Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    InformasiMengenal BMW E36, Seri 3 yang Paling Populer di Dunia!

    Mengenal BMW E36, Seri 3 yang Paling Populer di Dunia!

    BMW E36 ternyata sudah eksis dari era 90an!

    News.OLX – BMW E36 adalah salah satu seri yang legendaris. Sebabnya, generasi ketiga dari Seri 3 ini sangat sukses di ajang balap dunia. 

    Bukan itu saja, mobil ini merupakan seri yang paling banyak jenisnya. Hingga kini, pamornya masih tinggi dan diincar oleh banyak petrolhead untuk dimiliki.

    Lantas, bagaimana perjalanan panjang mobil buatan Jerman ini? Untuk mengetahuinya, yuk, simak ulasannya berikut ini.

    Sejarah BMW E36

    BMW E36 lahir di jagat otomotif pada tahun 1990. Mobil ini merupakan generasi ketiga dari Seri 3 BMW. Saat baru diluncurkan, mobil ini langsung jadi perbincangan publik. E36 dianggap sebagai tonggak sejarah yang mempesona serta generasi penerus yang pantas buat E30.

    Baca juga: Sejarah Mitsubishi Pajero, Mobil yang Kerap Dicap Arogan

    Hal ini bukan tanpa alasan. BMW E36 mempersembahkan desain yang membawa angin segar dibandingkan dengan pendahulunya, E30. Dengan pendekatan lebih aerodinamis, E36 menghadirkan garis-garis yang halus dan elegan. 

    Desainnya yang lebih modern dan melengkung menggantikan estetika kotak E30 yang dikenal sebelumnya. Tampilan depannya dengan gril ganda yang mengesankan dan lampu bundar menghadirkan aura kuat dan agresif.

    BMW E36 Hadir dengan berbagai varian

    Bukan hanya desainnya saja yang membawa angin segar. BMW E36 datang dalam berbagai varian, sehingga dapat memenuhi selera para konsumennya yang juga bervariasi. 

    Baca juga: Sejarah Mobil Pertama di Dunia dan Penemunya

    Tidak hanya ada sedan empat pintu yang dirilis dari 1991 hingga 1998, yang dikenal dengan desainnya yang elegan dan kinerja mengagumkan. 

    Versi coupe dua pintu yang sporty turut meluncur pada tahun 1992-1999, memikat para pecinta mobil dengan gaya menggoda dan semangat berkendara yang memikat.

    BMW E36 juga menghadirkan model convertible dengan atap yang dapat dilipat. Tentunya ini akan memanjakan pengemudi dengan pengalaman berkendara yang menyenangkan sambil merasakan angin sepoy-sepoy. 

    Pada 1993 hingga 1999, BMW E36 turut menambahkan model wagon lima pintu, yang dikenal sebagai “touring”. Versi tersebut diciptakan untuk konsumen yang menginginkan ruang lebih dalam paket praktis tanpa kehilangan performa dan gaya.

    Baca juga: Mengenal Sejarah Honda City, dari Model Sedan hingga Hatchback

    Tidak lupa, ada varian tiga pintu yang muncul pada tahun 1993-2000. Meski demikian, popularitasnya mulai meredup pada saat kedatangan generasi penerusnya, E46, di tahun 1998.

    BMW E36 (1)

    Variasi mesin dan performa yang tangguh

    BMW E36 menawarkan berbagai mesin, mulai dari empat hingga enam silinder, sesuai dengan tipe mobilnya. Mesin seperti M40, M43, M50, dan M52 menggerakkan E36 dengan performa yang memikat. 

    Ada juga tipe dengan mesin diesel seperti 318tds, 325td, dan 325tds yang menghadirkan efisiensi bahan bakar dan torsi yang kuat. Ini memberikan pengemudi fleksibilitas untuk memilih mesin yang cocok dengan kebutuhan mereka. 

    Mulai dari penggunaan sehari-hari hingga pengalaman berkendara yang lebih sporty, BMW E36 menyediakan beragam mesin yang memberikan performa optimal dan efisiensi bahan bakar.

    Baca juga: Sejarah Mobil Listrik Pertama di Dunia, Sudah Ada Lebih dari 100 Tahun Lalu

    Tak hanya tenaga, BMW E36 juga menawarkan kenyamanan dan performa yang menakjubkan. Suspensinya dirancang dengan baik, memberikan kenyamanan luar biasa tanpa mengorbankan stabilitas dan keandalan. 

    Kontrol yang responsif dan handling yang presisi menjadikan mengendarai mobil ini menjadi sebuah pengalaman yang mengasyikkan.

    E36 tak lupa untuk menyematkan teknologi dan fitur inovatif di masanya. Mulai dari sistem rem anti terkunci (ABS) yang meningkatkan keamanan pengereman hingga fitur-fitur seperti kemudi yang responsif, kontrol traksi, dan airbag ganda untuk melindungi pengemudi dan penumpang.

    BMW E36 masih eksis hingga sekarang

    BMW E36 telah menciptakan jejak abadi dalam dunia otomotif. Keberhasilannya sebagai mobil yang nyaman, bertenaga, dan andal menjadikannya ikon dalam sejarah Seri 3 BMW.

    Bahkan hingga hari ini, para penggemar mobil menghargai E36 sebagai koleksi klasik dan kendaraan sehari-hari yang memberikan pengalaman berkendara yang memikat.

    Baca juga: Sejarah Mobil Holden dan Jenisnya yang Paling Populer di Indonesia

    Tak hanya itu, BMW E36 memiliki komunitas penggemar yang kuat di seluruh dunia, berkumpul dalam acara otomotif untuk berbagi cerita, memamerkan mobil mereka, dan bertukar informasi tentang perawatan dan modifikasi E36. 

    Itu adalah bukti betapa pentingnya mobil ini dalam budaya otomotif dan sejauh dampaknya terhadap para penggemarnya.

    Harga bekas yang menarik

    Walau produksi mobil ini telah usai, harga mobil bekas BMW E36 masih tetap memikat. Di pasaran saat ini, varian bekas BMW E36 bisa ditemui dengan kisaran harga antara Rp50 juta hingga Rp100 jutaan.

    Perbedaan dalam kisaran harga ini bergantung pada kondisi keseluruhan kendaraan serta integritas bodinya. Semakin prima keadaannya, semakin tinggi juga harganya. Jadi bagaimana denganmu, apakah kamu tertarik membeli sang legendaris tersebut?

    Baca juga: Sejarah Mobil di Indonesia Sampai Mobil Pertama Presiden Soekarno

    Temukan informasi, tips, dan berita seputar otomotif hanya di OLX Member of ASTRA. Cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait