Rabu, Juli 24, 2024
Lainnya
    Motor8 Perbedaan Scoopy Sporty dan Stylish, Pilih Mana?

    8 Perbedaan Scoopy Sporty dan Stylish, Pilih Mana?

    Honda Scoopy menjadi salah satu motor matik yang diminati masyarakat Indonesia. Selain Honda Vario dan BeAT serta Genio, Honda Scoopy memiliki peminatnya sendiri yang tidak kalah banyak.

    Memiliki desain retro pada generasi pertamanya, Honda Scoopy kini hadir semakin stylish dan modern. Ditambah berbagai fitur canggih yang saat ini banyak disematkan pada motor matik Honda, membuat motor matik satu ini semakin banyak peminat.

    Sudah hadir sejak tahun 2010, sampai saat ini ada beberapa tipe yang dihadirkan oleh Honda pada motor matik ini. Dari beberapa tipe yang ada, setiap motornya memiliki kelebihan tersendiri. Salah satu kelebihan dari perbedaan tipenya adalah fitur.

    Honda Scoopy sendiri sebenarnya ada 4 tipe, yaitu Scoopy Sporty, Scoopy Stylish, Scoopy Fashion dan Scoopy Prestige. Namun pembahasan kali ini akan lebih banyak mengulas mengenai perbedaan tipe Honda Scoopy Sporty dan Stylish.

    Baca juga: Harga Honda Scoopy 2023 dan Spesifikasi Lengkapnya!

    Dari keempat tipe yang ada, Honda Scoopy sudah dibekali dengan mesin bertipe 4 tak dengan fitur eSP menggunakan pendingin udara. Kapasitas mesin 110 cc yang mampu menghasilkan daya maksimal mencapai 6,6 kW pada putaran mesin 7.500 rpm dan torsi maksimal mencapai 9,3 Nm pada putaran mesin 5.500 rpm.

    Kemudian untuk sistem suplai bahan bakarnya sendiri menggunakan PGM-FI, dimana sistem bahan bakar ini merupakan sistem bahan bakar khas dari Honda. Sedangkan untuk transmisinya sendiri menggunakan tipe transmisi otomatis V-matic.

    Meski tidak banyak sekali perbedaan yang signifikan, biar Anda tidak bingung dalam memilihnya, mari simak ulasan perbedaan Scoopy Sporty dan Stylish di bawah ini:

    Perbedaan Scoopy Sporty dan Stylish

    • Smart Key System

    Fitur ini menjadi perbedaan yang paling terlihat antara tipe Sporty dan Stylish. Tipe  Stylish telah dilengkapi fitur Smart Key System, sehingga tidak lagi menggunakan anak kunci untuk menghidupkan mesin.

    Cukup dengan mengantongi atau mendekatkan remote smart key, pengguna Scoopy Stylish sudah bisa menyalakan mesin dengan memutar knop saat berada di atas motor. Sementara tipe Sporty masih menggunakan anak kunci untuk menghidupkan mesin.

    • Kick starter

    Tipe Sporty masih menggunakan anak kunci sehingga tipe ini masih dilengkapi dengan engkol manual atau kick starter di dekat CVT. Selain bisa menggunakan tombol starter, pengguna juga bisa menggunakan engkol ini untuk menghidupkan mesin.

    Sementara tipe Stylish sudah tidak dilengkapi dengan engkol karena telah menggunakan Smart Key System. Jadi, satu-satunya cara menghidupkan mesin hanya dengan memencet tombol starter setelah remote terkoneksi dengan motor.

    • Indikator aki

    Tidak dibekali dengan engkol manual Scoopy Stylish telah dilengkapi fitur indikator aki. Fungsinya untuk mencegah agar jangan sampai pengguna menunggu aki sampai nge-drop dan baru melakukan penggantian. Bila indikator aki sudah menyala merah, maka sebaiknya segera dibawa ke bengkel untuk dilakukan penggantian aki.

    Sedangkan pada varian Sporty, tidak dilengkapi indikator aki karena masih dibekali kick starter. Bila aki nge-drop, pengguna varian Fashion dan Sporty masih bisa menyalakan mesin menggunakan kick starter.

    Baca juga: Honda Scoopy 2023, Skuter Laris dengan Tampilan Lebih Fresh

    • Warna velg dan jok

    Bila diperhatikan, varian Stylish menggunakan velg berwarna silver. Selain itu, warna joknya juga berwarna coklat. Sedangkan varian Sporty, velgnya berwarna hitam. Bagian jok juga menggunakan warna hitam.

    • Warna striping

    Setiap tipe Honda Scoopy memiliki warna striping yang berbeda. Hampir setiap tahun bisa terjadi perubahan warna striping pada motor matik ini dan pasti ada perbedaan pada setiap tipenya.

    • Berat

    Scoopy Stylish memiliki berat lebih ringan 1 kg, yaitu 94 kg. Sedangkan Scoopy Sporty beratnya 95 kg. Penyebabnya adalah sistem starter kedua varian ini memang berbeda. 

    Scoopy Stylish hanya punya starter elektrik, sedangkan Scoopy Sporty punya starter elektrik dan kick starter. Inilah yang membuat ada perbedaan bobot 1 kg. Selain itu, nggak ada perbedaan dari segi kompartemennya.

    • Speedometer

    Speedometer pada Honda Scoopy Stylish dan Sporty memiliki perbedaan. Dimana indikator dari Stylish lebih lengkap karena ada indikator aki dan indikator keyless smart key. Sementara di speedometer Scoopy Sporty indikator ini tidak ada.

    • Warna Shockbreaker

    Perbedaan pada Honda Scoopy Stylish dan Sporty ditemukan pada warna shockbreaker yang berbeda. Dimana untuk tipe Stylish menggunakan warna silver yang selaras dengan velg.

    Sedangkan untuk Sporty menggunakan warna hitam yang juga selaras dengan warna velgnya. 

    • Warna CVT

    Memiliki perbedaan pada beberapa komponen yang terlihat di bagian eksteriornya, ada satu lagi yang cukup berbeda dari tipe Stylish dan Sporty. Perbedaan ini terletak pada warna CVT motor matik Honda ini.

    Untuk tipe Stylish, menggunakan warna silver. Sedangkan untuk tipe Sporty menggunakan warna hitam.

    • Warna Jok

    Warna pada jok kedua motor matik ini memiliki perbedaan yang langsung dapat terlihat. Untuk jok Honda Scoopy Stylish ia menggunakan warna coklat, sedangkan Sporty menggunakan warna hitam.

    • Dek Pijakan

    Pada setiap motor matik, pasti memiliki dek pijakan kaki di depan. Nah, pada Honda Scoopy ini memiliki perbedaan warna untuk tipe Stylish dan Sporty.

    Untuk tipe Stylish ia menggunakan warna coklat, sedangkan untuk tipe Sporty menggunakan warna hitam.

    • Harga

    Terakhir adalah perbedaan dari harga unit motor matik ini memiliki sedikit perbedaan. Untuk tipe Honda Scoopy Stylish dibanderol dengan harga mulai Rp22.315.000.

    Sedangkan untuk Honda Scoopy Sporty ini dibanderol dengan harga Rp21.533.000.

    Baca juga: 12 Hal yang Buat Honda Genio Menarik

    Nah, itulah perbedaan dari tipe Honda Scoopy Stylish dengan Honda Scoopy Sporty. Karena sudah memahami perbedaan dari kedua tipe tersebut, tentu Anda dapat memilih sesuai selera.

    Kalau urusan membeli mobil bekas, pastikan yang pasti aja yaitu dengan memilih di dealer terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli seperti di OLX Autos. 

    Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan #PilihYangPasti di OLX Autos! Kami menjamin semua mobil yang bisa anda pilih berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari Petugas berpengalaman. Pilih mobil terbaik untuk menunjang semua kebutuhan harian di OLX Autos!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait