Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Panduan PembeliAwas Ketipu, Ini Tips Aman Beli HP secara Online

    Awas Ketipu, Ini Tips Aman Beli HP secara Online

    Ketahui tips beli hp online yang benar, jangan hanya tergiur dengan harga murah agar dapat barang bagus dan tidak terkena tipu.

    News.OLX – Sudah banyak berita orang kena tipu saat beli HP secara online yang berseliweran di internet. Namun, bukannya kapok, tetap saja masih banyak yang tertarik untuk membeli smartphone lewat marketplace.

    Sebetulnya, tidak ada salahnya belanja online. Akan tetapi, ada baiknya kamu perhatikan beberapa tips beli HP online di bawah ini supaya tidak jadi korban penipuan!

    1. Jangan Tergiur dengan Harga Miring!

    Banyak kasus penipuan belanja online itu terjadi karena para pembeli yang mudah tergiur dengan harga miring. Apalagi kalau smartphone incarannya yang harganya selangit tiba-tiba diskon besar-besaran.

    Namun, ketika barangnya datang, ternyata hanya produk rusak atau apesnya malah dapat sabun batang yang dibungkus kardus bekas. Karena itu, kalau kamu tidak mau rugi, sebaiknya jangan gampang tergiur dengan harga yang miring!

    2. Cari Toko yang Terpercaya

    Tips beli HP online lainnya adalah kamu harus mencari toko yang terpercaya. Ingat, jangan pilih toko hanya karena harganya yang lebih rendah dari pasaran.

    Kenapa begitu? Tidak sedikit, lho, toko online yang menjual HP dengan harganya lebih rendah dari pasaran. Namun, sebetulnya ponsel yang mereka jual ini kualitasnya rendah.

    Alhasil, meski belum setahun kamu gunakan, ponsel pasti akan cepat rusak. Karena itu, cobalah cari toko yang memang sudah verified atau langsung ke online store resminya saja. 

    3. Lihat Bagian Deskripsi dan Review

    Kalau kamu memang ingin mencarinya di marketplace, sebaiknya kamu cek dengan teliti bagian deskripsi dan review-nya lebih dulu, ya.

    Lihat di bagian deskripsi, apa saja yang akan kamu dapatkan dengan membeli smartphone di tempat tersebut. Terutama komponen di dalam kotak ponselnya.

    Lihat juga bagian review apakah ada pelanggan yang memberikan ulasan negatif atau mungkin salah satu korban penipuan. Cek apakah barangnya betul-betul dalam kondisi bagus atau tidak dari review tersebut.

    4. Jangan Hanya Lihat Satu Toko

    Beberapa orang cenderung hanya melihat satu toko ketika mereka akan membeli ponsel. Padahal, setiap toko biasanya menawarkan benefit yang berbeda-beda.

    Misalnya, garansi produk cacat atau mungkin ada beberapa free service maupun gift dari toko tersebut untuk kamu.

    Selain benefit, harga yang mereka tawarkan pun mungkin juga berbeda-beda. Karena itu, sebaiknya lihatlah beberapa toko online lebih dulu sebelum menaruh pilihan kamu ke satu online store.

    5. Tanya Seller sebelum Beli HP

    Tips Beli Hp Lewat Online

    Tips beli HP online terakhir yang bisa kamu ikuti adalah selalu bertanya pada seller sebelum membelinya. Ini penting, ya, terutama kalau kamu beli di marketplace atau media sosial.

    Kenapa ini sangat penting? Tidak sedikit toko yang tidak menampilkan deskripsi dengan lengkap. Selain itu, beberapa online store juga biasanya memberlakukan sistem PO untuk ponsel yang baru masuk Indonesia.

    Inilah mengapa kamu harus bertanya-tanya lebih dulu dengan lengkap terkait beberapa hal tersebut. Tanyakan juga perihal packing pengiriman mereka, apakah aman atau tidak?

    Beli HP secara online memang lebih praktis daripada harus pergi ke mall dan mendatangi toko satu per satu. Namun, kamu harus waspada dan berhati-hati, ya, agar tidak menjadi korban penipuan.

    Nah, jika kamu ingin mencari ponsel bekas atau baru, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait