Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    ReviewBeli Mobil Willys Bekas, Berapa Budget yang Perlu Disiapkan?

    Beli Mobil Willys Bekas, Berapa Budget yang Perlu Disiapkan?

    Mobil Willys, ikon legendaris yang selalu jadi idaman para kolektor. Tertarik meminangnya? Cek bocoran harganya lebih dulu.

    News.OLX – Pada tahun 1941, lahirlah Jeep Willys, sebuah legenda otomotif yang mengandung warisan tak terlupakan. Sejak saat itu, daya tariknya melintasi generasi. Mobil Willys pun menjadi target buruan banyak orang, baik sebagai kendaraan sehari-hari atau sebagai koleksi tak ternilai.

    Mengusung sejarah panjang yang dimulai selama Perang Dunia II, Jeep Willys mengenalkan beberapa model yang mencuri perhatian. Kalau kamu tertarik mengoleksi salah satu modelnya yang paling terkenal, berikut beberapa pilihan dan estimasi budget yang mesti kamu persiapkan.

    1. Mobil Willys MB (1941-1945)

    Jeep Willys MB, yang merupakan singkatan “Military Bantam”, adalah hasil kolaborasi antara Bantam, Willys, dan Ford. Model ini menjadi kendaraan utilitas ringan yang sangat penting selama Perang Dunia II.

    Faktanya, pasukan Sekutu mengandalkan Willys MB di berbagai medan pertempuran berkat daya tahan, kemampuan off-road, dan keandalannya.

    Sementara itu, Willys MB memiliki desain yang sederhana tapi fungsional, dengan bodi kotak, kap terbuka, dan roda di keempat sudut. Mobil ini juga dilengkapi dengan mesin empat silinder segaris berkapasitas sekitar 2,2 liter, cukup untuk tugas-tugas militer dan keperluan transportasi di medan perang.

    Adapun harga rata-rata untuk mobil Willys MB yang sudah melewati proses restorasi dan dalam kondisi bagus bisa berkisar antara Rp200 hingga Rp450 juta.

    mobil Willys (1)

    2. Jeep CJ-2A (1945-1949)

    Setelah Perang Dunia II, Jeep Willys meluncurkan CJ-2A. Adapun “CJ” berarti “Civilian Jeep”, yang menandakan transisi dari mobil Willys untuk penggunaan militer menjadi kendaraan sipil. Tergantung pada kondisi dan tingkat restorasi, mobil Willys CJ-2A dapat dibanderol mulai Rp125 juta.

    Di sisi lain, CJ-2A mempertahankan banyak elemen desain dari model militer sebelumnya. Contohnya, bentuk kotak, kap terbuka, dan roda di keempat sudut. Namun, CJ-2A hadir dengan beberapa fitur yang lebih nyaman untuk penggunaan sehari-hari, seperti kaca depan dan belakang, penutup kap kabin, serta pintu.

    Dari segi mesin, CJ-2A memiliki beberapa varian selama masa produksi. Kendati begitu, mesin bensin empat silinder segaris menjadi standar agar mobil Willys ini bertenaga untuk melaju di jalanan maupun menaklukkan medan off-road.

    3. Jeep CJ-3A (1949-1953)

    Diperkenalkan pada tahun 1949, mobil Willys satu ini memamerkan beberapa perubahan desain yang bertujuan untuk meningkatkan fungsionalitas dan performa secara keseluruhan. Salah satu perubahan signifikan ada pada kap depan yang hadir lebih tinggi, sehingga tampilannya pun agak berbeda dari pendahulunya, CJ-2A.

    Layaknya semua Jeep, CJ-3A juga tangguh di medan off-road. Sistem penggerak empat roda (4WD) dan desain sasis yang kokoh membuatnya beringas di berbagai kondisi. Untuk memboyong CJ-3A, kamu kira-kira perlu merogoh kocek antara Rp125 hingga Rp280 juta.

    4. Jeep CJ-5 (1954-1983)

    Salah satu model Jeep paling laris, CJ-5 amat populer di kalangan penggemar off-road dan modifikasi. Walau dengan tampilan klasik Jeep, CJ-5 punya dimensi yang lebih kecil daripada model lainnya. Tidak heran, jika mobil Willys ini lincah menyusuri jalanan perkotaan atau medan yang sempit.

    Hadir dengan berbagai pilihan mesin, mesin bensin empat silinder dan enam silinder menjadi pilihan umum, baik itu mesin bensin dan diesel.

    Dengan sejarah produksi panjang, sulit untuk mengidentifikasi CJ-5 dengan tahun produksi paling laris. Namun, salah satu periode yang sering dianggap sebagai puncak popularitas untuk CJ-5 adalah pada akhir tahun 1960-an hingga awal 1970-an.

    Kolektor yang berniat meminang mobil Willys dari era ini, sebaiknya mempersiapkan anggaran sekitar Rp78 juta.

    Berburu mobil bekas bagus memang bukan perkara mudah, tapi jangan khawatir! OLX hadir sebagai solusi terbaik. Dapatkan mobil bekas dengan kondisi prima melalui aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store. Yuk, download sekarang dan buktikan sendiri kenyamanan berbelanja mobil bekas di OLX!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait