Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    LainnyaMengenal Bore Up Mesin Mobil, Kelebihan dan Kekurangan Serta Manfaatnya

    Mengenal Bore Up Mesin Mobil, Kelebihan dan Kekurangan Serta Manfaatnya

    Jika Anda adalah pecinta dunia otomotif, tentu saja tidak asing dengan istilah bore up mesin mobil. Bore up pada mesin mobil adalah suatu proses penggantian komponen pada mesin mobil yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas mesin dengan cara memperbesar diameter lubang silinder pada mesin mobil. 

    Dalam bore up, diameter lubang silinder mesin diperbesar sehingga volume ruang bakar akan bertambah, dan hal ini dapat meningkatkan performa mesin mobil. Namun, proses bore up harus dilakukan dengan hati-hati dan oleh mekanik yang berpengalaman karena jika tidak dilakukan dengan benar, bore up dapat merusak mesin mobil dan menurunkan performa mesin.

    Penyesuaian sistem bahan bakar dan pembuangan juga perlu dilakukan agar sesuai dengan perubahan kapasitas mesin yang terjadi. Dalam banyak kasus, bore up dilakukan untuk meningkatkan daya mesin dan mengoptimalkan performa mobil untuk keperluan balap atau modifikasi mobil.

    Langkah-langkah Bore Up Mesin Mobil

    Jika Anda tertarik untuk melakukan bore up pada mesin mobil, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Nah sebelum melakukan bore up, hal pertama yang wajib dilakukan adalah menghitung kompresi mesin kendaraannya.

    Baca juga: Bore Up Motor, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

    Menghitung kompresi penting karena akan sangat berpengaruh pada bahan bakar yang akan Anda gunakan. Buatlah rencana dan dan memastikan juga bahwa Anda memiliki kemampuan membeli bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan kompresi.

    Selain itu, penting juga untuk mengkonsultasikan dengan mekanik soal rencana dan keinginan BBM apa yang mau Anda pakai. Umumnya, mesin yang sudah dinaikkan kapasitasnya cenderung membutuhkan BBM dengan kandungan oktan lebih tinggi.

    Mesin yang sudah dinaikkan kapasitasnya juga akan membutuhkan pelumas yang lebih baik. Oleh karena itu, oli mesin yang digunakan sebaiknya menggunakan yang sesuai dengan kebutuhan mesin.

    Biasanya mesin yang sudah di-bore up tak bisa menggunakan pelumas seperti spesifikasi bawaan pabrik dengan harga yang lebih murah. Sayangnya pelumas bagus punya harga yang tentunya jauh lebih mahal. 

    Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah biaya yang harus dikeluarkan tidak bisa dibilang murah. Semuanya tergantung dari sejauh mana keinginan Anda untuk melakukannya.

    Semakin besar kapasitas yang dikejar, semakin besar biaya yang harus dikeluarkan. Bahkan risiko kerusakan yang mengintai juga tak kalah besar. Sebaiknya tanyakan kisaran biaya untuk melakukan upgrade mesin kepada bengkel yang sudah biasa menangani hal tersebut.

    Bore Up Mesin Mobil
    Bore Up Mesin Mobil (olx.co.id)

    Selain itu, bore up mesin mobil dibedakan menjadi dua jenis, yaitu untuk penggunaan harian dan untuk balapan. Bore up untuk kebutuhan penggunaan harian modifikasinya tidak terlalu banyak. Umumnya pada jenis ini, kompresi mesin tidak naik terlalu signifikan sehingga kebutuhan BBM dan pelumas masih bisa menggunakan spesifikasi bawaan pabrik.

    Bore up untuk kebutuhan balapan membutuhkan banyak ubahan seperti mengganti noken as, busi, ECU (jika mesin injeksi), dan lain sebagainya. Komponen yang digunakan juga mengandung material yang jauh lebih kuat lantaran mesin akan bekerja lebih ekstrem.

    Lantaran materialnya jauh lebih kuat maka maka biaya yang harus dikeluarkan pun tentu akan sangat mahal.

    Baca juga: 6 Cara Motor Bisa Ngebut Tanpa Harus Bore Up

    Kelebihan Bore Up Mesin Mobil

    Kelebihan utama bore up mesin mobil adalah meningkatkan performa mesin. Hal ini terjadi dengan memperbesar diameter lubang silinder pada mesin mobil, volume ruang bakar akan bertambah. Hal ini dapat meningkatkan performa mesin, seperti tenaga dan torsi.

    Selanjutnya adalah meningkatkan daya jelajah. Kapasitas mesin yang lebih besar akibat bore up, memberikan kemampuan mesin untuk menghasilkan tenaga lebih besar di setiap putaran. Hal ini akan meningkatkan daya jelajah mesin pada mobil.

    Terakhir, dengan melakukan bore up mesin mobil akan memungkinkan Anda untuk mengkustomisasi mobil. Hal ini akan berguna untuk kebutuhan, seperti balap atau modifikasi mobil.

    Kekurangan Bore Up Mesin Mobil

    Kekurangan utama bore up mesin mobil adalah biayanya yang cukup mahal. Hal ini karena proses bore up melibatkan penggantian beberapa komponen mesin mobil, seperti piston, liner, dan crankshaft, serta biaya untuk memasang dan menyetel ulang sistem mesin.

    Selain itu, kekurangan lainnya adalah meningkatkan risiko kerusakan. Proses bore up pada mesin mobil harus dilakukan oleh mekanik yang berpengalaman dan perlu penyesuaian sistem bahan bakar dan pembuangan agar sesuai dengan kapasitas mesin yang lebih besar. Jika tidak dilakukan dengan benar, bore up dapat merusak mesin mobil.

    Terakhir adalah konsumsi BBM yang lebih boros. Kapasitas mesin yang lebih besar akibat bore up dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih boros. Hal ini dapat mengurangi efisiensi bahan bakar dan menambah biaya operasional mobil.

    Baca juga: Kenali Karburator Mobil Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

    Manfaat Bore Up Mesin Mobil

    Manfaat Bore Up Mesin Mobil
    Bore Up Mesin Mobil (olx.co.id)

    Manfaat dari bore up pada mesin mobil adalah meningkatkan performa mesin mobil dan daya jelajah mobil. Dengan memperbesar diameter lubang silinder pada mesin mobil, volume ruang bakar akan bertambah dan hal ini dapat meningkatkan performa mesin, seperti tenaga dan torsi.

    Selain itu, kapasitas mesin yang lebih besar akibat bore up juga memberikan kemampuan mesin untuk menghasilkan tenaga lebih besar di setiap putaran, sehingga meningkatkan daya jelajah mesin pada mobil.

    Dalam banyak kasus, bore up dilakukan untuk tujuan balap atau modifikasi mobil agar sesuai dengan kebutuhan pengguna. Bore up juga dapat memberikan keuntungan bagi pengguna mobil yang ingin meningkatkan kemampuan mobil dalam mengangkut beban atau dalam situasi tertentu, seperti menaklukkan medan off-road.

    Namun, perlu diingat bahwa bore up harus dilakukan dengan hati-hati dan oleh mekanik yang berpengalaman karena jika tidak dilakukan dengan benar, bore up dapat merusak mesin mobil dan menurunkan performa mesin.

    Nah setelah mengetahui mengenai bore up mesin mobil, pastikan untuk memilih sesuai dengan kebutuhan dan terus merawatnya. Karena dengan kondisi yang terbaik akan membuat harga mobil Anda tetap stabil dan tidak jatuh saat dijual.

    Pastikan untuk menjual mobil Anda pada dealer terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik serta pembayaran instan seperti OLX Autos.

    Jual mobil dengan mudah, tanpa mengorbankan waktu, tenaga, dan langsung terjual di OLX Autos! Proses jual mobil di OLX sangat mudah, dan kamu bisa langsung mendapatkan pembayaran instan setelah deal. Tanpa biaya tersembunyi alias no hidden fee!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait