara berkala dan perawatan yang tepat sangat penting untuk menjaga kinerja pintu.

    4. Engsel pintu longgar 

    Engsel pintu yang longgar atau aus merupakan penyebab utama suara saat membuka pintu. Jika mobil tidak menjalani servis secara teratur, engsel bisa kehilangan kencangnya atau mengalami keausan, menyebabkan pintu mobil bunyi saat dibuka.

    Cara atasi pintu berbunyi saat dibuka

    Untuk mengatasi pintu mobil bunyi saat dibuka, pertama, bersihkan engsel pintu dari kotoran menggunakan cairan penghilang kotoran atau karat. Selanjutnya, ganti karet pintu yang aus agar dapat menahan getaran antara pintu dan bodi mobil.

    Sama halnya dengan karet pintu, karet bantalan pintu yang aus juga perlu diganti untuk memastikan pintu tertutup dengan baik. Pastikan pula melakukan servis pada kaca mobil yang mungkin kendor atau baut yang kendor.

    Selanjutnya, ganti karet kaca mobil yang aus untuk menghindari kaca yang kendor. Periksa juga bagian doortrim mobil yang mungkin kendur, dan akhiri dengan mengganti talang air yang kendur.

    Semoga informasi penyebab pintu mobil bunyi saat dibuka bisa menyelesaikan masalah serupa yang kamu alami. Selamat mencoba!

    Dapatkan informasi menarik lainnya seputar tips dan trik otomotif di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store atau App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait