Rabu, Juli 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBenarkah Service Kaki-kaki Mobil Mahal?

    Benarkah Service Kaki-kaki Mobil Mahal?

    Pemeriksaan rutin bisa membantu menghemat biaya service kaki-kaki mobil.

    News.OLX – Kaki-kaki mobil merupakan salah satu komponen penting yang perlu dirawat dengan baik. Hal ini karena keadaan kaki-kaki yang baik dapat menjamin kenyamanan dalam berkendara, meningkatkan keamanan, dan memperpanjang umur pakai mobil.

    Sebab itu, kerusakan pada kaki-kaki mobil harus segera diperbaiki agar tidak sampai menyebabkan mobil menjadi tidak nyaman dikendarai, bahkan dapat membahayakan keselamatan pengendara dan penumpang.

    Namun pertanyaannya, berapakah biaya perawatan kaki-kaki mobil serta bagaimana tips untuk merawatnya agar bisa bekerja secara optimal? Untuk mengetahuinya, yuk simak penjelasan berikut ini hingga tuntas.

    Biaya service kaki-kaki mobil

    Sebelum mengetahuinya, perlu diketahui bahwa estimasi biaya servis kaki-kaki mobil bergantung pada beberapa faktor. Ini melibatkan jenis mobil, pabrikan, tingkat kerusakan, dan lokasi bengkel tempat servis dilakukan.

    Secara umum, biaya servis kaki-kaki mobil per titik kerusakan berkisar antara Rp150.000 hingga Rp650.000, yang mencakup biaya jasa bongkar pasang. Sementara itu, biaya penggantian spare part bervariasi tergantung pada jenis dan merek spare part yang digunakan.

    Sebagai gambaran, berikut beberapa contoh estimasi biaya servis ganti sparepart kaki-kaki mobil yang dihimpun dari beberapa bengkel di daerah Jakarta. Berikut rinciannya.

    1. Shockbreaker depan: Rp1.000.000 – Rp2.000.000
    2. Ball joint: Rp300.000 – Rp500.000
    3. Tie rod: Rp200.000 – Rp300.000
    4. Bearing: Rp200.000 – Rp300.000

    Jika kerusakan pada kaki-kaki mobil cukup parah, biaya perbaikannya dapat mencapai puluhan juta rupiah. Misalnya, jika semua komponen kaki-kaki depan perlu diganti, biaya perbaikannya bisa mencapai Rp5-6 juta.

    Kenapa service kaki-kaki mobil mahal?

    Ada beberapa alasan mengapa service kaki-kaki mobil bisa mahal. Hal ini mulai dari kompleksitas kaki-kaki, tingkat kesulitan perbaikan, hingga biaya sparepart. Berikut penjelasannya.

    1. Kompleksitas komponen kaki-kaki mobil

    Kaki-kaki mobil terdiri dari berbagai komponen yang saling bekerja sama. Komponen-komponen tersebut terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas tinggi, sehingga membutuhkan keterampilan dan keahlian khusus untuk membongkar dan memasangnya.

    2. Kesulitan akses

    Beberapa komponen kaki-kaki mobil terletak di bagian bawah mobil yang sulit dijangkau. Hal ini membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak untuk membongkar dan memasangnya.

    3. Biaya spare part

    Beberapa komponen kaki-kaki mobil terbuat dari bahan-bahan yang mahal, seperti shockbreaker dan ball joint. Harga spare part tersebut juga bisa bervariasi tergantung pada jenis dan mereknya.

    kaki kaki mobil (2)

    Tips Menghemat Biaya Service Kaki-kaki Mobil

    Meski terbilang cukup mahal, sebetulnya ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam menghemat perbaikan kaki-kaki mobil. Berikut ini adalah beberapa tips yang barangkali bisa kamu ikuti.

    1. Lakukan pemeriksaan kaki-kaki mobil secara rutin

    Pemeriksaan kaki-kaki mobil secara rutin dapat membantu mendeteksi kerusakan sejak dini. Hal ini dapat mencegah kerusakan yang lebih parah dan mahal biaya perbaikannya.

    2. Pilih bengkel yang terpercaya

    Bengkel yang terpercaya memiliki tenaga kerja yang berpengalaman dan menggunakan peralatan yang memadai. Hal ini dapat memastikan bahwa service kaki-kaki mobil dilakukan dengan baik dan profesional.

    3. Mintalah estimasi biaya service sebelum melakukan perbaikan

    Mintalah estimasi biaya service dari bengkel sebelum melakukan perbaikan. Hal ini dapat membantu kamu membandingkan biaya service di beberapa bengkel.

    4. Bandingkan harga spare part di beberapa bengkel

    Bandingkan harga spare part di beberapa bengkel sebelum membelinya. Hal ini dapat membantu kamu mendapatkan harga yang lebih murah.

    5. Gunakan spare part yang berkualitas, tetapi tidak terlalu mahal

    Gunakan spare part yang berkualitas untuk memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara. Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan harga spare part agar tidak terlalu mahal.

    Service kaki-kaki mobil memang bisa mahal. Tetapi hal ini dapat dimaklumi karena kompleksitas komponen kaki-kaki mobil, kesulitan akses, dan biaya spare part yang relatif mahal. Namun, kamu bisa menghemat biaya service kaki-kaki mobil dengan melakukan pemeriksaan rutin, memilih bengkel yang terpercaya, membandingkan harga service dan spare part, serta menggunakan spare part yang berkualitas.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Download aplikasinya di Play Store atau App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait