Sabtu, Mei 25, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBaru Belajar Nyetir Mobil, Mending Matic atau Manual?

    Baru Belajar Nyetir Mobil, Mending Matic atau Manual?

    Nyetir mobil pakai matic maupun manual sama-sama ada plus minusnya!

    News.OLX – Kemampuan menyetir mobil tentu diperlukan untuk semua orang dewasa. Sebab, hal ini bukan hanya tentang kenyamanan pribadi, tetapi juga tentang kemandirian dan mobilitas. Untuk itu, kamu dianjurkan untuk memulai belajar mengemudi agar bisa mengendarai kendaraan sendiri.

    Namun masih banyak yang bingung ketika memilih untuk belajar mobil antara menggunakan mobil matik atau manual. Meskipun tidak ada jawaban yang benar-benar salah, memahami pro dan kontra dari masing-masing transmisi bisa membantu kamu membuat keputusan yang lebih bijak. 

    Belajar nyetir mobil matik

    Mobil matik memiliki sistem perpindahan transmisi yang bisa diatur tanpa harus menginjak pedal kopling seperti mobil manual. Saat ini, ada beragam jenis transmisi matik, beberapa di antaranya adalah matik konvensional dan D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission).

    Baca juga: Perbedaan Transmisi CVT dan AT

    Matik konvensional menggunakan pengubah torsi yang menghasilkan energi kinetis dari tenaga mekanis, kemudian disalurkan ke driveshaft. Mobil dengan transmisi ini seperti Daihatsu Terios, Daihatsu Ayla, Daihatsu Luxio, dan Daihatsu Sigra.

    D-CVT, di sisi lain, mirip dengan CVT konvensional, namun berbeda dalam hal penggabungan dengan split gear. Saat berkecepatan tinggi, tenaga dialihkan dari belt ke split gear, memberikan akselerasi lebih baik dan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi. Mobil dengan transmisi ini seperti All New Daihatsu Xenia, Daihatsu Sirion, dan Daihatsu Rocky.

    Mobil matik memang terkesan lebih sederhana dalam hal pengoperasian, hanya dengan dua pedal, gas dan rem. Namun, bukan berarti mengemudi mobil matik tak memerlukan keterampilan dan perhatian. Keselamatan saat berkendara tetap menjadi prioritas utama, terutama saat menghadapi lalu lintas padat.

    Baca juga: Honda WR-V Kini Tersedia Dalam Pilihan Transmisi Manual, Harga Lebih Terjangkau

    Namun, perlu dicatat bahwa mobil matik mungkin tidak cocok untuk medan yang curam, seperti perjalanan di pegunungan yang memerlukan kontrol yang lebih baik atas tenaga dan gigi. Meski demikian, saat ini ada teknologi mobil matik yang sudah canggih untuk mengatasi hal tersebut.

    Belajar nyetir mobil manual

    Mengemudi mobil manual memerlukan pemahaman yang lebih mendalam tentang mekanisme transmisi dan koordinasi antara tiga pedal yaitu, kopling, rem, dan gas. 

    Pedal kopling berfungsi memutuskan putaran roda dan mesin, serta mengatur perpindahan gigi. Pedal rem berfungsi menghentikan laju mobil, sementara pedal gas memberikan tenaga untuk mobil bergerak.

    Mobil manual akan lebih mengasah skill dan sensitivitas kamu dalam mengemudi. Kamu harus multitasking, fokus pada jalan, memeriksa spion saat hendak mendahului, dan mengoperasikan pedal-pedal dengan tepat. 

    Meskipun mungkin ada sedikit rasa grogi awalnya, pengalaman ini akan membuatmu merasa lebih percaya diri di jalan.

    Baca juga: Mengenal Transmisi Mobil, Fungsi, Komponen, dan Jenis-jenisnya

    Kelebihan utama dari belajar mengemudi dengan mobil manual adalah kemampuan untuk mengatasi berbagai medan, termasuk jalan tanjakan, menurun, atau berliku. Kamu memiliki kendali lebih besar terhadap mobil dan dapat melakukan manuver dengan lebih baik.

    Namun, mobil manual cenderung lebih melelahkan saat digunakan dalam lalu lintas padat. Pergantian gigi yang sering diperlukan bisa membuat kaki kamu cepat lelah

    nyetir mobil 2

    Mana yang harus kamu pilih?

    Untuk pengalaman mengemudi yang lebih beragam, belajarlah menggunakan mobil manual terlebih dahulu. Ini akan membekali kamu dengan keterampilan yang lebih mendalam dalam mengemudi. Setelah kamu merasa nyaman dengan mobil manual, mengemudi mobil matik akan terasa lebih mudah, dan kamu akan lebih mudah beradaptasi.

    Baca juga: 10 Gejala Transmisi Mobil Mengalami Kerusakan

    Selain itu, dalam proses perolehan Surat Izin Mengemudi (SIM), biasanya diharuskan mahir dalam mengoperasikan semua jenis transmisi. Jadi, mempelajari keduanya adalah pilihan bijak.

    Pada akhirnya, pilihan antara mobil matik dan manual akan sangat tergantung pada kebutuhan dan preferensi kamu. Semuanya akan terasa mudah jika kamu berlatih dengan tekun. Selamat belajar mengemudi!

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait