Senin, Juni 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBegini Cara Memperbaiki Aki Mobil yang Tekor

    Begini Cara Memperbaiki Aki Mobil yang Tekor

    Aki mobil tekor bisa diatasi dengan cara ini!

    Aki mobil yang tekor memang bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan. Karena aki yang rusak atau tekor dapat mengganggu rencana harian dan mobilitas kamu. 

    Meski begitu jangan terburu-buru untuk membuang aki mobil yang sudah terlanjur tekor. Karena masih ada peluang aki mobil yang tekor tersebut bisa diperbaiki.

    Nah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika mengalami masalah aki mobil yang tekor.  Tapi sebelum memperbaiki aki yang tekor, ada beberapa tools yang harus dipersiapkan seperti, air aki, obeng, sarung tangan, air panas, air biasa, dan corong kecil.

    Cara memperbaiki aki mobil (basah)

    1. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu memulai untuk memperbaiki aki basah dengan melepas aki dari mobilnya. Jangan lupa gunakan sarung tangan dan masker yang sudah disiapkan ya, kamu.

    Baca juga: Indikator Aki Mobil Menyala? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

    2. Langkah kedua, yaitu dengan membuka penutup lubang-lubang aki dengan menggunakan tang atau kunci pas agar lebih mudah. Sebetulnya, kamu juga bisa membukanya tanpa alat, tetapi akan lebih mudah dan aman dengan alat.

    3. Langkah ketiga, buang cairan pada aki yang rusak. Caranya dengan membalikkan aki. Buanglah cairan tersebut di tempat yang aman. Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Selain baunya yang menyengat, ingat juga bahwa cairan aki juga sangat berbahaya bila terkena tubuh. Langkah keempat, masukkan air panas melalui lubang-lubang aki.

    4. Setelah itu kocok dan buang kembali.

    5. Setelah membersihkannya dengan air panas, kemudian kamu bisa gunakan air biasa untuk membilas tempat aki tersebut dengan mengocok isi aki dengan menggunakan air biasa. Lakukan secara berulang supaya elemen aki menjadi bersih.

    6. Langkah berikutnya, balik aki dan biarkan sampai tidak ada air yang tersisa.

    Baca juga: Inilah Penyebab Aki Mobil Tekor dan Cara Mengatasinya

    7. Setelah semua sisa air habis keluar, isi aki dengan air aki zuur sampai batas maksimal. Gunakan corong kecil untuk mengisi aki dengan air aki zuur ya, kamu.

    8. Langkah selanjutnya, mengisi daya aki. Proses ini memerlukan waktu semalaman. Gunakan pengisi daya dengan aliran kecil agar lebih stabil dan tahan lama.

    aki mobil (1)

    Cara memperbaiki aki mobil (kering)

    Selanjutnya adalah cara memperbaiki aki kering yang tekor. Cara memperbaiki aki kering yang soak pada dasarnya cukup mudah.

    Mengutip laman resmi Daihatsu Indonesia 13 September 2023, cara memperbaiki aki kering yang pertama bisa dilakukan dengan teknik jumper. Teknik satu ini adalah perbaikan aki yang memakai sarana alat bantu berupa kabel jumper.

    Alat satu ini bisa dimiliki setiap pemilik kendaraan dengan mencarinya di toko aksesoris dan perlengkapan kendaraan.Ketika memiliki alat jumper sendiri pemilik kendaraan tidak akan bingung saat aki kering yang soak.

    Baca juga: 6 Jenis Aki Mobil dan Fungsinya yang Perlu Kalian Pahami

    Perlu diketahui juga bahwa pemakaian alat satu ini harus dengan hati-hai dan konsentrasi penuh supaya tidak konslet. Pengguna kendaraan juga harus paham cara kerja alat jumper ini.

    Cara memperbaiki aki kering yang rusak selanjutnya adalah dengan sebuah alat yang disebut charger transformer. Alat perbaikan aki ini bentuknya seperti mesin trafo yang memiliki daya listrik untuk mengisi aki secara otomatis.

    Charger transformer ini memiliki cara kerja yang mirip dengan adaptor smartphone.

    Alat semacam adaptor ini bisa ditemukan di berbagai penjualan alat elektronik dan biasa dipakai penjual jasa isi ulang aki.

    Baca juga: Catat, Jika Aki Mobil Bermasalah Jangan Lakukan Engine Starter Lebih dari 3 Kali

    Demikian ulasan cara memperbaiki aki mobil yang tekor. Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait