Senin, Juni 24, 2024
Lainnya
    MobilBattle City Car Suzuki: Ignis Vs S-Presso, Mana Paling Unggul?

    Battle City Car Suzuki: Ignis Vs S-Presso, Mana Paling Unggul?

    Sebelum menentukan pilihan, cek dulu battle dua city car Suzuki ini!

    News.OLX – Suzuki S-Presso dan Ignis, dua city car yang memperlihatkan persaingan kental dalam arena otomotif. Hal ini lantaran kedua mobil ini memiliki desain yang mirip dan kapasitas penumpang yang identik. Tak ayal, membuat konsumen bingung memilih yang mana.

    Meski demikian, dua mobil ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Untuk itu, mengetahui spesifikasi dari kedua mobil ini dirasa perlu agar kamu dapat memilih sesuai preferensimu. Berikut penjelasannya.

    Kekuatan mesin

    Pertarungan antara keduanya diuji melalui tes menanjak, uji irit, dan akselerasi. Dalam uji menanjak di wilayah yang memiliki trek ekstrem dan kemiringan cukup ekstrem, Suzuki Ignis memperlihatkan kemampuannya menaklukkan tanjakan dengan baik.

    Dengan beban 5 orang penumpang dan bobot total mencapai 450 kg, Ignis mampu naik tanjakan dengan relatif lancar meskipun perlahan. Mesin 1.200 cc ini memberikan performa yang memadai meski sempat muncul indikator gear dengan tanda seru di panel instrumen.

    Suzuki S-Presso, walaupun juga berhasil menaklukkan tanjakan, terlihat tidak semulus Ignis. Dengan beban dan medan yang sama, S-Presso memerlukan perhatian ekstra untuk menemukan momen dan posisi yang tepat agar tidak terjadi wheelspin atau bahkan mundur.

    Setelah berhasil menaklukkan tanjakan, indikator gear dengan tanda seru juga muncul di panel instrumen S-Presso.

    Ketika uji akselerasi dilakukan, Ignis kembali unggul. Dalam drag race berjarak 201 meter, Ignis mencatat waktu 12,1 detik, sementara S-Presso membutuhkan 13,2 detik. Begitu juga dalam uji akselerasi 0-100 km/jam, Ignis mencapai waktu 13,1 detik, sedangkan S-Presso membutuhkan 16,3 detik.

    Kelebihan Ignis dalam performa akselerasi ini menjadi sesuatu yang wajar mengingat mesin yang digunakan lebih besar, yaitu 1.200 cc, dibandingkan dengan S-Presso yang hanya 1.000 cc.

    Mesin

    Jika dilihat dari data pabrikan, Suzuki S-Presso membawa mesin K10B berkapasitas 1000 cc, 3 silinder, DOHC. Mesin ini nampaknya serupa dengan yang diusung oleh Suzuki Karimun Wagon R.

    Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 67 hp pada 5.500 rpm dengan torsi puncak 90 Nm pada putaran mesin 3.500 rpm.

    Sementara itu, transmisinya hadir dalam dua pilihan, yakni auto gear shift (AGS) 5-percepatan untuk versi otomatis dan manual 5-percepatan.

    Suzuki Ignis, di sisi lain, mengusung mesin berkode K12M dengan kapasitas 1.197 cc VVT. Mesin ini memiliki daya maksimum 83 hp pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 113 Nm pada 4.200 rpm. Ignis juga menggunakan transmisi AGS 5-percepatan dan manual 5-percepatan.

    Konsumsi bahan bakar

    Namun, S-Presso menunjukkan keunggulannya dalam hal konsumsi bahan bakar. Dalam uji irit menggunakan bahan bakar RON 92 dengan metode full to full, S-Presso terbukti lebih hemat dengan konsumsi BBM mencapai 21,1 km/liter, sedangkan Ignis mencapai 19,5 km/liter.

    Ini bisa menjadi pertimbangan penting bagi konsumen yang mengutamakan efisiensi bahan bakar dalam penggunaan sehari-hari.

    Radius putar

    Selain itu, dalam menghadapi uji radius putar, keduanya menunjukkan hasil yang identik dengan radius putar sebesar 4,6 meter. Radius putar yang kecil ini membuat keduanya sangat nyaman untuk bermanuver di ruang terbatas, seperti putar balik di U-turn atau parkir di lahan sempit.

    Fitur

    Ketika membahas akomodasi dan fitur, keduanya dapat menampung 4 penumpang dengan rincian dua di depan dan dua di belakang, seperti terlihat dari adanya 4 headrest di dalam kabin.

    Meskipun dalam pengujian mencoba memaksa 3 orang di belakang, kenyamanan tetap menjadi pertimbangan, terutama untuk Suzuki S-Presso yang menunjukkan keterbatasan di ruang kaki dan kepala bagi penumpang dengan tinggi badan sekitar 170 cm.

    Dari segi dimensi bodi, Suzuki Ignis memiliki panjang 3.700 mm, lebar 1.690 mm, dan tinggi 1.595 mm. Sementara itu, Suzuki S-Presso memiliki dimensi panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm, dan tinggi 1.565 mm.

    Perbedaan dimensi ini memberikan kesan bahwa Ignis memiliki ruang lebih besar, yang juga terlihat pada leg room yang masih menyisakan sekitar 2 jari.

    Perbedaan yang signifikan juga terlihat dalam hal fitur. Ignis menawarkan fitur yang lebih lengkap, seperti power window di semua baris, spion elektrik, AC digital, power outlet, audio steering switch, keyless entry, start-stop engine, dan sejumlah fitur lainnya.

    Di sisi lain, S-Presso memiliki keterbatasan, misalnya, power window hanya tersedia di baris pertama, spion masih menggunakan model tuas manual, dan jumlah speaker hanya 2 di bagian depan.

    Dalam hal fitur keselamatan, keduanya sudah dilengkapi fitur-fitur seperti Dual SRS Airbag, rem dengan sistem ABS (Anti-lock Braking System), dan Rear Parking Sensor. Namun, Ignis menambahkan fitur electronic brake distribution (EBD) pada fitur keselamatannya.

    Sebagai tambahan informasi, Ignis memiliki headrest belakang yang dapat diatur ketinggiannya sesuai kebutuhan, memberikan kenyamanan lebih bagi penumpang di bagian belakang. Sementara itu, S-Presso memiliki headrest yang bersifat fixed atau tidak dapat diatur.

    Mobilitas

    Dalam rangka menyoroti aspek mobilitas perkotaan, perbandingan juga mencakup uji radius putar. Keduanya menghasilkan hasil yang sama dengan radius putar sebesar 4,6 meter.

    Semakin kecil radius putar, semakin mudah mobil untuk bermanuver di ruang kecil, seperti halnya ketika harus melakukan putar balik di U-turn atau parkir di lahan yang terbatas.

    suzuki (1)

    Harga

    S-Presso tampil sebagai entry level, sementara Ignis berada di tingkatan di atasnya. Harga yang menjadi tolak ukur pun memperlihatkan perbedaan, di mana S-Presso dijual mulai dari Rp 155 juta untuk varian MT dan Rp 164 juta untuk varian AT.

    Sedangkan Suzuki Ignis dibanderol mulai dari Rp 207,2 juta untuk varian GX MT dan Rp 217,5 juta untuk varian GX AGS. Bagaimana perbandingan keduanya dalam uji performa mesin, khususnya pada transmisi AGS?

    Pilih mana?

    Kesimpulan dari perbandingan Suzuki S-Presso dan Ignis ini dapat dirangkum melalui anggaran yang kamu miliki.

    Jika anggaran terbatas dan penggunaan mobil terutama dalam kota, S-Presso bisa menjadi pilihan yang masuk akal. Namun, jika anggaran lebih dari Rp 200 juta dan konsumen menginginkan performa yang lebih baik, Ignis mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store atau App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait