Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Panduan PembeliKenali Perbedaan Mobil Listrik dan Hybrid, Tipe Kendaraan yang Saat Ini Makin...

    Kenali Perbedaan Mobil Listrik dan Hybrid, Tipe Kendaraan yang Saat Ini Makin Populer

    Salah satu mobil listrik yang menjadi perbincangan adalah Tesla. Mobil yang diproduksi oleh Elon Musk ini dianggap menjadi salah satu mobil mewah dari jenis mobil listrik di dunia.

    JAKARTA – Belakangan ini istilah mobil listrik dan mobil hybrid banyak diulas di media sosial. Cukup banyak orang penasaran dengan kedua jenis mobil tersebut. Bahkan tidak sedikit para selebriti hingga influencer otomotif yang mengulas mengenai kedua jenis mobil ini. 

    Hal ini senada dengan kebijakan pemerintah yang sedang gencar mengkampanyekan penggunaan kendaraan listrik. Para kepala daerah juga disarankan untuk beralih ke mobil listrik sebagai kendaraan operasionalnya.

    Kini, di pasaran merek-merek mobil listrik maupun hybrid semakin marak. Fakta ini tentu memberikan kemudahan peminat kedua jenis mobil untuk mendapatkannya daripada beberapa tahun belakangan. Namun meski sudah banyak yang menyediakan kedua jenis mobil tersebut, sampai saat ini rentang harganya masih cukup tinggi.

    Namun bila mau beralih dan menggunakan mobil listrik yang berukuran kecil, pabrikan Jepang sudah banyak yang merilis. Mereka membandrol mobil listrik itu dari harga Rp200 jutaan.

    Baca juga: 5 Mobil Listrik Toyota Terbaru, Desainnya Futuristik dan Berkelas

    Sementara mengenai mobil listrik maupun hybrid, terdapat perbedaan yang signifikan. Sama-sama menggunakan daya listrik untuk dikonsumsi sebagai penggerak mobil, namun keduanya sangat berbeda.

    Nah, sebelum Anda menentukan untuk membeli mobil yang emisi gas buangnya rendah, perlu dipahami perbedaan antara mobil hybrid maupun mobil listrik terlebih dahulu.

    Mobil listrik, menawarkan kendaraan ramah lingkungan

    Sudah sejak lama ide pembuatan mobil listrik dicanangkan di berbagai negara maju. Tepatnya pada abad 19, banyak produsen mulai bergairah melakukan penelitian dan percobaan mobil listrik. Namun dalam perjalanannya, mobil listrik kalah bersaing dengan mobil konvensional. Pasalnya mobil konvensional dinilai lebih praktis. 

    Apalagi saat itu pengisian daya pada mobil listrik tidak semudah pengisian bahan bakar pada mobil konvensional. Sehingga mobil listrik sendiri menjadi kalah bersaing. 

    Hal paling mendasar pada mobil listrik ialah kendaraan ini digerakan menggunakan motor listrik sebagai penggerak utama.  Motor listrik ini bisa bekerja dengan disuplai oleh daya yang berasal dari baterai atau tempat penyimpanan energi lainnya. 

    Baca juga: Daftar Lengkap 15 Mobil Listrik Yang Dijual di Indonesia dan Harganya!

    Seiring berjalannya waktu, mobil listrik kini menemukan momentum popularitasnya. Semakin banyak orang menggunakan, sarana pendukung pengisian daya listriknya juga tersedia semakin masif. 

    Selain itu isu perubahan iklim turut mendorong minat banyak orang untuk beralih menggunakan kendaraan ramah lingkungan seperti mobil listrik. Bisa dibayangkan saat ini puluhan juta kendaraan bermotor mengkonsumsi bahan bakar setiap hari untuk menjadi sarana mobilisasi masyarakat di seluruh dunia. 

    Namun untuk mewujudkannya tidak mudah. Sampai saat ini, harga mobil listrik masih belum terjangkau. Tidak semua kalangan bisa menikmati mobil listrik sebagai kendaraan harian. 

    Meski kini ada beberapa produsen otomotif yang menawarkan mobil listrik dengan harga lebih murah tetapi kategori mobil pribadi berkapasitas kecil.

    Mobil hybrid masih mengkonsumsi bahan bakar minyak

    Mobil hybrid merupakan mobil menggunakan dua mesin, yaitu motor listrik dan mesin konvensional  dengan bahan bakar minyak. Dalam penggunaannya, mobil hybrid berkesinambungan saat menggerakan motor. Baik itu motor listrik terlebih dahulu, baru mesin konvensional atau sebaliknya. 

    Mobil hybrid ada juga yang dibekali baterai untuk menampung daya dari motor listriknya. Pengisiannya ada dua macam, yaitu saat pedal rem diinjak yang menghasilkan energi regeneratif untuk mengisi kembali daya atau bisa diisi kembali dengan cara di-charge melalui stasiun pengisian daya listrik. 

    Dalam penggunaannya, ketika mesin listrik aktif maka tidak akan menggunakan bahan bakar sama sekali. Hal ini yang membuat mobil hybrid lebih irit bahan bakar dan emisi gas buangnya rendah. 

    Baca juga: 5 Rekomendasi Mobil Listrik Murah di Indonesia, Ada Satu yang Harganya Gak Sampai Rp100 Juta

    Namun ada kesamaan mobil hybrid dan mobil listrik di pasaran. Kedua jenis mobil ini masih menjadi mobil mewah dengan harga beli cukup tinggi. Tidak semua kalangan bisa memiliki mobil listrik maupun hybrid untuk digunakan aktivitas sehari-hari. 

    Pada mobil hybrid terdapat tiga tipe yang membedakannya, hal ini berkaitan dengan penggunaan daya listrik dan motor listrik pada mobil. Ketiga tipe tersebut sebagai berikut:

    Parallel Hybrid

    Sumber tenaga didapatkan dari dua kombinasi yaitu mesin konvensional, motor listrik atau bisa dari keduanya. Ketika mesin berjalan pada kecepatan rendah, sistem hybrid paralel akan menggunakan motor listrik untuk menunjang mesin bensin dalam menggerakkan roda ketika output yang dihasilkan oleh mesin bensin lemah.

    Serial Hybrid

    Secara umum listrik dihasilkan dari mesin konvensional dan roda digerakan menggunakan motor listrik. Jadi dalam menggerakkan mobil menggunakan motor listrik, sementara mesin konvensional sebagai pengisi daya baterai. Tipe ini diklaim lebih terasa seperti mobil listrik dengan akselerasi lebih mulus dan bertenaga.

    Serial-Parallel Hybrid

    Kendaran dengan sistem ini menggabungkan motor listrik dan mesin bensin dalam menggerakkan roda kendaraan. Motor listrik menggerakan roda kendaraan dengan mengandalkan daya dari baterai maupun mesin konvensional. Sistem ini mengatur penggunaan daya dari keduanya (baterai-mesin konvensional) secara bersamaan agar menghemat energi dalam berkendara.

    Baca juga: Review Lengkap 3 Mobil Listrik Hyundai, dari Kona Electric hingga Ioniq 5

    Nah, setelah mengetahui perbedaan mobil listrik dan mobil hybrid, tentu Anda sedikit banyak paham. Dengan menggunakan mobil listrik maupun hybrid, Anda ikut aktif mengurangi emisi gas buang yang dilepas ke udara. 

    Jangan lupa sebelum membeli untuk memastikan segala kebutuhan yang diinginkan sebelum menjatuhkan pilihan terhadap salah satu model motor listrik ini. Selalu pilih showroom dan dealer terpercaya seperti OLX Autos yang memberikan garansi terhadap konsumen.

    Daftar Perbedaan Mobil Listrik dan Hybrid

    Mobil listrik

    • Menggunakan baterai sebagai sumber daya utama
    • Menggunakan motor listrik sebagai penggerak utama
    • Tidak memiliki emisi gas buang
    • Memiliki daya jelajah yang terbatas
    • Membutuhkan waktu lebih lama dalam pengisian daya baterai

    Mobil hybrid

    • Menggunakan baterai dan bahan bakar minyak
    • Menggunakan motor listrik dan mesin konvensional berbahan bakar minyak
    • Masih memiliki emisi gas buang yang lebih rendah dari mesin bensin
    • Mesin bensin menjadi cadangan saat daya baterai habis
    • Pengisian daya lebih cepat daripada mobil listrik

    Hindari proses jual mobil yang ribet dan #PilihYangPasti untung dan aman di OLX Autos. Prioritas kami adalah keamanan bertransaksi, sehingga menjual mobil bisa lebih nyaman.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait