Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMau Pasang Charger Mobil Listrik di Rumah? Segini Biayanya

    Mau Pasang Charger Mobil Listrik di Rumah? Segini Biayanya

    Segini budget yang harus kamu siapkan untuk melakukan pemasangan charger mobil listrik di rumah.

    News.OLX – Pemasangan charger mobil listrik di rumah barangkali jadi impian banyak orang. Terkhusus bagi mereka yang sudah memiliki kendaraan listrik pribadi. 

    Sebabnya, pemilik kendaraan Tak perlu lagi repot-repot mencari SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum). Mereka bisa langsung melakukan pengecasan mobil di rumah masing-masing.

    Namun yang menjadi pertanyaan, berapa estimasi biaya yang diperlukan serta apa saja yang harus disiapkan dalam membuat charger mobil listrik di rumah? 

    Untuk itu, dalam artikel ini kita akan membahas segala yang perlu kamu ketahui tentang biaya pemasangan charger mobil listrik di rumah, serta manfaat dan pertimbangan penting sebelum kamu memutuskan langkah selanjutnya.

    Mengapa pemasangan charger mobil listrik penting?

    Sebelum membahas biaya pemasangan charger mobil listrik, mari kita lihat mengapa hal ini menjadi begitu penting. Pasang charger mobil listrik di rumah memiliki beberapa manfaat utama di antaranya adalah sebagai berikut.

    1. Kepuasan dan kemudahan

    Dengan memiliki charger mobil listrik di rumah, kamu dapat mengisi ulang mobil dengan cepat dan mudah kapan saja dibutuhkan. Kamu tidak perlu lagi mencari stasiun pengisian umum atau khawatir tentang antrian yang panjang.

    2. Penghematan biaya

    Mengisi ulang mobil dengan listrik seringkali lebih ekonomis daripada menggunakan bahan bakar konvensional. Ini dapat menghasilkan penghematan yang signifikan dalam jangka panjang.

    3. Aspek lingkungan

    Menggunakan mobil listrik membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan polusi udara, berkontribusi positif pada lingkungan. 

    Dengan memasang charger di rumah, kamu juga mendorong penggunaan kendaraan listrik secara lebih luas, yang dapat mengurangi dampak lingkungan secara keseluruhan.

    4. Kenyamanan

    Kamu bisa mengisi ulang mobil listrik kapan saja, bahkan saat kamu tidur. Ini memberikan fleksibilitas yang signifikan dalam mengelola waktu pengisian.

    Berapa biaya pemasangan charger mobil listrik?

    Biaya pemasangan charger mobil listrik dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk tipe charger yang kamu pilih, kondisi listrik di rumah, dan apakah ada pekerjaan tambahan seperti peningkatan kapasitas panel listrik yang diperlukan. Di bawah ini adalah perkiraan biaya pemasangan charger mobil listrik di rumah:

    1. Charger mobil listrik portable

    Jika kamu telah membeli mobil listrik, charger portable biasanya disertakan bersama mobil. Namun, jika kamu ingin membeli charger portable terpisah, harganya berkisar sekitar Rp 6,1 juta untuk model dengan daya 2 kWh.

    2. Pemasangan oleh PLN

    PLN (Perusahaan Listrik Negara) menawarkan fasilitas pemasangan charger mobil listrik secara gratis bagi pemilik mobil listrik tertentu. Namun, beberapa syarat dan ketentuan berlaku. Kamu mungkin akan dikenai biaya tambahan jika ingin menambah daya charger.

    3. Harga charger mobil listrik

    Harga charger mobil listrik dapat bervariasi tergantung pada merek dan model yang kamu pilih. Pastikan untuk memilih charger dengan daya yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

    4. Biaya peningkatan kapasitas

    Jika panel listrik rumah kamu tidak memiliki kapasitas yang cukup, kamu mungkin perlu melakukan peningkatan kapasitas panel listrik. Ini juga akan mempengaruhi total biaya pemasangan.

    5. Promo dan diskon

    PLN seringkali menawarkan promo khusus untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik. Promo ini dapat mengurangi biaya pemasangan atau memberikan diskon tarif listrik untuk pengisian pada waktu tertentu.

    6. Stasiun pengisian listrik umum (SPLU)

    Selain pemasangan charger di rumah, pengisian baterai mobil listrik juga dapat dilakukan di SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum) yang tersebar di kota-kota besar Indonesia. 

    Tarif pengisian di SPLU biasanya sekitar Rp 2.500 per kWh. Kamu harus mengunduh aplikasi Charge.IN milik PLN untuk memudahkan pembayaran dan pengisian daya.

    Baca juga: Mobil Listrik Mungil Harga Rp 71,4 Jutaan

    Itu adalah estimasi biaya yang diperlukan untuk memasang charger mobil listrik di rumah. Jika kamu memiliki mobil listrik atau berencana membeli satu, memasang charger mobil listrik di rumah adalah pertimbangan yang bijak. 

    Meskipun biayanya bervariasi, namun membuat charger mobil listrik di rumah banyak manfaatnya. Misalnya, kamu bisa melakukan pengisian yang lebih cepat, penghematan biaya, dan kontribusi terhadap lingkungan membuatnya menjadi investasi yang berharga.  

    Dengan memiliki charger mobil listrik di rumah, kamu juga memiliki kenyamanan dan fleksibilitas dalam mengelola waktu pengisian. 

    Jika kamu tidak memiliki charger di rumah, SPLU juga merupakan alternatif yang nyaman untuk pengisian daya mobil listrik kamu. Dengan demikian, kamu dapat berperan aktif dalam mendukung lingkungan yang lebih bersih dan bebas dari polusi.\

    Baca juga: Ingin Beli Mobil Listrik? Simak Kelebihan dan kekurangannya!

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait