Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    MobilNgincer BMW X1 Bekas? Ini yang Harus Kamu Perhatikan!

    Ngincer BMW X1 Bekas? Ini yang Harus Kamu Perhatikan!

    Versi BMW X1 mana nih yang menjadi incaran kamu?

    News.OLX – BMW X1 bekas telah menjadi sorotan bagi mereka yang mencari mobil premium dengan sentuhan kelas tanpa harus merogoh kocek dalam. 

    Sebagai model SUV entrylevel dari BMW, X1 menawarkan gaya sporty, ground clearance khas SUV, dan performa yang tak dapat diabaikan.

    Yang menarik, BMW X1 bekas ditawarkan dengan harga yang murah alias cocok untuk kantong kawula muda. Namun, jika kamu berniat untuk membeli BMW X1 bekas, sejumlah pertimbangan khusus harus dihadapi sebelum membeli mobil tersebut. 

    Lantas seperti apa pertimbangan tersebut? Untuk mengetahuinya, berikut adalah panduan singkat yang harus kamu perhatikan sebelum membeli BMW X1 dari berbagai generasi.

    1. Versi pertama BMW X1 2009 (E84)

    BMW X1 generasi pertama hadir pada tahun 2009. Mobil ini cukup memikat mata lantaran memiliki desain kompak yang tidak lekang dimakan zaman. 

    Meskipun ukurannya lebih kecil, X1 ini tetap menghadirkan kenyamanan dan kualitas bahan yang menjadi ciri khas BMW. Keunggulan generasi pertama X1 meliputi manuverabilitas di perkotaan yang luar biasa, penanganan responsif, dan performa yang memadai. 

    Desain interior yang luas dengan sentuhan elegan adalah poin penjualan utama. Kamu juga dapat memilih dari berbagai mesin, termasuk yang hemat bahan bakar seperti diesel.

    Selain itu, mobil ini dibekali mesin Bensin 2.0L. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga yang cukup baik, dengan pilihan Naturally Aspirated berkode N46 dan Turbo berkode N20. Mesin bensin ini memberikan keseimbangan yang baik antara performa dan efisiensi bahan bakar.

    Selain bensin, BMW X1 generasi pertama ini juga memiliki varian mesin Diesel 2.0L. Salah satu pilihan favorit di Indonesia adalah mesin diesel 2.0L 4-silinder berkode N47. Mesin ini terkenal karena efisiensi bahan bakarnya yang tinggi, dengan kemampuan mencapai rasio konsumsi bahan bakar yang baik ketika digunakan dalam kota

    Meski demikian, kekurangan yang patut diperhitungkan adalah ruang kabin yang sempit terutama di bagian belakang. Mobil ini memang cukup nyaman pada kursi depannya, namun buat penumpang di baris kedua mungkin merasa sesak, terutama saat perjalanan jarak jauh. 

    Selain itu, banyak pengguna BMW X1 generasi pertama ini yang mengeluh soal setir yang berat ketika dikemudikan untuk perjalanan harian di dalam kota. Tetapi, setir yang berat tampaknya cocok digunakan saat mengemudi dalam kecepatan tinggi.

    Kamu juga harus selektif memilih bahan bakar untuk versi diesel. Mobil ini dikenal memerlukan bahan bakar berkualitas tinggi yang berfungsi untuk menjaga kualitas mesin. 

    Misalnya seperti  Pertamina Dex, Shell V Power Diesel, BP Diesel dan lain sebagainya. Jangan gunakan biosolar agar mobil tidak cepat rusak.

    2. Versi LCI BMW X1 2016 (E84)

    BMW merilis versi facelift dari X1 pada 2016. Meski demikian, sejumlah perubahan terjadi pada eksterior mobil yang terlihat lebih sporty dan menarik. 

    Keunggulan X1 LCI meliputi fitur keselamatan yang ditingkatkan, sistem hiburan canggih, dan teknologi terbaru. Selain itu, ruang kabin yang lebih lega dan peningkatan legroom di belakang membuat pengalaman berkendara semakin nyaman.

    Setir yang lebih ringan dalam model LCI juga membuat bermanuver di jalan sempit atau saat parkir jauh lebih mudah. Namun, kekurangan terkait pilihan mesin yang lebih terbatas, terutama mesin diesel yang begitu populer di generasi sebelumnya.

    Versi 2016 hanya menawarkan dua varian mesin bensin, yakni tiga silinder 1.5 B38 yang juga digunakan pada MINI Cooper Base Model, dan empat silinder 2.0 liter B48. Tentu ini cukup mengecewakan buat petrolhead yang menyukai mesin diesel. 

    Walaupun begitu, kenyamanan berkendara dan kualitas bahan dari BMW X1 versi 2016 tetap menjadi nilai yang menonjol. Buktinya, mobil bekas LCI BMW X1 tetap ramai diincar oleh konsumen.

    BMW X1 (2)

    3. Versi BMW X1 2020 (F48)

    Pada tahun 2020, BMW meluncurkan generasi terbaru BMW X1. Versi terbaru ini memberikan wajah baru bagi SUV ikonik ini yang telah lama menjadi pilihan populer di pasar otomotif premium.

    Sebabnya, mobil ini memberikan tampilan eksterior yang segar dengan gril depan yang lebih besar dan lampu LED. 

    Tersedia pula opsi Laserlight yang digadang memberikan kesan modern pada generasi ini. Selain itu, generasi terbaru BMW X1 juga menyuguhkan perubahan signifikan dalam hal desain interior. 

    Hal ini dibuktikan dengan penambahan fitur-fitur mewah seperti layar sentuh yang responsif dengan sistem infotainment terbaru, koneksi Bluetooth, navigasi GPS, kamera belakang, sistem suara premium, dan banyak lagi.

    Selain itu, BMW X1 generasi terbaru juga memiliki fitur keselamatan yang lengkap. Misalnya seperti sistem pengereman otomatis, peringatan tabrakan, peringatan keluar jalur, dan asisten parkir. Tentunya, fitur ini menjadikan pengalaman berkendara lebih aman dan lebih percaya diri.

    Meski begitu, perlu dicatat bahwa mesin yang tersedia di generasi terbaru X1 mungkin lebih terbatas dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Versi 2020 ini hanya hadir dengan mesin tiga silinder 1.5 liter yang dapat memprioritaskan efisiensi bahan bakar. 

    Ruang kepala pada mobil ini juga sedikit lebih sempit di bagian belakang ketimbang generasi sebelumya. Hal ini perlu menjadi pertimbangan bagi calon pemilik mobil yang membutuhkan mobil untuk keluarga.

    Selain itu, perlu diperhatikan bahwa BMW X1 generasi terbaru ini juga hadir dengan peningkatan harga yang signifikan dibandingkan dengan model sebelumnya. Oleh karena itu, harga bekasnya cenderung lebih tinggi daripada generasi sebelumnya.

    Itu adalah kelebihan dan kekurangan dari BMW X1. Sebelum memutuskan untuk membeli BMW X1 bekas, penting untuk mempertimbangkan keunggulan dan kekurangan masing-masing versi. 

    Lakukan drive test dan pemeriksaan menyeluruh terhadap kondisi mobil bekas yang akan kamu beli juga merupakan langkah penting. 

    Dengan pertimbangan yang bijak, kamu dapat memastikan bahwa BMW X1 bekas pilihan kamu akan memberikan pengalaman berkendara yang memuaskan.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait