Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikPerbedaan Panoramic Roof, Moonroof, dan Sunroof Mobil

    Perbedaan Panoramic Roof, Moonroof, dan Sunroof Mobil

    Sunroof umumnya terbuat dari kaca transparan atau kaca tempered yang cukup kuat untuk melindungi pengemudi dan penumpang.

    News.OLX – Mungkin saat ini kamu sedang bingung mengenai perbedaan antara Panoramic Roof, Moonroof, dan Sunroof mobil.

    Dimana ketiga fitur ini memang memiliki persamaan yang mana sama-sama memberikan akses masuk sinar matahari dan udara untuk kabin.

    Namun, meskipun memiliki fungsi serupa, ada beberapa perbedaan di antara Panoramic roof, moonroof, dan sunroof pada mobil. Berikut adalah perbedaan mendasar antara panoramic roof, moonroof, dan sunroof mobil:

    Sunroof

    Sunroof adalah jenis fitur atap yang bisa dibuka dan ditutup. Ini bisa menjadi panel kaca yang bisa digeser atau dibuka sepenuhnya.

    Baca juga: Fungsi dan Cara Merawat Karet Pintu Mobil

    Sunroof umumnya terletak di bagian depan mobil, di atas kepala pengemudi dan penumpang di baris depan. Sunroof memberikan akses udara segar dan cahaya matahari ke dalam kabin mobil.

    Namun, tidak semua sunroof dapat membuka sepenuhnya, beberapa hanya memiliki atap kaca yang tetap terbuka.

    Moonroof

    Sedangkan moonroof adalah jenis sunroof yang memiliki panel kaca transparan yang membentang di atas kepala pengemudi dan penumpang.

    Baca juga: Mudah Ditemukan di Rumah, Bahan-Bahan Ini Bisa Menghilangkan Jamur Pada Bodi Mobil

    Moonroof juga dapat dibuka dan ditutup seperti sunroof, namun perbedaannya adalah moonroof memiliki panel tetap yang berventilasi, sehingga memberikan tampilan panoramik dan udara segar yang konstan.

    sunroof mobil (1)

    Panoramic roof

    Lalu panoramic roof adalah jenis sunroof yang memberikan tampilan yang lebih luas dan panoramik ke dalam kabin mobil. Ini bisa memiliki lebih dari satu panel kaca, sehingga mencakup area yang lebih besar dan memberikan kesan ruang yang lebih terbuka.

    Panoramic roof sering memberikan pemandangan yang lebih luas dan cahaya matahari yang lebih banyak dibandingkan dengan sunroof atau moonroof standar.

    Perbedaan lainnya antara panoramic roof, moonroof, dan sunroof mobil adalah bahan dan tipe kaca yang digunakan dalam fitur atap mobil ini. Sunroof umumnya terbuat dari kaca transparan atau kaca tempered yang cukup kuat untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari puing-puing atau benturan.

    Baca juga: Toyota Dream Car Art Contest ke-17 Buka Pendaftaran, Begini Caranya

    Moonroof dan panoramic roof juga menggunakan kaca temper yang serupa, namun sering kali dapat menyerap panas lebih baik dan memberikan isolasi suara yang lebih baik, sehingga menciptakan pengalaman yang lebih nyaman dalam kabin mobil.

    Dari segi ukuran, sunroof biasanya memiliki dimensi yang lebih kecil dan terbatas pada area di atas kepala pengemudi dan penumpang di baris depan. Moonroof memiliki ukuran yang lebih besar dan seringkali membentang hampir di atas seluruh kabin, memberikan tampilan lebih luas dan kesan ruang yang lebih terbuka.

    Sedangkan panoramic roof memiliki fitur yang terluas dalam hal ukuran dan luas, kadang-kadang membentang dari bagian depan hingga belakang mobil, memberikan tampilan panorama yang luas untuk semua penumpang di dalam mobil.

    Baca juga: Kerap Jadi Penyakit di Toyota Sienta, Begini Cara Merawat Sliding Door

    Selain informasi ini, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait