Jumat, Mei 31, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriMemahami Blind Spot pada Mobil: Cek Pengertian dan 9 Cara Menguranginya

    Memahami Blind Spot pada Mobil: Cek Pengertian dan 9 Cara Menguranginya

    Sebagai pemilik mobil, blind spot tentu saja bukan istilah yang asing.  Seringkali frasa blind spot disebut ketika membahas mengenai penyebab kecelakaan. Umumnya, blind spot menjadi salah satu penyebab pengemudi mobil mengalami kecelakaan.

    Blind spot bermakna titip buta, merupakan titik yang berada di sekitar mobil yang tidak dapat dilihat atau dideteksi oleh pengemudi. Seperti kendaraan ataupun keberadaan objek lain. Sehingga ketika ada kendaraan lain datang dari area tersebut, besar kemungkinan terjadi benturan karena keterbatasan jarak pandang si pengemudi.

    Melihat betapa berpengaruhnya blind spot terhadap kecelakaan mobil, penting untuk Anda mengetahui apa itu blind spot dan cara menghindarinya. Oleh karena itu, simak pembahasan berikut ini.

    Baca juga: Toyota Avanza Berubah Total, Ini Perbedaan dan Harganya

    Apa itu Blind Spot?

    Melansir website resmi Suzuki di Indonesia, blind spot adalah titik buta yang terdapat pada setiap kendaraan, yang mana pengendara atau pengemudi tidak dapat melihat area pandang tertentu. Blind spot sangat penting untuk dipahami karena menjadi salah satu penyebab tertinggi kecelakaan lalu lintas.

    Blind spot adalah istilah yang cukup familiar di kalangan pengendara mobil, namun sayang banyak pengendara yang mengabaikan keberadaannya. Hampir 60% pengendara yang mengalami kecelakan lalu lintas mengaku kurang memperhatikan keberadaan kendaraan lain di sekitarnya.

    Satu hal yang penting untuk diketahui adalah blind spot antara satu kendaraan dengan kendaraan lain biasanya berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, Seperti jangkauan spion yang terbatas, muatan yang dibawa pengemudi yang menghalangi pandangan, dan juga desain kendaraan. Penting sekali untuk setiap pengemudi memperhitungkan blind spot setiap mobil yang dikendarainya.

    Selain pengemudi, setiap produsen mobil juga sudah memperhitungkan masalah titik buta yang nantinya dialami pemilik mobil. Seiring berkembangnya zaman, banyak produsen mobil ternama yang telah menyematkan berbagai fitur baru untuk mengurangi titik buta yang dialami oleh pengemudi.

    Meski sekarang sudah ada fitur baru, pengendara atau pengemudi juga harus tetap waspada dan berhati-hati serta senantiasa memperhatikan keadaan sekeliling saat mengendarai kendaraan.

    Baca juga: Daftar Mobil Canggih Dengan Fitur Autopilot

    Nah, terdapat 5 titik blind spot yang wajib Anda ketahui, yaitu:

    • Sisi belakang kanan dan kiri mobil saat berada di jalan dua jalur, terutama pada kendaraan dengan pilar tebal karena jarak pandang ke belakang kanan kiri makin terbatas.
    • Seperempat sisi belakang mobil sangat ingin berbelok. Seringkali potensi benturan muncul saat ada pengemudi motor yang berada di zona rawan tersebut.
    • Persis di belakang mobil, terutama jika kaca belakang mobil memiliki model tertutup, seperti pada mobil boks.
    • Pejalan kaki yang muncul di saat jalan macet. Biasa mereka menyelip di antara kendaraan sehingga tidak terlihat oleh pengemudi.
    • Terakhir adalah pengemudi motor yang meliuk dari belakang dan berpindah ke jalur di depan mobil. Penting sekali untuk memperhatikan hal ini, terutama saat jalan macet.

    Cara Mengurangi Blind Spot pada Mobil

    Hal selanjutnya yang perlu diketahui dari blind spot adalah cara-cara yang perlu dilakukan untuk menguranginya saat berkendara. Hal ini penting untuk meminimalisir potensi kecelakaan saat berkendara.

    Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi blind spot pada mobil. Berikut cara-cara yang harus dilakukan.

    • Mengatur Kaca Spion Mobil

    Kaca spion adalah komponen penting yang harus diperhatikan saat berkendara. Penting untuk memeriksa dan mengatur spion untuk mengurangi titik buta saat berkendara.

    Terdapat tiga spion di setiap kendaraan roda empat, yaitu dua spion di samping kanan kiri dan satu di dalam kabin. Penting untuk mengatur dengan baik ketiga spion tersebut, karena setiap spion memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing yang harus dimaksimalkan.

    • Menambah Alat pada Titik Buta Kaca

    Hal ini dapat dilakukan oleh pengemudi dengan memberi kaca tambahan yang dapat membantu mengurangi titik buta saat berkendara. Jika menggunakan cermin cembung sebagai tambahan, harap diperhatikan penggunaannya karena bayangan cermin cembung lebih jauh daripada jarak aslinya.

    Kaca tambahan ini berfungsi untuk memperluas area pandang ke bagian yang terlalu belakang. Letak yang tepat untuk memasangnya adalah di bagian atas atau bawah kaca spion utama bagian dalam.

    • Memberi Tanda atau Peringatan

    Memberi tanda atau peringatan bahaya kepada pengemudi lain dapat menurunkan titik buta dan mengurangi resiko kecelakaan. Anda bisa memberi tanda jika ingin menyalip kendaraan yang di depannya. 

    Melakukan hal ini bertujuan agar tidak terjadi kecelakaan karena titik buta yang terlalu tinggi. Tanda lain yang juga bisa diberikan adalah menyalakan lampu sein atau klakson.

    • Berada di Zona Terbuka

    Penting untuk berkendara di zona aman dan terbuka. Jangan berada di celah-celah antara satu kendaraan dengan kendaraan lainnya. Hal ini bisa sangat membahayakan karena terhimpit dalam dua kendaraan sekaligus.

    • Memperhatikan Kondisi Jalan

    Kondisi jalan secara tidak langsung juga mempengaruhi blind spot bagi pengemudi. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan kondisi jalan saat berkendara. Jika sedang dalam keadaan ramai atau macet, jangan menjalankan kendaraan dengan kecepatan tinggi.

    Selain itu, saat bertemu dengan truk atau kendaraan yang besar, sebaiknya menghindarlah sedikit dan tidak berada tepat di dekatnya. Hal ini dapat menimbulkan bahaya jika pengemudi kendaraan tersebut tidak bisa melihat Anda.

    • Jangan Menyalip Melalui Sisi Kiri

    Penting untuk tidak pernah menyalip dari sisi kiri jalan. Hal ini dikarenakan pengemudi yang berada di sisi kanan akan kesulitan melihat Anda jika anda menyalip melalui sisi kiri.

    Perhatikan juga kendaraan yang ada di belakang mobil Anda. Pastikan bahwa tidak ada kendaraan yang juga akan menyalip sehingga tidak terjadi kecelakaan akibat salah ambil posisi saat menyalip.

    • Menyalakan Lampu Sein atau Membunyikan Klakson

    Lampu sein tidak hanya penting digunakan untuk menyebrang, tapi juga satu cara yang bisa digunakan untuk mengurangi blind spot saat mengemudi. Anda bisa menyalakannya saat akan menyalip kendaraan yang ada di depan Anda. Selain itu, penting juga untuk membunyikan klakson sebagai tanda atau pengingat saat akan menyalip kendaraan lain yang lebih besar.

    • Menggunakan Sensor Modern

    Perkembangan zaman sangat mempengaruhi teknologi, termasuk dalam dunia otomotif. Saat ini terdapat fitur sensor modern yang bisa membantu pengendara untuk mengurangi titik buta dalam berkendara.

    Sensor modern ini memiliki berbagai versi, yang paling canggih adalah sensor jarak yang sudah terintegrasi langsung dengan rem secara otomatis. Harganya memang cukup mahal, namun peralatan ini sangat direkomendasikan guna mengurangi blind spot saat berkendara.

    Baca juga: Toyota Vios Baru Berubah Total, Tak Lagi Identik Sedan Taksi

    • Menggunakan Kamera Video

    Selain sensor modern, saat ini juga sudah banyak mobil yang memanfaatkan kamera video di smartphone untuk menjadi pemantau titik buta. Jika menggunakannya, Anda bisa melihat hasil pantauan dari layar dashboard mobil. Cara ini dinilai efektif untuk mengurangi titik buta pada saat berkendara. Selain itu, dengan menggunakan kamera video.

    Itulah Informasi lengkap mengenai blind spot yang sangat penting untuk diketahui. Memahami blind spot dapat membuat Anda lebih awas saat berkendara dan terhindar dari kecelakaan.

    Nah, kalau soal beli mobil bekas, percayakan pada OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli.

    Membeli mobil bekas yang aman digunakan di jalan tentu harus fokus pada Kualitasnya. #PilihYangPasti untung di OLX Autos. Kamu bisa pilih ribuan unit mobil dengan kualitas terbaik dan sudah melalui inspeksi. Sehingga bergaransi dan dijamin aman dan nyaman untuk berkendara bersama keluarga tercinta!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait