Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    InformasiBarcode SIM Kapan Diberlakukan oleh Polisi?

    Barcode SIM Kapan Diberlakukan oleh Polisi?

    Barcode SIM lebih dari sekadar dekorasi. Ketahui fungsi dan kapan teknologi ini mulai diberlakukan, serta cara mendapatkannya.

    News.OLX – Pencantuman barcode pada surat izin mengemudi (SIM) agaknya luput dari perhatian publik. Padahal, barcode SIM mengantongi informasi penting.

    Namun demikian, kesadaran mengenai keberadaan dan tujuannya masih terbatas di kalangan khalayak umum. Awal munculnya barcode pada SIM padahal menandai kemajuan pesat dalam bidang teknologi identifikasi.

    Sayangnya, kapan dan mengapa integrasi ini terjadi masih belum jelas bagi banyak orang.

    Barcode SIM Mulai Tahun Berapa?

    Pada tahun 2022, Korlantas Polri mengumumkan Smart SIM, yaitu SIM dengan pemindai barcode yang akan mentransformasi sistem identifikasi. Inovasi ini ditandai dengan format SIM yang didesain ulang, yaitu foto diri di sebelah kiri, didampingi data pengemudi di tengah, dan barcode di sebelah kanan.

    Kendati telah beredar selama beberapa saat kini, Korlantas menjamin kepada masyarakat bahwa SIM yang lama masih tetap sah menurut undang-undang. Namun, sewaktu perpanjangan SIM, Smart SIM akan otomatis menggantikan versi terdahulu. Jadi, transisi ke sistem pengenalan digital dapat berlangsung mulus.

    Apa Fungsi Barcode pada SIM Baru?

    Barcode SIM sejatinya ialah gudang informasi lengkap tentang pengendara yang menyertakan informasi pribadi dan riwayat tilang. Data yang tak terhitung jumlahnya ini sepenuhnya terhubung dengan Integrated Road Safety Management System (IRMS) milik Korlantas. Keamanan data terjaga secara terpusat.

    Penerapan sistem ini bakal mempersulit praktik nakal pemalsuan SIM. Jadi, implementasi barcode SIM dapat memperkokoh upaya perlindungan terhadap risiko kecurangan.

    Lebih lanjut, SIM yang sudah dipasangi barcode akan mempersingkat proses pengambilan data dan verifikasi bagi petugas lalu lintas. Cukup dengan memindai barcode SIM, petugas pun bisa mengakses informasi bersangkutan dalam sekejap.

    Bagaimana Cara Dapat Smart SIM?

    Barcode SIM

    Perpanjangan SIM adalah satu-satunya cara untuk mengantongi Smart SIM. Bila SIM saat ini masih dalam masa aktif, tak ada alasan untuk cepat-cepat mengurusnya. Nah, tunggu saja sampai masa berlakunya habis. Kemudian, jalankan proses perpanjangan untuk meng-upgrade ke SIM dengan barcode.

    Namun, bagi pemohon yang baru pertama kali mengajukan pembuatan SIM, ikuti langkah-langkah berikut ini:

    1. Awali dengan mendaftar melalui aplikasi Digital Korlantas Polri. Di sini, lengkapi formulir pendaftaran dengan teliti dan berikan data pribadi yang benar.
    2. Pilih jenis SIM.
    3. Lanjutkan ke pembayaran menggunakan kode yang tertera dalam jangka waktu tiga jam.
    4. Setelah konfirmasi pembayaran, kamu mesti mengikuti ujian teori SIM.
    5. Pilih lokasi Satpas terdekat dari domisili untuk meneruskan ke ujian praktik.
    6. Apabila kamu lolos kedua ujian, Smart SIM segera menjadi milikmu.

    Semudah mendapatkan Smart SIM, begitu juga mencari mobkas berkualitas di OLX. Dari sedan sampai SUV, apa pun yang kamu cari ada di sini, dengan beraneka ragam harga yang pas di kantong.

    Supaya bebas ribet, jangan lupa download aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait