Kamis, Mei 23, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBagaimana Cara Hitung Cc Motor?

    Bagaimana Cara Hitung Cc Motor?

    Cara hitung cc motor perlu kamu pahami untuk mengetahui performa kendaraan. Ketahui beberapa metode hitungnya berikut!

    News.OLX – Cara hitung cc motor, bisakah kita melakukannya sendiri? Jawabannya adalah bisa. Ada beberapa metode yang bisa kamu pilih untuk menghitung volume ruang bakar unit roda dua. Langkah ini, biasanya dilakukan ketika hendak memodifikasi kendaraan.

    Tidak ada salahnya kamu mencoba masing-masing metode cara hitung cc motor agar mendapatkan hasil lebih akurat. Simak penjelasannya berikut ini!

    Hitung Kapasitas Mesin

    Cara hitung cc motor pertama adalah dengan kalkulasi pada kapasitas mesin. Rumus ini akan memungkinkan kamu tahu informasi tentang volume ketika piston bergerak ke atas lewat TMB ke TMA. 

    Rumusnya adalah 0,785 x (DXD) x L

    D adalah diameter piston. Sementara L adalah panjang stroke. 

    Contohnya adalah sebagai berikut: 

    Apabila panjang langkah motor 62,2 mm dan diameter piston 63,5mm, maka perhitungannya adalah 0,785 x (63,5 x 63,5) x 32,2. Sehingga,  hasilnya 196,88. 

    Kemudian, dapat dibulatkan menjadi 200. Maka, kesimpulannya cc motor tersebut 200 cc. 

    Hitung Volume Tabung

    Cara kedua adalah dengan menghitung volume tabung. Rumusnya adalah phi x (rxr)  x t dan hasilnya dibagi 1000. Phi adalah nilai yaitu 3,14. Sedangkan r adalah jari-jari tabung. Kemudian, t adalah tinggi stroke. 

    Sebagai contoh, kamu punya kendaraan dengan bore piston 58 mm dan stroke 58,7mm. Sedangkan r adalah 29 mm, dengan begitu perhitungannya 3,14 x (29 x 29) x 58,7, sehingga hasilnya 155,090. 

    Selanjutnya, hasil dibagi angka 1000 dan nilai akhirnya adalah 155 cc.

    Hitung dengan Aplikasi

    Kamu juga bisa hitung cc motor dengan aplikasi. Caranya pun sangat mudah. Kamu langsung unduh aplikasinya dan masukkan informasi yang dibutuhkan.

    Salah satunya, menggunakan Motorun Engine Tools. Aplikasi ini bisa membantu kamu untuk membuktikan apakah hitungan manual dengan dua cara di atas sudah tepat atau belum.

    Menghitung Cc Motor dengan Dua Silinder atau Lebih

    Sebagai tambahan, dua cara hitung cc motor adalah untuk mengetahui cc motor dengan satu silinder. Akan berbeda jika motor yang kamu gunakan memiliki dua silinder atau bahkan lebih. 

    Namun, secara garis besar, rumusnya tetap sama. Hanya saja, kamu harus mengalikan berdasarkan jumlah silinder yang ada. 

    Misalnya, phi x (rxr) x t x (2 atau 4 silinder). Maka, kamu bisa menyesuaikan jumlah silinder motor.

    Metode perhitungan di atas bisa saja kurang tepat, namun setidaknya kamu bisa mengerti cc unit roda kamu. Ini bisa menjadi acuan ketika kamu hendak memodifikasi kendaraan agar tidak ada kesalahan fatal. 

    Cara hitung cc motor di atas bisa kamu terapkan. Namun selanjutnya, kamu bisa menyerahkan ke mekanik jika kamu butuh adanya modifikasi pada tunggangan kamu. 

    Kamu bisa mendapatkan mekanik handal dan tepercaya lewat OLX. Segera download aplikasi OLX melalui Google Play Store dan App Store, sekarang!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait